Bisnis Online

Published on Desember 4th, 2017 | by Ibnu

7 Teori Sederhana Cara Mudah Mewujudkan Bisnis Sesegera Mungkin

Teori cara berbisnis, apa saja?

Kebanyakan orang ingin memulai bisnis sesegera mungkin, menggebu-gebu untuk cepat menghasilkan pundi-pundi uang dari usahanya. Apalagi ketika melihat iklan-iklan promosi bisnis yang ada di media sosial kini, yang katanya bisa bisa menghasilan uang secara instant.

Namun apa yang terjadi?

Saking banyaknya iklan promosi yang membuat bimbang hati, pada akhirnya tiada satu pun model bisnis yang mampu menghasilkan uang satu pun dari model bisnis yang meraka pilih, dan otomatis jika sudah begitu akan timbul perasaan menyalahkan orang lain, menyalahkan iklan, bahkan menyalahkan Tuhan. Padahal yang salah dirinya sendiri…

Selain itu, ada juga orang yang sudah memutuskan berbisnis, namun enggan untuk memulai. Jika sudah memulai, mereka merasakan kemacetan dalam berbisnis. Mungkin hal itu terjadi karena belum begitu memahami seluk beluk bisnis.

Nah, pada kesempatan bahagia ini, saya akan membagikan sebuah informasi  berupa artikel yang insyaAllah dapat bermanfaat bagi pembisnis yang masih merasa kebingungan, atau macet dalam langkahnya.

Teori cara berbisnis

Sebuah teori yang berusaha mengupas tuntas mengenai pertanyaan, “kenapa bisnis saya belum berjalan dengan baik?”

Kacamata kuda

Teori cara berbisnis yang pertama ialah teori, “kacamata kuda”

Kuda punya kacamata?

Teori yang satu ini memang terinspirasi dari fungsi utama dari kacamata kuda itu tersendiri. Yatu berfungsi untuk membikin kuda untuk fokus berjalan, tidak lirik kanan-kiri.

Teori cara berbisnis ini, menekankan bahwa, sebelum kita memulai bisnis apapun di dunia hal yang utama adalah persiapan fokus. Usaha untuk menjadi fokus.

Tetapkan fokus bidang bisnis apa yang sahabat ingin tekuni, entah bisnis innternet, makanan, hiburan, dan lainya. Saya sarankan fokus saja satu bidang dahulu, jangan mudah tergiur untuk berganti bisnis yang terlihat untungya lebih tinggi.

Pada dasarnya semua model bisnis itu bisa menghasilkan uang dengan baik, ya apapun itu. semua tergantung Tuhan, dan bagaimana cara kita memperlakukanya.

Boleh saja, berganti bisnis. Asal satu.. bisnis kita sebelumnya harus sudah berhasil dulu, sudah sukses gitu…

Memang, sifat manusia itu ingin lebih dan lebih. Mengidamkan semua bidang usaha yang dijalankan bisa cepat menghasilkan uang dengan cepat serta beririrngan. Namun, ketahuilah, hala tersebut akna merusak rasa fokus yang sudah dibangun sejal awal. Harapanya ingin mendapat hasil ini malah tidak mendapakan apa-apa.

Lalu bagaimana agar fokus?

Pertama, kita harus memutuskan jalan seorang pembisnis, jangan pernah setengah-setenah dalam hal apapun. Jika masih menjadi pegawai atau karyawan perusahaan, ya tidak maslaah. Terpenting mampu menyediakan waktu khusus untuk memikirkan bisnis.

Kedua, memilih satu bidang bisnis. Saat ini banyak sekali macam-macam model bisnis yang menawarkan untung besar dengan waktu relatif singkat. Affliate-lah, trading-lah, dropship-lah, dan lah-lah yang lajnya. Saking banyaknya itu, pembisnis pemula jadi bingung untuk menentukan pilihanya.

Saran saya, pilihlah satu bidang dahulu, bidang yang sekiranya sahabat paling ahli disana, jika melakukan bisnis dibidang itu hati merasa bersemangat terus dan melakukanya dengan hati, carilah model bisnis terdekat dari kita, dengan hobi masing-masing mungkin. Dengan memilih sesuai passion begitu, sahabat akan terus semangat melakoni bisnis tersebut. percayalah…

Ketiga, sabar terhadap pilihan. Jangan mudah kepincut dengan iklan-iklan yang menawarkan model bisnis baru. Simpan saja dahulu informasi tersebut, dan tetaplah fokus menjalankan pilihan bisnis pertama. Saya harap, teori cara berbisnis yang satu ini, bisa menjadi pegangan pokok dalam menjalankan bisnis sahabat masing-masing. Apapun itu…

Otak kanan

Teori cara berbisnis selanjutnya ialah dengan teori, “otak kanan”

Mungkin sebagian dari sahabat masih banyak yang belum mengerti mengenai teori cara cepat berbisnis yang satu ini. “Otak kok dijadikan teori, teori kok otak?”

Teori ini sudah dipercaya, dan terbukti hasilnya dalam menciptakan entreprenerur di seluruh negeri. Cara ini mengarahkan kita sebagai seorang pembisnis untuk berpikir, bertindak dengan cara, “kanan” Tepat. Dalam agama, sesuatu yang kanan dianggap baik dan sempurna, dalam berpikir pun ada baiknya juga demikian, kanan dulu…

Otak manusia terdiri dari tiga bagian utama yaitu, Neocortex, Limbic Syistem, dan Replitian Complex. Otak kanan tersendiri masuk dalam bagian Neoceortex, yanag berfungsi sebagai sistim berpikir manusia.

Otak kanan memiliki ciri instuitif, imajinatif, mengandalkan emosi, visualisasi, cara kreatif, dan lain-lain. Nah, dalam berbisnis otak kanan ini sangat membantu. Ia lebih berupa mental jadi untuk menjadi entrepreneur.

Yang paling sulit dalam hal berbisnis menurut saya ialah memulai. Mental kanan, dari sifat otak kanan inilah yang mampu membongkar sebuah kesulitan dalam berusaha, terutama kesulitan untuk memulai.

Ingat bukan bagian otak kita yang lain tidak penting. Semua penting. Otak kiri pun juga memiliki peranan utama dalam bisnis. Namun ingat, ketika hendak memulai apapun mulailah dengan yang kanan.

Banyak kok, hal-hal yang menjelaskan tentang orak kanan tersebut. lain kali deh, saya akan buatkan artikelnya mengenai keistimewaan otak kanan manusia.

Pihak ketiga

Beberapa pembisnis pemula terkadang merasakan kesulitan dalam hal mempromosikan sebuah produk atau model bisnisnya. Teori cara berbisnis ini lebih menekankan kita untuk mepercayakan sesuatu kepada orang lain (pihak ketiga) yang sudah terpercaya, ahli dalam hal yang bisniskan.

Istilah bisnisnya, “ngiklan” menggunakan tokoh-tokoh, atau media yang sudah cukup populer dalam sebuah bidang tertentu.

Teori ini bisa ramai diterapkan dalam Instagram marketing, menggunakan “endorsment” untuk iklan. Jika produk sahabat adalah makanan, cari saja tokoh terkenal yang suka makan, tentu yang telah dikenal banyak orang. Followernya yang segudang…

Menggunakan teori cara berbisnis yang ketiga ini, mau tak mau sahabat harus merogoh kocek di kantong, namun jangan khawatir, cara ini teori ini, terbukti cepat untuk memajukan bisnis.

Kerja sama

Manusia hakikatnya aalah makluk sosial, yang tidak bisa hidup sendirian. Dalam hal bisnis pun sama, ada hubungan timbal balik antara konsumen produsen, maupun produsen ke produsen yang tidak mungkin jika dipisahkan.

Kerja sama atau bermitra dalam usaha tentu akan sangat membantu dalam bisnis, terlebih kita yang baru memulainya. Harus saling menyempurnakan.

Carilah mitra yang sekiranya bisa melengkapi, juga menutupi kelemahan kita. Lalu segeralah membuat karya bersama-sama. Kalau bisa mencari mitra itu, yang sudah terbukti ilmunya, sudah jelas kesuksesanya. Jika belum ketemu, ya cari…

Teori cepat berbisnis ini, terbukti banyak menghemat waktu, dan pikiran. Berkolaborasi itu asyik…

Mengikuti arus

Teori cara berbisnis selanjutnya adala teori, “Mengikuti arus”

Mengikuti arus bukan berati meniru plek terhadap model bisnis atau produk orang lain. melainkan, hanya mengikuti jalan bisnisnya saja.

Ini merupakan cara termudah, dan sudah terbukti orang-orang bisa sukses dengan menerapkan teori ini dalam bisnsinya.

Contoh:

Di sebuah wilayah, menurut survey dalam sepuluh pengusaha burung, yang berhasil ada 7 orang. Sebaliknya di wilayah itu juga dari sepuluh penusaha ternak cacing, hanya ada 3 orang yang berhasil.

Maka, model bisnis mana yang seharusnya sahabat pilih?

Satu dong… jelas-jelas pasar pecinta burung sudah ada, ditandakan banyak orang yang menjalan usaha terbak burung tersebut.

Kedua, ilmu berternak burung akan mudah diperoleh, karena banyak nara sumber yang bisa dimintai ilmu berternaknya yanag sudah terbukti bagus.

Jika sahabat memilih berternak cacing, lah itu aneh dala teori ini loh ya…

Secara dari 10 orang hanya tiga yang berhasil, jelas bisnis tersebut ada trik sendiri, ada kesulitan tersendiri, yang tida mungkin ditemukan caranya dalam waktu singkat. Walau terlihat sepi pesaing, namun lihat betapa sulit membangunya. Butuh waktu dan pegalaman panjang.

Intinya melihat usaha yang jelas sudah berjalan di wilayah kita. Tidak membutuhkan terlalu lama, jika bisa masuk dalam jaring bsinsinya, uang pun bakal mengalir ke kantong kita.

Kebanyakan anak muda nih, ogah meniru yang sudah ada. Terlalu suka tantangan ingin cari yang beda, padahal yang beda hasilnya juga belum menentu. Ya kan?

Mending bisnis yang sudah jelas toh, untung ruginya, yang sudah banyak dijalankan orang lain.

Melawan arus

Teori cara berbisnis ini merupakan kebalikan dari teori sebelumnya.

Melawan arus. Apa yang sahabat pikirkan dengan dua kata tersebut?

Melawan arus artinya melakukan hal yang berlainan dari orang lain kebanyakan. Jika semua orang pergi ke pasar A, maka kita akan pergi ke pasar C. Kalau tidak yang pergi ke pemancingan, memancing…

Kesanya gila, tapi keren.

Menjadi beda itu tidak semata-mata buruk ya, saat ini yang paling dibutuhkan itu perbedaan. Perbedaan yang positif, yang mampu mengubah sebuah cara pandang terhadap kreatifitas.

kelebihan teori vcepat berbisnis ini adalah, salah tiganya, sahabat akan dikenal sebagai orang yang kreatif karena mampu menciptakan sesuatu yang baru yang bisa membantu orang lain. Sahabat akan menjadi orang yang pertama, dan pasti dikenal sebagai maha pakar di bidang tersebut. Persaingan belum ada, karena baru sahabat yang merintis.

Kekurangan dari teori cara berbisnis ini ialah harus mencari dahulu. Kita harus mampu mencari sesuatu yang unik dan dan baru. Kedua, sistim bisnis harus melalui pembelajaran dan pengalaman sendiri terlebih dahulu. Pasar pun belum tercipta, dan untuk menciptakannya butuh proses lagi.

Nilai tambah

Teori cara berbisnis selanjutnya sebenarnya hampir sama dengan teori melawan arus. Hanya saja disni kita diharuskan ampu memberikan sesuatu yang berbeda berupa nilai tambah dalam sebuah model bisnis atau produk kita.

Memberikan nilai tambah ini ada banyak jenisnya, namun pada intinya memberikan hal yang tidak diberikan orang lain (kompetitor) kepada calon konsumen.

“Giving is the best comunication…” (pemberian adalah komunikasi terbaik)

Nah, demikianlah 7 teori cara berbisnis yang bisa saya bagikan. Kesemuanya itu saya yakini dapat menjad senjata bagi para pembisnis pemula yang hari ini sedang merintis bisnisnya, agar segaera menuai hasil ayng diinginkan (sukses berbisnis).

Teori-teori cara cepat berbisnis tersebut hanya akan menjadi sampah dalam pikiran sahabat, jika tidak dicoba penerapanya dalam kehidupan berbisnis. Jadi saran saya, jagnan ragu untuk mencobanya. Degan mencoba kita akan tahu arti dari sebuah hasil.

Oke… kritik, saran, dan komentarnya saya tunggu dikolom komentar bawah. Dan bagi yang ingin bergabung di grup facebook saya, dan mendapatkan banyak info menarik seputar dunia bisnis online, kepenulisan, dan blogging, mari gabung. Klik disini!

Baca juga=>Susah Closing? Pahami 9 Pondasi Utama Agar Closing Terus-terusan Setiap Hari

Tags: , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑