Bisnis Online

Published on Desember 23rd, 2017 | by Ibnu

9+1 Tips Mengatur Strategi Pemasaran Komunikasi Cocok Bagi Pemula

Bagaimana mengatur Strategi Pemasaran Komunikasi yang tepat? Hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang dalam hidupnya sangat-sangat membutuhkan orang lain, manusia tidak bisa hidup sendirian dimuka bumi nun luas ini. Dari sanalah awal terciptanya sebuah alat dimana antara sesama manusia dapat saling bertukar informasi. Alat itu dinamakan, “komunikasi”, atau “Bahasa komunikasi”

Komunikasi penting dalam segala hal, termasuk dalam kegiatan berbisnis. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, akan menjadi prasarana dalam meningkatkan keuntungan berbisnis.

Komunikasi memang tampak terlihat sederhana, sekadar berbicara, ngoceh, saling sapa, serta chat via facebook. Semua orang juga bisa melalkukanya bukan? Tapi itu tidak berlalaku disini, dalam bisnis komunikasi biasa saja tidaklah cukup. Dibutuhkan kemampuan lebih, atau diatas rata-rata.

Komunikasi pemasaran dan produk bisnis

Produk adalah bagian utama dari bisnis. Tanpa produk, itu bukan bisnis namanya. Sebuah perusahaan bisa menghasilkan uang dengan cara menjual produk, tidak ada cara lain. Nah, disnilah peran komunikasi untukmenjual produk supaya perusahaan atau diri kita pribaadi dapat untuk. Barang sebaik apapun, produk sekeren apapun, kalau tidak dikomunikasikan dengan baik kepada orang lain, maka tidak akan ada sales. Akhirnya bisnis jalan ditempat.

Jadi jelas ya sahabat, kalau berbisnis itu harus bisa menguasai ilmu komunikasi dengan baik. komunikasi yang biasa-biasa saja, tentu akan menghasilkan sesuatu yang biasa-biasa pula.

Sahabat yang masih kebingungan tidak perlu khawatir, bagaimana cara berkomunikasi yang baik dalam bisnis? Semua itu akan saya bahas dalam artikel ini dengan judul: 9+1 Tips Mengatur Strategi Pemasaran Komunikasi Yang Tepat

Strategi Pemasaran Komunikasi

Saya ulangi sekali lagi, untuk membuat keuntungan dalam bisnis, sahbat memerlukan senjata satu ini, yaitu senjata komunikasi. sahabat harus pandai membuat strategi yang memformulasikan kebutuhan-kebutuhan strategi dengan baik. salah satunya ialah dengan memaksimalkan sebuah komunikasi dalam pemasaran bisnis.

Ada beberapa langkah penting dalam mengatur atau memprogram komunikasi pemasaran secara keseluruhan. Jika kamu mengikutinya, insyaAllah permasalahan yang menghambat perkembangan bisnis seperti komunikasi dapat diatasi dengan baik. ini dia:

Menciptakan presepsi

Produk tercipta tentu dengan tujuan dan kemanfaatanya masing-masing. Nah, tugas kita adalah mencoba menjelaskan tujuan dan kemanfaatan dari sebuah produk kepada orang banyak, tentu dengan komunikasi.

Bagaimana menciptakan presepsi terhadap konsumen?

Presepsi bisa terbentuk dari apa saja, bisa melalui komunikasi visual, maupun lewat tulisan (deskripsi produk). Gambar yang elegant, lalu didukung dengan copywriting mantab, dan jujur, maka sebuah presepesi yang “wah” akan tercipta an selalu bisa dikenang oleh setiap orang.

Ciptakanlah presepsi produk dengan komunikasi yang baik, maka itu semua akan memudahkan dalam menunjang aktivitas bisnis sahabat.

Identifikasi pasar

Menjual produk hal utama yang harus dilakukan adalah riset target market. Segmen pasar seperti apa yang kita sasarkan? Lalu lakukanlah identifikasi terhadapnya, pelajari pola-pola konsumen, juga amatilah perilaku konsumen dalam melakukan transaksi.

Dengan melakukan identifikasi pasar seperti itu, maka kita nantinya akan menemukan berbagai karakter pembeli. Hal ini dibutuhkan dalam strategi marketing lanjutan.

Memperkuat hubungan bisnis

Berbisnis tentu tidak lepas dari hubungan komunikasi pelaku bisnis. Pelaku bisnis contohnya konsumen, rekanan, produsen, marketplace, dan lainya. dengan memperkuat hubungan antara pelaku bisnis tersebut, maka lambat namun pasti informasi mengenai kelemahan dan kekurangan produk dapat sampai ke telinga kita. Hal ini sangat membantu dalam peningkatan kualiras produk dan layanan kita.

Jangan pernah menutup diri terhadap para konsumen, atau rekan bisnis. Biarkan mereka  mengomentar, serta memberi saran terhadap kita, sebagai bahan evaluasi untuk penigkatan kualitas selanjutnya.

Kasta dan bahasa

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kehidupan manusia itu terdiri dar tingkatan-tingkatan kasta masyarakat. Ada kasta rendah, sedang, sampai kasta yang tinggi.

Setiap dari kasta tersebut memiliki ciri dan kebiasaan yang berbeda. Perbedaanya pun sangat menyolok. Nah, kita disini diharuskan untuk bisa menyesuaikan cara berkomunikas dengan konsumen, kasta yang mana mereka?

Hal ini, juga membantu dalam riset produk. Jadi, kasta seperti apa ingin diincar, allu carikan produk yang tepat buat mereka.  Memahami kasta dan bahasa, akan sangat membantu dalam pkomunikasi pemasaran bisnis sahabat.

Psikologi dan bahasa

Psikologi dunia bersepakat bahwa sifaat manusia itu terkotak-kotakan menjadi 4 sifat dasar dominan. Sifat tersebut dikenal dengan istilah, plegmatis, sanguinis, korelis, melankolis.

Diantara keempat sifat tersebut, masing-masing mempunyai karakter unik yang bisa kita pelajari. Nah, dari mengetahui sifat mereka, maka kita akan dengan mudah menyiapkan strategi bahasa (copywriting) yang mampu memancing mereka untuk membeli.

Contoh: seseorang korelis (dominan kepemimpinan) yang suka tantangan, akan terpancing  dengan sebuah produk dengan kata-kata berbau tantangan. Seperti, “Buktikan sendiri!” “kalau takut gausah beli!”, “Hanya untuk orang pemberani saja!” Dan seabrek kata kalimat sejenis lainya.

Teknologi informasi dan telekomunikasi

Teknologi terus berkembang, terutama teknologi dalam komunikasi. banyak kita temukan saat ini masyarakat menaruh minatnya berkomunikasis melalui aplikasi media sosial, layaknya facebook, twetter, instagram, dll.

Sahabat mau tidak mau juga harus ikut nyemplung ke aplikasi yang sama, agar lebih dekat dengan mereka. Dengan media yang sama itu, jelas konsumen akan suka, dan memercayai kita.

Iklan dengan media tepat

Hari ini dengan pertumbuhan teknologi yang kian maju, banyak emdia-media baru yang bisa dijadikan sarana promosi bisnis.

Pi;ihlah media promosi yang sekranya sangat dekat, dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Seprti televisi, atau yang lebih murah dengan website.

Mengerti konsumen

Kalau ingin menjadi pembisnis sukses, mau tidak mau sahabat harus bisa mengerti orang lain, terlebih mengerti konsumen. Apa yang mereka cari, dan apa yang mereka butuhkan, usahakan sahabat harus bisa melengkapinya.

Dan lagi, konsumen itu sangat suka dengan hal yang berbau gratisan. Tidak perlu ragu untuk berbagi kepada mereka, dengan memberi maka konsumen akan merasa senang, dan yang jelas akan segan kalau tidak membeli sesuatu dari kita.

Diskon, dooprize, bonus, produk gratis, semua itu tentu mampu menarik minat lebih mereka.

Sahabat perlu mempelajarinya lebih dalam. Agar mampu mengolah komunikasi sebagai cara efektif berbisnis. Pengaturan ini bertujuan tak lain untuk memaksimalkan penjualan produk, sehingga sampai pada tahap sukses berbisnis.

Mungkin ilmu-ilmu seperti, komunikasi bisnis, psikologi bisnis, akan sangat membantu sahabat yang ingin bisa berkomunikasi dengan bagus. Jagnan ragu untuk berinvestasi otak, beli buku, atau video training, dan lainya.

Oke, saya rasa cukup kali ini. semoga artikel mengenai strategi pemasaran komunikasi/komunikasi pemasaran tersebut dapat bermanfaat bagi rekan-rekanita semuanya, tentu dalam menjalani aktivitas berbisnis. Jangan lupa juga untuk membagikanya kepada lainya, agar lebih banyak orang tahu.

Silakan gabung ke grup facebook saya, disanaada banyak infon menarik serta update mengenai internet marketing, blogging, serta kepenulisan. Klik disisni!

Baca juga=>5 Teknik Dasar Marketing ini sangat cocok untuk pemula yang sedang memulai bisnis


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑