Bisnis Online

Published on Desember 22nd, 2017 | by Ibnu

Strategi Pemasaran Bisnis Terkini Yang Wajib Kamu Coba Sekarang Juga!

Di beberapa pembahasan sebelumnya, saya pernah menulis mengenai teknik pemasaran kuno yang sebaiknya kamu tinggalakan. demikian karena cara-cara tersebut, sudah tidak sesuai lagi terhadap dunia baru ini, dunia dimana serba teknologi. Sebelum memakan materi mengenai strategi pemasaran baru ini, ada baiknya sahabat membacanya artikel tersebut disini: 6 Teknik Marketing Kuno Yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan!

Di artikel tersebut sebenarnya juga ada materi strategi bisnis bandingan yang cocok, namun hanya sedikit. Lengkapnya akan kita bahas bersama disini dalam strategi pemasaran baru.

Zaman sudah berubah, cara-cara manusia untuk tetap bertahan hidup juga berubah, cara pemasaran dalam bisnis pun ikut berubah menyesuaikan, sebagai pembisnis insyaAllah ulung, kita juga harus mengupdate pengetahuan hari ini seputar strategi pemasaran baru.

Setidaknya ada 6 strategi pemasaran yang hot untuk sahabat coba seperti marketing mix, website, branding, promotion, serta tribes. Sebuah strategi pemasaran baru yang terbukti sukses oleh orang-orang yang lebih dulu melakukanya dalam menjalankan segala macam jenis bisnis offline maupun online.

Strategi pemasaran baru

Marketing Mix

Marketing Mix merupakan salah satu strategi pemasaran yang  berusaha menggabungkan beberapa elemen marketing dalam pemasaran. Strategi itu berusaha untuk menjalankan dengan terpadu tentu dengan tujuan/target nun jelas. Sebenarnya sama dengan strategi marketing lain, dimana tiap elemen berusaha aling melengkapi satu sama lain, dan tidak bisa berdiri sendiri.

Marketing mix mempunyai beberapa elemen diantaranya dikenal dengan 4P (please, please, please, dan please beli produk saya!). namun pemasaran ini telah mendapatkan update tambahan 3P, menjadi 7P.

Selama unsur-unsur dalam marketing mix dan saling membangun, maka akan sangat berguna sekali dalam mengembangkan dan memenangi persaingan pemasaran bisnis. Jika ingin mengetahui lebih detail dan lengkap mengenai marketing mix ini, sahabat bisa membaca artikel saya ini: (link: marketing mix)

Media online

Pemasaran hari ini sudah berkembang sangat pesatm dimana dalam medianya sendiri telah banyak mengalami perubahan. Media online adalah tempat yang paling pas sebagai sarana promosi dalam bisnis. Media online memiliki ranah tersendiri dihati masyarakat.

Kenapa demikian?

Jawabanya satu, karena dunia saat ini serba online. Dunia online sudah membentuk dunia baru setelah dunia nyata, dan dunia ghaib. Coba saya tanya, dimana manusia yang tinggal dibumi yang belum pernah menjamah internet, jikalau ada pasti hanya nol koma sekian, tidak lebih dari 1%.

Melihat dari data serta fakta booming internet di dunia, maka akan sangat bagus sekali jika melakukan pemasaran melalui media online. Media online seperti website, facebook, twetter, instagram, dll, dianggap sangat efektif untuk melakukan pemasaran bisnis.

Perlu sahabat tahu kenapa saya sarankan untuk memanfaatkan media internet sebagai strategi pemasaran? Sebab media online khususnya internet (website) telah menjadi rujukan pertama konsumen dalam setiap melakukan aktivitas apapun di dunia. Dengan menggunakan strategi media online, dapat dipastikan jumlah penjualaln bisnis sahabat akan meningkat.

Branding

Apa itu branding?

Branding sederhananya ialah sebuah upaya untuk menjadikan sessuatu lebih bernilai, lebih dapat dikenal banyak orang, dengan tujuan-tujuan tertentu, seperti bisnis. Bisa dibilang juga branding itu sebuah cara utnuk membuat masyarakat aware terhadap objek yang di branding.

Branding tidak hanya dilakukan dalam produk, manusia juga bisa melakukan branding. Terbukti, hari ini bos-bos besar dalam perusahaan juga ikut turun membranding diri, menunjukkan wujudnya, namun tetap untuk menjual produknya. Contoh : ketika seseorang ingin dikenal dan dipanggil dirinya sebagai penulis buku bestseller, atau internet marketing expert, dll.

Tujuan utama dari branding tak lain ingin menciptakan perbedaan yang menyolok, terutama perbedaan dengan produk-produk sejenis. Dengan menambah keunikan dan kreatifitas didalamnya.

Saya ingat kata-kata salah satu guru marketing dunia. Ia mengatakan, “Tidak ada barang mahal di dunia ini, yang mahal itu brand”

Sontak kata-kata tersebut sangat mengganggu saya, benar juga ya apa yang beliau katakan. Kebanyakan dari kita emmbeli itu karena gengsi, dengna memakai brand ternama yang mahal tentu ada kesan tersendiri yang sulit dijelaskan, kebanggaan gitulah.

Melakukan branding dalam pemasaran bisnis akan sangat membantu untuk meningkatkan penghasilan bisnis. Seperti kata-kata guru diatas tadi, dengan menciptakan brand yang besar, maka tanpa disuruh pun orang sudah mengejar-ngejar produk kita.

Promosi dan iklan

Promosi bagi saya adalah nyawa dalam bisnis. Pemasaran tanpa promosi, tidak bisa dikatakan dengan pemasaran. Promosi dan iklan itu wajib hukumnya dalam menjalankan bisnis.

Peromosi bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai, kalau kita sedang berjualan. Dengan mengenalkan produk kepada masyarakat, maka diharapkan mereka tahu dan siap jika sewaktu-waktu ingin membeli.

Dengan menerapkan model dan metode promosi yang tepat dalam bisnis, tentu itu akan sangat mengefektifkan banyak hal. Masalahnya promosi yang seperti apa yang cocok dalam segala bisnis?

Untuk melakukan promosi yang baik, memang sahabat mau tidak mau perlu belajar lebih. Karena promosi sendiri ada teori-teori utamanya, yang jika diikuti akan bisa menghasilkan uang lebih cepat. Ada beberapa hal perlu sahbat pelajari untuk bisa melakukan promosi dengan baik seperti; ilmu copywriting, visual ads (DKV), psikologi bisnis, pengiklanan, teknik closing, dan  lain sebagainya.

Baca: Susah Closing? Pahami 9 Pondasi Utama Agar Closing Terus-terusan Setiap Hari

Customer realitionship management (komunikasi)

Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan saling membutuhkan. dari hakikat tersebutlah terciptanya sebuah alat untuk saling menyampaikan informasi dari satu orang ke orang lain, alat tersebut diberi nama, “Alat komunikasi”, atau “Bahasa komunikasi”

strategi pemasaran baru ke lima adalah komunikasi dengan orang lain yang terhubung dalam bisnis. Entah itu rekanan, maupun konsumen bisnis. Sahabat harus mampu menggunakan strategi pemasaran dalam hal komunikasi ini. Karena apa? bisnis yang keren selangit, dengan produk super, tanpa didukung oleh komunikasi sempurna, maka bisa dipasatikan bisnis tersebut akan stagnan (tetap) jalan ditempat.

Sahabat perlu mempelajarinya untuk mengolah, dan mampu mengarahkan komunikasi menuju singkronisasi bisnis. Strategi ini dalam contoh nyatanya seperti pemberian diskon, hadiah, dooprize, bonus, dan hal lainya. intinya memberikan nilai tambah kepada orang lain secara cuma-cuma atau dengan kemurahan, berharap orang tersebut bisa merasakan manfaat kehadiran kita.

Mungkin ilmu-ilmu seperti, komunikasi bisnis, psikologi bisnis, akan sangat membantu sahabat yang ingin bisa berkomunikasi dengan bagus.

Tribes

Mungkin kata “tribes” masih asing di telinga sahabat. Atau malah baru mengetahuinya hari ini.

Sahabat tidak perlu khawatir, saya akan mengajak rekan semua untuk berkenalan lebih dekat dengan konsep bisnis tribes ini, dan bagaimana sistim bisnis ini bekerja sebagai strategi pemasaran bisnis.

Strategi tribes ialah sekumpulan cara berbisnis dengan memanfaatkan wadah, media yang di dalamnya terdapat sekumpulan orang-orang yang memiliki minat, pemikiran , hobi yang sama, dengan dipimpin oleh seorang leader dalam kegiatanya.

Ada banya sekali wadah sebagai tempat terbentuknya sebuah tribes. Bisa melalui komunitas, kelompok, gerakan, organisasi, paguyuban, bahkan aplikasi sekali pun.

Bagaimana sudah paham belum?

Sebenarnya, dalam kehidupan sehari-hari, dari lahir sampai sekarang, kita sudah banyak menemui sebuah tribes, bahkan tanpa sadar tergabung di dalam tribes. pembentukan negara adalah salah satu penerapan konsep tribes, dalam kotak besar. tidak hanya itu, segala kegiatan sahabat dimanapun berada tercipta dari konsep tribes. bersekolah, berorganisasi, dan sebagainya.

Untuk lebih jelas mengenai strategi bisnis tribes, sahabat bisa baca artikel ini: 6 Langkah Sederhana Membangun Tribes Untuk Kaya Dari Bisnis Online

Kesimpulan

Strategi pemasaran terbaru tersebut jika sahabat benar-benar bisa menerapkanya dalam bisnis yang sedang dilakoni, maka jangan heran dalam perjalanan bisnis akan mengalami banyak sekali peningkatan, baik di hasil, maupun kemanfaatan.

Dan ingat, dunia setiap hari terus mengalami perubahan, manusia pun melakukan serangkaian cara untuk menyesuaikan, pesan saya terus updatelah ilmu bisnis pemasaran sahabat, agar bisnis tepat bisa bertahan di setiap era kehidupan.

Oke, sampai disni dulu artikel saya mengenai (key). Semoga  artikel tersebut dapat emmberikan sumbangsih manfaat kepada kita semua. Aamiin.

Gabung grup facebook saya. Disana sahabat akan mendapatkan informasi menarik terupdate mengenai internet marketing, blogging, dan kepenulisan. Klik disini!

Jangan lupa share yaaa…

Baca juga=>5 Teknik Dasar Marketing ini sangat cocok untuk pemula yang sedang memulai bisnis


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑