business

Published on Desember 26th, 2017 | by Ibnu

Contoh dan Penerapan Strategi Marketing Mix 7p Dalam Bisnis Sehari-hari

lagi-lagi, masalah marketing bisnis masih menjadi masalah dalam menjalankan aktivitas berbisnis dimana pun berada, terlebih masalah ini masih menyelimuti berbagai kalangan, terutama bagi pemula. Bagaimana strategi marketing mix?

Banyak versi berusaha menjelaskan pengertian dari strategi marketing mix. Dari beberapa versi tersebut, bisa saya simpulkan bahwa marketing mix ialah salah satu strategi pemasaran yang  berusaha menggabungkan beberapa elemen marketing dalam menjalankan bisnis. Strategi tersebut berusaha dijalankan dengan padu, ditambah tujuan bisnis tertentu. Sebenarnya sama dengan strategi marketing mix yang ada lainnya, hanya saja di marketing mix semua harus berjalan beririrngan, tidak bisa berjalan sendiri.

Selama unsur-unsur dalam marketing mix dan saling membangun, maka akan sangat berguna sekali dalam mengembangkan dan memenangi persaingan pemasaran bisnis yang sedang terjadi.

Apa itu marketing mix?

Marketing mix tersendiri memiliki sebuah perangkat utama dalam menjalankanya, dikenal dengan istilah strategi marketing mix 4P, yaitu product, price, place, dan promition.

Dan seiring perkembangan bisnis, strategi marketing mix mengalami penambahan, khususnya hubungan bisnis dengan sumber daya manusia/bisnis jasa. Perangkat tambahan tersebut kita kenal dengan sebutan marketing mix 7P, yaitu, people, physical evidence (kebutuhan fisik), dan proses.

Ketujuh perangkat marketing tersebut saya ulangi saling berhubungan dan tidak dapat dipisah-pisah. Dan dari kesemua itu mengarah kembali dalam peningkatan layanan serta kepuasan konsumen.

Dalam pengabungan ke tujuh perangkat itu juga, perusahaan akan memperoleh tanggapan-tanggapan yang diinginkan dalam pasar. Serta mampu memengaruhi permintaan terhadap produk yang dijual.

Terpenting dalam bisnis, khsusunya jika ingin menerapkan strategi marketing mix ini, sahabat wajib memiliki produk. Bisnis tanpa produk itu bukan bisnis. Jadi produk adalah alat awal sebelum memulai strategi marketing mix ini.

Produk tersebut sudah mencangkup dalam kualitas, rancangan, bentuk, merek,, serta kemasan produk. Harus lengkaplah pokoknya…

Strategi marketing mix

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kenalan dengan si marketing mix ini, apa saja sih perangkat yang mampu membawa bisnis ke ranah kesuksesan ini, ini dia marketing Mix 7P:

Product (Produk)

Produk merupakan wujud barang/jasa yang sengaja dikelolan sedemikian rupa untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dalam bidang-bidang tertentu.

Dalam strategi marketing mix, sahabat harus mampu mengelola unsur-unsur produk agar lebih sempurna, supaya lebih tertata rapi sampai siap dipasarkan.

Lihatlah produk yang beredaran disekitar lingkungan sahabat, entah dipasar, minimarket, maupun marketplace, rata-rata yang bertahan lama dipasar ialah produk yang benar-benar berkualitas aik. Produk buruk tidak akan bisa bertahan lama, masyarakat akan enggan untuk membelinya.

Kualitas produk adalah nomor satu. Lihatlah produk pnsel seperti Samsung, mereka terus menggiat menciptakan produk terbaik, dan terbukti ia merajai pasar ponsel dunia.

Price (harga)

Perangkat ini berfungsi untuk menyiapkan sebuah harga produk, dengan sistem manejemen harga tertentu yang dinilai tepat dengan kondisi pasar. Lebih jelasnya perangkat ini mengatur strategi yang menyangkut tentang harga, seperti potongan harga, diskon, ongkos kirim, ongkos produksi, dan kebersangkutan lainya.

Lain tangan, lain tempat itu beda harga. Nah tugas sahabat hanya mencari harga yang tepat berdasar subjek tersebut.

Ikan laut di daerah dataran tinggi bisa saja harganya lebih mahal ketimbang di daerah bawah, sebab dalam proses pendisitribusian produk, ada cost lain, bensin, kurir, dan lainya.

Place (tempat)

Perangkat ini bisa disebut dengan distribusi bisnis, tempat dimana saja peletakan bisnis agar dapat berjalan dengan semestinya. Sahabat harus memikirkan dan mampu mengolah saluran/alur perdagangan untuk menyalurkan produk ketempat-tempat tertent, supaya bisa melayani pasar dampai ke titik tertentu, serta mengembangkan distribusi yang baik untuk pengiriman barang ke konsumen.

Place ini juga berkaitan dengan penentuan harga barang. Semakin jauh tempat maka semakin mahal pula marangnya. Sahabat harus bisa menefisiensi segala hal untuk mencangkup keseluruhan pasar yang ingin dimasuki.

Promotion (promosi/iklan)

Promosi adalah sebuah cara, atau sebuah usaha yang perlu dilakukan untuk memberitahukan kepada pasar mengenai sebuah produk. Tidak hanya itu, promosi juga bersifat bujukan/ajakan  untuk membeli produk atau jawa yang ditawarkan.

Banyak media iklan yang bisa sahabat coba, salah satunya dengan iklan melalui website.

Lihat produk minuman bersoda Sprite, iklan yang sederhana namun unik di televisi, mampu membawa lebih banyak pembeli di kehidupan nyata. Inilah dampak iklan yang sebenarnya.

Phisycal evidence (kebutuhan fisik)

Perangkat ini adalah usaha untuk mengerti kebutuhan pasar. Hal ini juga turut memengaruhi keputusan konsumen nantinya, apakah membeli dan menggunakanya dalam mengisi kehidupan.

Unsurnya tersendiri dapat kita ketahui seperti kondisi georgrafis, sosial, demografis, bangunan fisik, peralatan sosial, dan lainya.

Masyarakat di daaerah pertanian, tentu akan sangat membutuhkan produk-produk pertanian. Tempat yang sedang menggiat pembangunan, pasti membutuhkan produk seperti toko besi. Dan lainya.

People (manusia)

Manusia adalah objek atau sasaran utama dalam bisnis. Perangkat ini memainkan peranan utama dalam penyajian pelayanan, sehingga mampu membuat presepsi baik terhadap sebuah produk.

Karyawan perusahan kah mereka, para bisnismen kah, merekea , petani kah, atau yang lainya. mereka memiliki ciri, dan kebiasan diri yang unik. Dengan mengetahui perangkat manusianya tersndiri tentu akan membantu kita untuk membuat produk, atau mencarikan produk yang tepat.

Jika seorang bisnisman, pahami kebutuhanya, ciptakanlah produk yang akan membantu mereka dalam menunjang bisnis. Sesederhana itu kan.

Proces (peroses/alur)

Proses merupakan sebuah prosedur aktual, mekanisme, dan aliran aktivitas dalam bisnis. Dalam penyampaian produk ke pasar, maupun prose bisnis lainya.

Proses yang baik, akan membantu konsumen. Proses yang buruk akan ditingglakan konsumen.

Proses pembayaran yang instan yang semakin membudahkan masyarakat untuk membeli mungkin akan memiliki dampak besar terhadap peningkatan penjualan. Dan itu sudah terbukti.

Masrketplace online contohnya, pembayaran tanpa tatapmuka dinilai sangat praktis hanya untuk membeli produk. Tingkal klik-dan klik, produk yang dipesan sudah diantar sampai rumah.

selama marketing 7P ini sahabat terapkan dalam aktivitas berbisnis, maka itu akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis sahabat. Siap sukses dalamberbisnis?

Oke sekian dulu artikel dari saya, jika bermanfaat silakan share. Jangan lupa juga untuk join ke grup facebook saya. Disana, sahabat akna mendapatkan informasi menarik seputar internet marketing, blogging, sampai ilmu kepenulisan. Klik disini!

Baca juga=>3 Cara Praktis Menawarkan Produk Agar Diterima Tanpa Penolakan


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑