Blogging

Published on November 3rd, 2017 | by Ibnu

Rumus singkat untuk buat headline yang powerful

Apapun kejadian di muka bimi  ini semua memiliki pola-pola unik tertentu, sebuah urutan yang menjadikanya sebuah hal yang menakjubkan. Seperti terjadinya hujan, angin, gelombang air, dan lainya. Dalam pola-pola tersebut tersimpanlah sebuah rumus, atau kunci, yang apa bila kita mengetahuinya, tentu akan sangat memudahkan atas tujuan tertentu. Termasuk dalam hal menulis artikel, khususnya headline.

Jangan salah, membuat headline artikel ada rumusnya, rumus yang sudah dibuktikan di seluruh dunia dan berhasil untuk hanya sekadar memecah kebuntuan kita akan pertanyaan, “bagaimana cara membuat artikel yang powerful, headline yang mampu mengundang rasa penasaran pembaca yang menggebu-gebu…”

Disini kita akan belajar bersama, berusaha membeberkan rumus pembuatan artikel dan headline yang powerful.

Dikenal dengan rumus ”S-H-I-N-E” yang tiap tiap huruf mewakili; Specific-help-immediacy-newsworhiness-entertainment. Lima rumus sederhana, yang jika sahabat mampu menerapkanya dalam artikel keseharian, maka akan berimbas kepada peningkatan trafic website sahabat sendiri.

Baik, langsung saja, yuk kita pelajair satu-persatu dari rumus SHINE ini.

Spesifik

Orang tentu tak suka membuang-buang waktu akan ketidak jelasan sesuatu, setiap dari mereka ingin kejelasan untuk dirinya sendiri. terlebih atas bacaan yang tidak spesifik, terlalu luas, menghambur kemana-mana, dan terlihat meragukan. Saran saya satu, entah heaadline, entah artikel, jadikanlah jelas.

Salah satu penyebab website sahabt sepi mungkin ini, judul dari konten yang kurang spesifik, dan kurang dilirik oleh pengunjung. Dengan membentuk headline yang yang spesifik dan konkret akan membentuk gambaran pada pikiran pembaca sehingga tampak menarik. Demikian juga dengan isi artikel juga harus spesifik.

Help (menolong)

Siapa yang tak suka ditolong ketika sedang berada dalam keadaan mendesak? Setiap orang ingin ditolong. Dan bagaimana kita para penulis bisa menolong dengan tulisan, itulah betapa agungnya kegiatan menulis, dan membagikanya kekhalayak.

Headline dan isi artikel kita,  harus bisa membuat sebuah nilai, aau manfaat yang bisa langsung dipetik oleh pembaca.

Cara untuk membuat judul dan artikel yang akan membantu adalah dengan cara membicarakan, mencari, kira-kira isu penting apa yang ada dalam benak orang banyak. Entah melalui diskusi langsung, diskusi via internet, mau pun dari pemberitaan dan laman-laman berita.

Banyak pembaca yang informasi untuk memecahkan permasalahan mereka.

Oleh sebab itu dengan membuat judul yang dapat menunjukkan bagaimana membantu mereka dan mencarikan solusi lebih cenderung mendapat perhatian.

Immediacy

Sebuah headline harus menarik dan mengarahkan pembaca untuk membaca segera artikel kita.

Mengapa harus segera ?

Jika sebuah postingan artikel rekan tidak segera memperoleh perhatian lebih, maka kemungkinan isi dari kontem tidak dibaca secara menyeluruh..

Oleh sebab itu, headline dan artikel harus mampu menciptakan kedekatan lebih jelas. Yang mudah dimengerti sehingga akan memperoleh daya tarik emosianal yang lebih besar.

Newsworhiness

Seseorang mau membaca pasti dikarenakan sebuah alasan. Begitu pun dengan pembaca yang sedang membaca artikel kita. Maka cobalah beri sedikit berbedaan terhadap judul dan isi artikel, kita harus pintar membuatnya berbeda dengan yang lain. dan perbedaan itu biasanya membuat seseorang memilih artikel kita, ketimbang artikel lain. benarkan?

Hal ini akan membikin pembaca mempunyai rasa penasaran terhadap sesuatu yang dilihatnya dan berpikir, “Apa sesuatu yang bisa saya ambil, jika saya membaca keseluruhan artikel?” Tapi anda harus tetap menjaga kealamiahan, dan kesederhanaan headline maupun isi artikel, agar tetap gampang dipahami.

Entertaintment

Judul dan artikel yang biasa akan membuat pembaca merasa bosan, ada baiknya kita mencoba dengan  gaya baru, membuatnya seperti hiburan. Siapa sih yang tak suka hiburan?

Menghibur dalam rumusan ini bukan berarti kita harus menjadi seorang yang bodoh dan terlihat aneh ya… bukanya ingin membuat pembaca senang, eh malah membuat reputasi jadi buruk. Gagal deh…

Maksud dari menghibur tersendiri, dengan membikin format yang unik, segar, dan friendly dalam setiap judul dan tulisan. Entah dengan melalui gaya bahasa, irama, pilihan kata yang segar, dan lainya. Jadilah kreatif, Saya percaya tiap insan punya gaya penulisan yang unik dan berbeda.

Bagaimana rekan? Sudah puas dengan rumus diatas, kalau belum ada sedikit tambahan lagi, masih tentang rumus bagaimana cara membikin headlin dan artikel yang powerful. Dan rumus ini dikemukakan oleh John Caples. Seorang pakar content marketing dunia.

Masuskkan kata kunci dalam headline dan artikel

Kata kunci haruslah menjadi dasar kunci dalam sebuah headline, dan konten artikel. Sebab ini akan membantu mendongkrak artikel kita untuk nampang di barisan depan mesin pencari google.

Fokus kemanfaatan

Headline dan artikel yang baik harus bisa berfokus pada kemanfaatan. Berikan manfaat yang jujur pada setiap postingan sahabat. Dengan begitu akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap diri kita sendiri.

Berita informatif

Riset mengatakan tujuan utama orang menggunakan internet, yang pertama untuk mencari informasi, dan mencari hiburan. Kalau bisa apa yang kita tuliskan disana, tak  terlalu jauh dari dua hal ini. konten yang informatif, sekaligus menghibur.

Judul luar biasa harus mampu membangkitkan rasa ingin tahu pembaca. Hal ini dikarenakan orang-orang selalu ingin mengetahui hal-hal yang baru dan juga hal yang menarik .

Semoga artikel di atas dapat membantu sahabat semua. Kritik, saran, dan komentar bisa rekan tulis di kolom bawah ini.

Bagi yang ingin mendapat informasi terbaru seputar dunia bisnis internet, silahkan join di grup facebook saya disni!

Baca juga=> 6 Kesalahan fatal dalam judul artikel


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑