Affiliate Marketing

Published on Juni 11th, 2017 | by Ibnu

Ritual pokok seorang affiliate marketer sebelum memilih program afiliasi

Ada berjuta lebih produk dari program affiliate di seluruh Dunia yang bisa anda pasarkan, entah itu pasar affiliate internasional maupun pasar lokal. Jika anda seorang affiliate yang ingin mencapai income yang baik dari affiliate, tentu anda tidak akan sembarangan untuk memutuskan memasarkan sesuatu produk.

Jangan sampai salah memilih produk dari program affiliate.jika tak ingin nilai kepercayaan pelanggan menjadi turun. Salah memilih program, juga bisa berakibat gagal closhing, dan pasti anda tak dapat menghasilkan uang dari affiliate.

Selalu ada hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan memasarkan affiliate, sehingga nantinya anda dapat menghasilkan nilai yang baik, dan pendapatan yang memuaskan.

Nah, berikut ada beberapa ritual penting bagi seorang affiliate marketer sebelum mementukan proglam affiliate yang akan di pasarkan.

Tentukan niche yang sesuai

Ketika orang hendak ingin membeli ikan, maka apa yang akan ia lakukan? Pergi ke pesisir pantai atau pergi ke daerah pegunungan? Yup… anda tahu jawabanya.
Anda harus tahu tempat dimana para customer mencari dan mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan. Di affiliate ada banyak ragam produk yang bisa anda jual, entah berbentuk digital maupun non-digital. Disana juga pasti mudah ditemukan jenis bidang yang berbeda, seperti bisnis, travelling, olahraga, motivasi, dll.

Pertama anda harus tahu dimana harus meletakan iklan affiliate yang paling strategis, jika anda memiliki blog/website ber-niche satu(blog khusus satu tema) anda bisa memanfaatkanya secara baik dengan menjual produk yang sama dengan niche anda. Hal ini akan menjadikan peluang terjadinya deal lebih tertarget.
Jika anda memiliki blog/website bersifat umum, atau campuran. Itu tidak masalah, karena anda bisa memasang iklan yang lebih beragam. Namun tetap harus ada kaitanya yaa, antara tema dan produk yang anda pasarkan.

Tentukan produk(jenis,nama,tema)

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, ada banyak sekali macam produk affiliate yang bisa anda pasarkan. Menentukan jenis produk tidaklah sulit, karna saya percaya segala jens prouk pasti bisa menghasilkan uang. Yang perlu anda catat ialah, produk seperti apa yang akan menciptakan uang lebih cepat, produk apa yang bakal meledak dipasaran, dan yang terpenting produk tersebut sesuai dengan target market anda atau tidak.

Cermati kualitas produk atau layanan

Anda harus bisa memanstikan produk yang nantinya akan dipasarkan merupakan produk terbaik dan berkualitas super untuk mereka(calon customer). Hal demikian dapat meningkatkan kepercayaan customer terhadap anda yang pikirnya telah memberi solusi yang terbaik bagi kehidupan mereka.

Bagaimana cara mengetahui prooduk tersebut berkualitas? Pertama anda bisa membelinya dan merasakan manfaatnya langsung, kedua baca deskripsi produk(kelebihan yang masuk akal), dengan testimoni pengguna, riset review di mesin pencari(google), dan anda bisa bertanya kepada orang yang pernah menggunakan produk atau layanan tersebut. Jika positif, dapaat dipaastikan produk tersebut layak anda pasarkan.

Mengetahui harga produk

Cermati juga harga produk untuk pasar. Sudah sesuaikah dengan apa yang akan manfaat didapatkan oleh customer?, dan apakah produk tersebut harganya terjangkau bagi target market anda?

Pastikan harga produk pantas, dan sesuai dengan target market anada. Jangan terlalu murah dengan kualitas alakadarnya, dan jangan mencari produk yang terlalu mahal dengan kualitas yang belum tentu seimbang dengan harga.

Tentukan target pasar

Selanjutnya anda harus menentukan target pasar yang sesuai dengan produk affliate tersebut. Target pasar biasanya dikumpulkan dari beberapa aspek seperti, usia, jenis kelamin, pekerjaan, tempat tinggal, minat, hobi, dsb. Tentukan beberapa aspek itu, dan tulis di lembar kerja anda. Contoh, jika anda ingin menjual pruduk fasion wanita remaja , maka kurang lebih target market yang anda tulis eperti ini; wanita, umur 13-19 th, indonesia, hobi dandan, minat belanja. Semakin spesifik lebih baik.

Penentuan target market akan sangat membantu untuk tujuan iklan anda, semisal ketika menggunakan Facebook Ads.

Survey pasar

Dunia selalu mengalami perubahan. Begitu juga dengan pasar yang amat cepat berganti. Pernah kita saksikan contoh trend masa kini yang sebentar-bentar berubah? Hari ini trend makan bakso, esoknya mungkin trend makan soto.
Pastikan produk yang akan anda iklanya pasarnya sedang bagus atau sedang banyak dicari saat ini, cara termudah ialah dengan melihat apa yang dijual oleh pesaing yang sudah sukses. Mereka yang berpengalaman dalam riset produk pasti telah menimbang produk apa yang bakal meledak dipasaran. Cara lain, anda bisa riset sendiri diberbagai media sosial, tools untuk riset produk, atau tanya-tanya dengan masyarakat.

Lihat profil pemilik produk(vendor/prusahaan)

Cari informasi detail tentang pemilik produk, biasanya juga ada di marketplace tempat program affiliate itu. Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan anda pada calon customer yang nantinya akan berlangganan. Pastikan ada kejelasan pemilik produk, contact person nama, alamat, dll. Produk yang baik pasti meninggalkan profil yang jelas,. Itu sebagai wujud kepercayaan kepada customer.

Jika dalam sebuah program tidak terdapat mengenai detail pemilik produk,(mandiri atau perusahaa), lebih baik jangan pilih program tersebut.

Info komisi

Hal yang paling menarik dari affiliate yaitu pembagian komisi. Bagi hasil diaffiliate biasanya cukup besar, khusus di produk digital (antara 10% – 70 %) dari harga jual produk.

Komisi adalah hal yang paling jadi pertimbangan sebelum seorang affiliate marketer memutuskan mengiklankan produk affiliate. Pilihlah komisi yang pantas(win win solution), yang sekiranya sesai dan dapat menutupi biaya iklan anda nantinya.

Persediaan tools promosi

Jangan khawatir tentang cara memasarkan produk atau layanan afiliasi. Biasanya web mercent akan menyediakan tool promosi(iklan) yang akan memudahkan anda untuk menarik hati calon customer. Tools tersebut biasnya berupa gambar, banner, model iklan, maupun berupa draft penawaran via email, dll.

Anda perlu pikir-pikir dahulu jika tidak menemukan tools promosi yang standar di web merchent tersebut. Nanti anda akan kelabakan sendiri.

Sistim pembayaran

Setiap jerih payah seorang affiliate marketer wajib dibayar, benar bukan? Nah pastikan baca baik-baik info pembayaran di web mercent tersebut. Pastikan ada kemudahan pembayaran komisi, dan anda sudah punya medianya(atm, paypal, dsb).

Jika anda menemukan berbagai persyaratan yang berat, ribet, serta panjang, ada baiknya anda pikir-pikir dahulu sebelum memutuskan akan megiklankan produk atau layanan tersebut.

Itulah sekelumit ritual penting para internet marketer sebelum ia menentukan produk yang akan dipasarkan, yang mudah-mudahan dapat membantu anda untuk memaksimalkan pendapatan dari bisnis affiliate.

Komentar, kritik dan saran bisa anda layangkan di kolom komentar bawah. Untuk mendapat info menarik dan ter-update lainya seputar dunia bisnis online, sillahkan join grup facebook disini!


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑