Tokoh

Published on September 24th, 2017 | by Ibnu

Richard Branson : Cara Mudah Wujudkan Ide Bisnis

Ide bisnis bisa datang kapan saja, tak peduli apa dan kegiatan kita, ide bisa saja saja hadir begitu saja. Alangkah bahagianya kita jika berhasil menemuan ide yang hebat, ide yang mungkin belum pernah ada sebelumnya. Dari sekelumit ide bisnis hebat yang muncul tersebut, sering tidak dapat direalisasikan dengan baik. pemikiran tersebut hanya menjadi catatan usang dalam jurnal harian tanpa ada pergerakan lebih lanjut.

Apa sebab dari kita sering tidak dapat merealisasikan sebuah ide bisnis? Menjadikanya sebuah hal yang nyata dan benar adanya.

Adalah Richard Branson, dikenal sebagai seseorang yang jenius dalam bisang bisnis, dengan diberi julukan “mesin pencetak uang”. Gagasan yang dikemukakanya tidak hanya buaian kosong, namun merupakan omongan yang berisi, dari pemikiran hebat.

Dihadapan Richard, senyeleneh apa pun sebuah ide bisnis, pasti dapat berpeluang menghasilkan uang jutaan dolar, bahkan lebih. Sebaliknya, ide bisnis yang dianggap paling mumpuni terkadang sering gulung tikar: Ditangan orang lain.

Pria asal  Blackheath, London kelahiran 18 juli 1950 ini sudah dinilai oleh banyak orang bahwa dia telah  sukses berbisnis di dunia perusahaan rekaman. Namun bapak dua anak ini tak ingin berhenti sampai disitu saja. Ia selalu bermimpi perusahaanya(Virgin Group) bisa menguasai berbagai bidang bisnis strategis lainya.

Sebenarnya ide dari mantan suami dari Cristian Tomassi ini tak begitu fantastis, dan “wah!”, juga tak sekonyol Gary Dahl dengan batu piaraanya(pet Rock). Branson hanya berpikir untuk membuat unit usaha dibawah naungan Virgin Group-nya. Dan itu berhasil. Kini, ada 350  lebih perusahaan dari berbagai bidang berada dibawah Virgin Group.

Itu dia sedikit tentang Richard Branson yang perlu sahabat kenali. Berikutnya izinkan saya memberikan sebuah saran atau petuah sederhana dari seorang Branson, mengenai “bagaimana cara mudah merealisasikan ide bisnis” tanpa odal uang yang pas. Berusaha menyempurnakan tekad, dalam rangka membentuk konsep bisnis yang baik, sehingga seketika kita telah memiliki konsep atau ide yang matang, sesegera mungkin kita bisa action untuk mewujudkanya.

Ada lima langkah sederhana mengenai cara realisasi ide bisnis Oleh Richard Branson

Menghidari kekusutan

Bukanya berpikir solusi, malah sibuk berpikir segala kerumitan yang ada. Terkadang pelaku bisnis memiliki sebuah ide, namun gagal berjalan sebab ide tersebut berhadapan dengan sekelumit permasalahan atau kerumitan yang ada. semisal kepentok modal usaha. dan pemikiran ada uang ada pilihan.

Richard menyarankan setiap pengusaha pemula, (newbie) agar menghindari segala kerumitan yang ada. Maksudnya gagasan yang dihasilkan harus sesuai dengan kekuatan modal(ide, tenaga, relasi) yang dimiliki, serta regulasi dari pemegang otoritas area bisnis tersebut. Hal ini amat penting untuk menyakinkan calon insvestor yang ingin digaet.

Ide adalah hal yang logis dan sederhana bagi si pemilik modal, jadi pandangan mereka tentang bisnis yang akan dijalankan nantinya akan terealisasi dan memiliki peluang pasar yang besar.

Menjadikan segalanya jelas

Membuat yakin hati para investor agar tertarik dengan ide kita, memang bukan perkara gampang. Branson selalu berjuang untuk membuat idenya sejelas mungkin, dan siap untuk dilakukan.

dikatakan Jelas disini, berarti terukur dari mata pasar dan masuk akal bila terjadi. Sistim yang akan dibangun, hingga produk apa nantinya. Biasanya, ide yang muncul melalui sebuah inovasi baru, sering membuat para pemilik modal menyerahkan uangnya.

Kelebihan yang beda

Menjadi beda. Ini merupakan tahapan yang wajib bagi Richard. Sebuah keunikan yang berbeda dari sebuah produk atau layanan yang akan bersaing dipasaran nantinya. Keunikan ini harus bisa ditemukan diawal. Hal demikian, menyebabkan para pesaing nantinya akan kebingungan, dan yang pasti produk atau layanan yang unik bakal meledak dimana pun memasarkanya.

Dinamis(fleksibel)

Dunia bisnis merupakan dunia yang dinamis, bergerak, bukan dunia yang pasif atau diam. Ide yaag sahabat miliki harus benar-benar fleksibel. Terlebih  dalam menghadapi perubahan dunia yang kian cepat. Salah satu contohnya di bidang teknologi, dan informasi.

Menunjukan kemampuan

Menunjukan sesuatu yang menjadi milik diri kita berupa sebuah kemampuan terbaik . Hal ini, menampakan keteguhan dan ketangguhan hati para pembisnis. Bagaimana cara dia menyembunyikan segala macam hal, yang belum ia miliki(modal, jaringan, dll).

Richard juga berpandangan bahwa, cara paling efektif untuk meyakinkan setiap orang mengenai hebatnya ide bisnis anda ialah dengan menunjukan energi murni yang terdapat didalamnya.

“Orang pintar adalah orang yang mampu belajar dari pengalaman diri sendiri. Orang cerdas, ialah orang yang mampu belajar dari pengalaman oran lain, dan orang yang bijak, adalah orang yang dapat menggabungkan pengalaman, dan mendengarkan nasehat dari orang lain…”

Semoga artikel diatas dapat membuat diri anda menjadi lebih baik, dan selalu memotivasi untuk menciptakan ide dan gagasan super yang bermanfaat bagi banyak orang. Jika bermanfaat, Jangan segan untuk membagikanya kepada sahabat sahabat dimana pun berada.

Komentar  terbaik anda, saya tunggu dikolom bawah. Silahkan anda join ke grup facebook untuk mendapat informasi menarik serta update mengenai bisnis online kekinian disini! Terimakasih.

Baca juga==>Bisnis Online, Bisnis Mudah, dan Menjanjikan.

Jangan lupa share ya…

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑