Tokoh

Published on Desember 6th, 2017 | by Ibnu

Kisah Inspiratif Rahasia Zhang Yin Jadi Milyarder Dari Sampah Kertas

Zang Yin masih bisa membuktikan, bahwa barang bekas yang sudah tidak terpakai, masih bisa dimanfaatkan, bahkan bisa menghasilkan dolar ke kantong. Seperti apa Rahasia Zhang Yin, dalam usahanya mengolah sampah?

Kaya dari limbah sampah kertas? Apa bisa?

Masyarakat China soal kreativitas memang tak ada habisnya. Sudah banyak pembisnis sukses berasal dari negeri panda tersebut. Jack Ma dengan Alibaba groupnya, Lei Jufang dengan obatnya, dll. Seperti wanita ini juga, diumurnya yang tidak lagi muda, ia masih saja terus berkarya, dan tentu untuk bermanfaat bagi sesama.

Apa yang sahabat pikirkan dari sampah?

Sampah itu kotor, sisa, buangan, mengundang bau tak sedap, dan segelintir kata-kata negatif lainya. namun tahukah sahabat bahwa sampah tidak boleh dipandang sampah seperti itu. seperti zang yin yang emmiliki pandangan bahwa sampah adalah sahabat, yang rahasia zang yin tersendiri nanti akan kita bahas bersama.

Slogan di Indonesia terhadap sampah masih begini, “Buanglah sampah pada tempatnya.”, atau, “Trimakasih sudah membuang sampah pada tempatnya.”

Sudah benarkah dua contoh slogan terhadap sampah seperti itu?

Saya kira belum terlalu baik, kenapa? Karena dengan memakai slogan seperti itu saja, negara kita masih mengalami masalah yang diakibatkan oleh sampah. Sampah menumpuk dimana-mana, bahkan mampu membikin bencana. Yaa itu tadi, selain dikarenakan kebiasaan masyarakat yang kurang baik dalam mengolah sampah, ditambah kurangnya edukasi (action lebih) pemerintah mengenai pemanfaatan sampah.

Kenapa sloganya tidak kita ganti seperti ini, “Sampah, jangan dibuang…”, atau, “Sampah, ayo dimanfaatkan!” dan slogan positif lainnya. Intinya mengedukasi masyarakat bahwa sampah itu bukan sekadar sampah yang tidak memiliki nilai manfaat apa-apa, melainkan sampah adalah emas, sesuatu yang bisa menjadi memiliki arti lebih, dan mampu menghasilkan manfaat.

Dengan menanamkan mental seperti itu terhadap masyarakat kita, perlahan-lahan pasti permasalahan sampah di negeri ini dapat berkurang. insyaAllah… saya yakin itu! *pilih nomor satu!

Lah.. lah… Kok jadi mbahas negara? Maaf maaf. Kita kembali saja…  

China. sudah kita ketahui bersama bahwa negara ini ialah negara dengan kependudukan amsyaakta terpadat didunia. Sampai-sampai disana itu jumlah kelahiran dibatasi. Dan dari jumlah penduduk yang banyak tersebut, tadak heran China juga terkenal dengan negara yang memiliki permasalahan terbesar akibat sampah. Sama seperti kita.

Zhang Yin. Pendiri Nine Dragons Paper Holding

Seperti yang saya bilang tadi, bahwa dia adalah sesosok makhluk yang mampu menyulap limbah sampah kertas, menjadi uang. Seperti apa rahasia Zang Yin tersebut?

Wanita itu di juluki, “Si ratu sampah” begitulah dunia memandangya. Meski diberi julukan kotor seperti itu, dirinya tidak pernah sama sekali marah-marah, justru ia malah bersyukur atas pemberian julukan “Si ratu sampah” tersebut.

Sebelum membongkar rahasia Zang Yin menghasilkan jutaan dolar dari limbah sampah kertas, mari saya ajak dahulu untuk mengenalnya dari dalam.

Sejarah singkat Yin

Yin tidak bisa memilih lahir dalam keluarga militer, sebuah takdir yang memaksanya untuk berpikir, dan bersikap keras untuk memperjuangkan sesuatu. Memperjuangkan hidup. Yin muda, dibuat berpikir lebih keras lagi setelah ayahnya masuk bui, pada saat pristiwa Revolusi Kebudayaan Cina tahun 1966.

Tahun 1980-an. Yin berpindah ke Shenzen, sebuah kota dekat pesisir selatan Cina, yang juga dikenal juga sebagai, “Zona kapitalis” khas Cina. Nah, dari sini ia mulai mengenal kertas, ia berkenalan ketika bekerja disalah satu pabrik yang memproduksi kertas di negerti tirai bambu tersebut.

Dari beberapa tahun ia bekerja diperusahaan kertas kota Shenzen, ia merasa memiliki bekal ilmu seputar kertas, ia pun memutuskan untuk hijrah ke Hong Kong, untuk membikin usaha kertas bekas. Sayang, usahanya itu minim perkembangan, dan membuatnya ingin pergi jauh, ingin hijrah. Ia hijrah di suatu tempat, tak tanggung-tanggung, ia pergi ke negeri Paman Sam, Amerika.

Makin panas aksinya

Di negeri adidaya tersebut, ia menemukan Liu Ming Chung, yang tak lain suaminya sendiri. Seorang dokter gigi berkebangsaan Taiwan. Dengan suaminya ia juga mendirikan sebuah perusahaan khusus menjual barang daur ulang sampah kertas. Ia lebih gesit dan lebih bersemangat, pokoknya seluruh perusahaan apapun yang ada disana, dipersilakan untuk mengirimkan limbah kertasnya ke Yin. Alhasil, ia dapat merajai bisnis bidang sampah kertas.

Dari penguasaanya terhadap bahan baku, ia lantas kembali ke Cina, tentu untuk mendirikan Nine Dragon disana, perusahaan yang secara cepatmerajai pasaar, memiliki esbelas cabang, dengan karyawan lebih dari 5.400 pekerja. Denga perhitungan laba sekitar lebih dari 175 juta dolar AS.

Mengapa ia tetap emmertahankan ide sampah kertasnya? Satu hal yang perlu sahabat tahu, bahwa Yin yang terkenal nekad itu telah mendapat inspirasi dari sebuah kata-kata/quoets hebat mengenai sampah dari kolega bisnisnya, yang bertuliskan, “Sampah kertas itu bagaikan hutan. Sebab kertas dapat di daur ulang dari generasi ke generasi lainya…”

Untuk apa limbah kertas tersebut?

Perusahaanya tersebut mendaur ulang sampah menjadi corrugated cardboard, semacam apa ya? triplek tipis-tipis gitu lah… Lalu, kertas itu dibuat untuk bahan kotak kemasan produk. Seperti produk maian, elektronik, furnitur buatan cina, dll.

Hari ini ia dinaggap telah sukses. Tahun 2007 saja, nilai saham Nine Dragons yang ia miliki mencapai 72 persen. Wajar, total kekayaanya diperkirakan tembus 10 miliar dolar AS.

Salah satu hal yang membuatnya besar ialah ia di cintai oleh karyawanya. Bahakan ada mitra bisnisnya yang berujar, “Kalau ada karyawan yang minta naik gaji, Yin pasti mengabulkanya, asal masuk akal.” Katanya mengenang, “Tapi, jika ada karyawan yang membikin kesalahan, dia juga akan menggembleng keras.” tambahnya lagi.

Yin mengajarkan bahwa pentingya menunjukan kejelasan terhadap karyawannya. Paham waktunya memberi penghargaan (reward), dan juga memberikan  peringatan (punishment.)

“Citra peduli lingkungan adalah salah satu alasan,kenapa Nine Dragond berhasil menjadi perusahaan yang meraksasa…” 

Bagaimana, menarik bukan perjalanan suksesnya?

Inilah rahasia Zang Yin. Alasan mengapa bisnis sampahnya bisa menjadikanya seorang milyader TOP. Hal ini saya dapatkan dari merenungi, mendalami, membayangkan, serta menyimak kisah dari Yin diatas. Rahasia ini juga berujung pada hikmah, yang sudah sepantasnya di dapatkan, bagi mereka yang ingin tahu, dan berusaha membaca…

Rahasia Zhang Yin :

Tidak pernah meneysali takdir

Ia sangat paham bahwa Semua yang ia terima dari adalah yang terbaik baginya. Mulai dari kehidupan keras didikan orang tuangya, sampai kehidupan kesendirianya yang ditinggalkan ayahnya di penjara, sampai harus berganti-ganti pekerjaan.

Lihatlah, dari perjalanan susahnya dahulu, semua itu untuk menyiapkan diri Yin menghadapi hari ini bukan? Jika saja ia hidup mewah dimasa mudanya, mungkin sekarang ia tidak sesukss sekarang. Saya jamin itu…

Sama halnya dengan kita. Mungkin kebanyakan dari takdir yang Allah berikan hari ini, sebagian ada kurang mengenakakan di hati.

Hijrahlah kamu, biar kaya…

Berhijrah adalah salah satu anjuran Nabi Muhammad jika ingin sukses berbisnis. Tidak heran, Yin yang juga melakukanya ammpu menuai kesuksesan dimasa depan.

Hijrah tempat adalah rahasia Zang Yin yang kedua, untuk mendulang kesuksesan dari bisnis sampahnya.

Berhijrah atau bahasa gaulnya travellling merupakan kegiatan yang sangat-sangat bermanfaat. Salah satunya dapat menambah wawasan. Dengan hijrah di suatu tempat baru, otomatis kita akan mengenal hal-hal baru, budaya baru, tradisi baru, orang-orang baru, trend baru. dan jenis bisnis baru. Selain itu, berhijrah juga akan melatih jiwa kemandirian, yang itu akan sangat dibutuhkan dalam meraih kesuksessan kelak.

Terus berusaha, dan terus mencoba

Yin pernah gagal. Sering malah. Tapi Yin tidak pernah berhenti untuk mencoba. Yup… dengan mencoba kita akan tahu makna dari sebuah hasil.

Rahasia Zhang Yin ini mungkin perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berusaha untuk senantiasa berani menghadapi hidup, terus berusaha, dan terus mencoba.

Kedekatan dengan tim

Dalam perusahaan, tim atau pegawai merupakan perangkat terpenting untuk menunjang kesuksesan perusahaan. Jika diibaratkan anatomi tubuh, tim ini diibaratkan tangan dan kaki. Sedang atasan, mungkin diibaraktan dengan kepala. Semua saking bersinergi untuk menciptakan harmonisasi bisnis.

Yang Yin contohkan di atas, ia ramah dan tidak pelit untuk memberikan gaji tambahan, atau bonus kepada karyawan yang berprestasi. Ia juga mencintai karyawanya, dengan senantiasa menegurnya jika berbuat kesalahan.

“Perusahaan saja belum punya, karyawan (tim) apalagi?”

Hey… orang-orang disekitar kita hari ini, itulah tim kita. Keluarga, teman, pasangan, masyarakat, bahkan pasangan sekalipun. Itu adalah tim kita yang siap membantu…

Kira-kira rahasia apa lagi? lainya bisa sahabat tambahkan di kolom komentar…

Yuk gabung ke grup facebook saya… disana sahabat akan emndapatkan informasi menarik seputar dunia internet marketing, blogging, dan juga ilmu kepenulisan. Klik disini!

Kalau bermanfaat, jangan lupa share yaa…

Baca juga=> 7 Teori Sederhana Cara Mudah Mewujudkan Bisnis Sesegera Mungkin


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑