Bisnis Online

Published on Februari 7th, 2018 | by Ibnu

4 Tipe-Tipe Produk Yang Cepat Laku di Pasaran Online Tahun Ini [Curi!]

Apa saja sih tipe-tipe produk  cepat laku di pasaran dengan sistim jualan online?

Sebuah pertanyaan bagus, dan memang pantas di pertanyakan. Beberapa pemain bisnis online pemula, masih kebingungan membahas seputar produk bisnis. Ya dari dulu gitu-gitu saja masalahnya. Ya, memang, menentukkan produk itu susah-susah sulit. Tapi kita juga tidak boleh sembarangan menentukannya.

Produk adalah hal wajib

Produk adalah sesuatu barang atau sebuah materi yang memiliki nilai-nilai tertentu terhadap sesuatu, yang di tujuankan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Memiliki produk dalam jualan oline hukumnya wajib, ya, mana ada jualan tanpa produk, itu omong kosong. kalau pun ada bukan produk sendiri, tapi produk dari orang lain yang kita jualkan.

Kawan-kawan SMA saya dulu, saat ini banyak sekali yang menjajal dunia bisnis online, tidak pria tidak wanita. Tapi saya perhatikan dari apa yang mereka jual secara online, produk maksudnya, itu kurang sesuai saja dengan karakter pasarnya, jadi ketika mereka iklan nih, nyaris tidak ada sama sekali manusia yang menanggapinya. Bisnis pun hanya sekadar menggaya.

“Eh, aku lagi bisnis loh Ib!” kata mereka bangga.

“Wah, keren… Laku nggak? rame nggak jualanmu?”

“Enggak sih, eh, belum rame tepatnya.”

Pernah merasakan hal yang sama dengan kawan saya tersebut? kalau pernah ya lebih bagus, soalnya ada pengalaman langsung seputar salah milih produk, itu baik, sebagai petanda kala lain hari, lain kesempatan bisa lebih hati-hati lagi untuk memilih. Tapi jangan beranggapan dari pengalaman pahit itu jadi lepas tangan tak mau lagi berbisnis, itu yang kurang bener…

Nah, sekarang bagaimana cara menentukan laku tidaknya sebuah produk di  pasaran?

Pertama mau tak mau kita harus belajar, usaha agar tahu. Mntah itu melalui membaca, bertanya, melihat, berpikir, merefleksikan sesuatu, meneliti, dan yang lainya. Jadi langkah sahabat untuk berada disini, sampai mau membaca ke titik ini, itu sudah baik, ada dorongan untuk memperkaya diri akan ilmu. Hebat kalian!

Bissmillah, kita lekasi… kita mulai belajar barengnya!

Produk ya seperti tadi, intinya sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Para ahli sudah menafsirkan, atau membagi kebutuhan utama manusia itu ada tiga, kalian pasti sudah sering mendapatkanya dalam pelajaran ips, atau ekonomi. Apa itu?

Yaitu kebutuhan primer (utama), sekunder (sedang), dan tersier (mewah). Saya rasa semua sudah paham, sudah tamat bab ini. Jadi tak perlu saya jelaskan lagi, primer itu maksudnya apa, tersier itu seperti apa.

Berdasarkan kebutuhan tersebut kita sudah bisa merumuskan produk yang laku di pasaran. Selama produk itu dirasa akan memenuhi dari ke tiga jenis kebutuhan manusia tersebut, di pastikan bakal laku dipasan. Ini kunci dasarnya yang harus sahabat ambil pegang, dan maknai. Saya ulangi, jadi, Selama sebuah produk tersebut masih bisa memenuhi  ketiga jenis kebutuhan manusia dalam hidupnya tersebut, sealam itu juga produk tersebut bisa laku dijual. Paham paham?

Dari sedikit pengertian di atas, semoga sahabat tidak lagi asal dalam memilih produk yang akan di jual secara online.

Masalahnya kini bukan ada di produknya, ingat, bukan ada di produknya. Lalu apa?

Melainkan ada pada peran media zaman serta implikasinya terhadap perubahan pola masyarakat memandang sebuah barang atau produk. Wahhh, kok tumben bahasaku keren ya? he he he…

Produk selesai, karena bukan di situ masalahnya, melainkan terletak pada pola kebiasaan masyarakat yang sentiasa berubah-ubah, seiring perkembangan zaman. Kalian tahu kan, seberapa besar iinternet mengubah diri pribadi kalian masing-masing? Ya, seperti itu lah contoh gampangnya. Teknologi sudah merubah kebiasaan masyarakat, lebih-lebih dalam pandangannya terhadap sesuatu obyek.

Dari kondisi tersebut, maka kita para penjual online bisa merumuskan sebuah tipe-tipe produk yang bakal laku jika dijual secara online, tentu dengna kemudahan dan kecepatanya. Hal ini juga disusun berdasar kajian kecil-kecilan saya melihat pola konsumsi pada masyarakat, dan survey di marketplace online Indonesia. Kira-kira tipe produk apa saja sih yang siap meledak di pasaran?

Tipe produk cepat laku di pasaran

Fungsional terapan

Tipe produk cepat laku di pasaran dan dijual online adalah produk yang berhubungan atau di ciptakan untuk memenuih kebutuhan fungsi masyarakat.

Produk tipe ini rata-rata masih menlingkupi pemenuh kebutuhan primer maupun sekunder. Ya kita tahu lah apa benda-benda yang memiliki fungsi tertentu untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Ada hlo … Barang yang kalau dilihat dari disainnya sangat-sangat tidak menarik, biasa-biasa saja. Tapi dibalik penampakan sederhana itu memiliki fungsi yang sangat berguna, dan laku di jual online.

Meja, perabot rumah contohnya, kini produk fungsional seperti sangat laku dijual secara online. Apa sajalah, penting ada kemudahan fungsional, jual itu!

Produk Emosional atau perasaan

Tipe kedua ialah, produk berbau emosi, perasaan serta ketertarikan manusia terhadap sesuatu. Semua orang membutuhkan sebuah produk emosional, nyasarnya sih ke perasaan, biar ada rasa sesuatu gimana gitu ketika memakainya.

Contoh menjual produk jasa foto dengan artis, seperti yang pernah di lakukan oleh blogger terkenal Agus Mulyadi. Bisa juga. Menjual action figure, dan banyak contoh lainya.

Produk Passion

Tipe produk cepat laku di pasaran dan dijual online ialah produk passion. Semua orang diciptakan dengan sesuatu yang berbeda bukan, termasuk dalam hal hobi. Ada orang yang suka olahraga, melukis, menari, memancing, bermusik, dan sebagainya. Dan berdasarkan kajian kecil-kecilan saya, produk menyangkut passion pasarnya masih nomor satu.

Mudah untuk menemukan hal ini, tinggal cari saja, passion apa yagn ingin di target, lalu cari barang, dan jual. Lebih keren lagi, sahabat juga menyukai passion yang sama.

Produk campuran (gabungan)

Tipe produk cepat laku di pasaran dan dijual online berikutnya ialah produk campuran dari ketiga point yang saya jelaskan di atas tadi. Kan banyak saat ini produk aneh-aneh, yang coba memadukan ketiga tipe sekaligus, harapanya ya ingin kebanjiran pembeli.

Contoh, sebuah gelas yang berbentuk kamera, lalu ada gambar artisnya, atau sesuatu yang unik. Gelas untuk minum, kamera untuk hobi, gambar atau warna untuk emosi. Keren kan.

Kalau mau mencari, saat ini banyak sekali produk unik seperti ini tersebar di pasaran. saya jamin, kalau mau mencari, riset, pasti ketemu juga.

Bagaimana? Sudah pahamkan bagaimana tipe-tipe produk yang laku di jual secara online?

Iya, jadi ada empat tipe: fungsional, emosional, passional, dan campuran atau gabungan dari ketiganya.

Baik, sampai disini dulu belajar bersama kita kali, ini semoga sahabat bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dalam bisnisnya masing-masing. Aamiin.

Oh, ya. Jangan lupa  untuk men-share artikel ini, supaya lebih banyak lagi yang tahu akan hal ini!

Yuk kawan, sekalian gabung ke grup facebook saya. Disana ada banyak sekali informasi bisnis online, blogging, serta kepenulisan yang menarik.

>>Klik disini<<

Baca juga :5 Langkah Mudah Bagaimana Cara Menyusun Rencana Bisnis


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑