Writing

Published on November 9th, 2017 | by Ibnu

5 Langkah Singkat Menulis Efektif Untuk Pemula [Terbaru]

Menulis merupakan aktivitas yang menakjubkan. Selain sebagai sarana aktualisasi diri, Menulis juga merupakan tempat penuangan ide dan gagasan dalam hati maupun pikiran.

Ditambah menulis merupakan metode peneransferan ilmu pengetahuan kepada orang lain agar kehidupan makin bermakna.

Seberapa baik tulisan sahabat?

Apakah hasilnya cukup efektif untuk dikerjakan dan di baca?

Kemampuan menulis yang efektif sngat diperlukan bagi siapa pun yang bergulut di bidang tulis menulis menulis.  Menulis yang baik saja tidak cukup, kita perlu mempelajarai bagaimana cara untuk menulis yang efektif.

Menulis efektif adalah menulis yang memerhatikan berbagai hal, bertujuan untuk menghemat banyak sebabb (waktu, pikiran, dll) dengan maksud menciptakan tulisan yang baik.

Jangan sampai utuk menulis satu judul tulisan saja, kita sampai menguras banayk waktu dan tenaga, namun tulisan tak pernah selesai. Nah disini saya hadir untuk membantu shabat yang memiliki masalah dalam menulis.

Efektif berarti cepat?

Ya, tentu…

Setiap orang memiliki rekor masing-masing mengenai kecepatan dan keefektifitas menulisnya. Saya pribadi untuk mengerjakan tulisan 1000 karakter perlu waktu kurang lebih setengah 20 menit, kotor, belum editan.

Diluaran sana pasti ada orang yang lebih cepat dari saya, mungkin juga sahabat yang sedang membaca artikel saya ini. Itu semua tergantung dari pengalaman, tingkat fokus pribadi penulis, dan kedekatan dengan Tuhan.

Menulis itu butuh “Deadline.” Jadi apa gunanya kita dapat menulis dengan sempurna, namun selalu terlambat untuk menerbitkanya. Dalam dunia menulis, orang seperti ini gampang tersepak dari persaingan. Yakin…

Kenapa kemampuan menulis efektif wajib dimiliki bagi setiap penulis?

Jadi kesimpulan awalnya menulis efektif itu penting. Menjadi efektif dalam segala hal merupakan sebuah kerapian kerja yang memang menjadi tuntutan zaman digital seperti sekarang.

Pada muaranya kita disini akan belajar bagamana cara menulis yang efektif (cepat) untk menciptakan karya tulis yang prefesional layak untuk dibaca, layak untuk dikenang.

Seperti apa langkah-langkahnya? Ini dia, “Langkah Singkat Menulis Efektif Untuk Pemula

Langkah #1. Menentukan Tujuan

Mungkin kelihatanya sederhana, namun ini sangat penting dan kenapa saya tuliskan di langkah satu. Menentukan tujuan berguna sebagai pembatas kita, sehingga sebuah tulisan itu dapat terarah dengan baik.

Dengan mengetahu tujuan, kita jad tahu jenis tulisan seperti apa yang dibutuhkan untuk target pembaca.

Jika bertujuan untuk memberikan ilmu kehidupan, dan pengalaman hidup mungkin gaya cerita pendek (cerpen) amat sesuai denganya, namun jika hanya sekadar memeberberkan informasi, cukup dengan gaya kepenulisan artikel.

Langkah #2. Merumuskan Ide

Langkah kedua setelah mengetahui tujuan menulis dan untuk siapa sahabat menulis, selanjutnya adalah merumuskan sebuah ide (tema).

Ide sudah mencangkup tema, dan jenis tulisan. intinya ide bertujuan sebagai pembatas tulisan kita nantinya. Kalau temanya A ya tulisannya harus A. Oke?

Catatlah garis besar ide sahabat dalam kertas, untuk memudahkan mengingat-ingat tentunya.

Baca: Cara Mendapatkan Ide

Langkah #3. Riset Memahami Ide

Langkah selanjutnya setelah meruumuskan ide adalah riset (belajar). Sahabat wajib melakukan ini untuk menciptakan sebuah tulisan yang prefesional enak di baca.

Ilmu dengan pemahaman baik, akan melahirkan tulisan yang baik pula. Jadi penting sekali untuk memahami ilmu, sebelum mulai menulis.

Saat ini banyak sekali sumber ilmu yang bisa kita jadikan referensi belajar. Buka kembali buku koleksi dirumah sahabat, kalau kurang gunakan saja internet.

Betapa banyak ilmu yang tercecer disana, jika rajin sedikit saja tentu itu menjadi kebiasaan yang baik, untuk menciptakan tulisan yang super oke.

Silakan Cari semua materi yang perlu dibutuhkan, lalu kumpulkan dalam draft.

Langkah #3.Siapkan peralatan menulis (laptop)

“Mau menulis kok ga nyiapain alat? Mau nulis apa mau tidur ha?”

Menulis perlu media, entah berupa kertas, pena, pensil, atau lebih modern: android dan laptop.

Siapkan terlebih dahulu alaatnya, agar dalam perjalanan menulis nantinya bisa berlangsung dengan hikmat.

Jangan ragu untuk menyipakan ritual penting dan tambahan untuk menulis. Solat dulu mungkin agar pikiran tenang, olahraga kecil agar aliran darah ke orak lancar, nge-game dulu atau apalah.

Jangan ragu juga untuk menyiapkan peralatan lain penunjang seperti, kopi, teh, cemilan ringan, bahkan musik pengiring, dan sebagainya.

Langkah #4. Membuat peta konsep atau alur tulisan

Sebelum membuat alur, ada baiknya kita menentukan sudut pandang penulis dan sudut pandang pembaca di tulisan kita.

Jika novel ada sudut pandangorang ke satu, dan orang ke tiga. Jika artikel kita bisa memilih sudut pandang sebagai sahabat serba tahu (seperti ini: sahabat-sahabatan), atau sebagai rekan bisnis serba tahu dengan kalimat khas anda-andaan.

Nah setelah sudut pandang berhasil diketemukan, selanjutnya menulis peta konsep/alur tulisan.

Alur dalam tulisan berfungsi sebagai penentu naik-turunya cerita, tulisan menarik tergantung alurnya. Tergantung secerdas apa penulis membawa pembacanya untuk lebih mudah memahami isi tulisan.

Sederhananya, alur itu dimana penulis tahu kapan waktunya bercanda, tahu waktunya ­ndagel, tahu waktunya curhat, dan waktu-waktu pokok lainya.

Catatlah sebuah alur dalam draft, secara garis besar saja. Usahakan alur semenarik mungkin agar pembaca mau terus mengikuti tulisan kita dari awal hingga akhir (tamat).

Kalau saya sering membuat alur artikel dengan model ini, entah namanya apa, kalau saya boleh memberi nama, namanya adalah “alur Anu” kira-kira seperti ini;

Tema     : ANU

Alur        : Latar belakang masalah anu – pertanyaan seputar anu – pengertian anu – yang menarik dari memahami anu – manfaat mengetahu anu – cerita pribadi mengenai anu – ndagel kejadian tentang anu-solusi masalah anu-kesimpulan.

Ya itu sekadar contoh, setiap orang memiliki modelnya masing-masing. Ada yang lebih mudah memakai peta konsep bergambar dan berwarna.

Langkah #5. Mulai menulis dengan mengalir

Untuk menulis yang efektif jangan terlalu memedulikan hasil tulisan dahulu. Baik atau buruk tulisan itu urusan belakang. Terpenting tulis saja segala ide yang melesat-lesat di kepala, sesuaikan dengan sub alur yang sudah kita buat sebelumnya.

Untuk awal, tak perlu buru-buru. Menulis saja dengan senyaman-naymanya sahabat. Perlahan namun pasti.

Jika ada ide baru yang tak sengaja muncul yang sedikit keluar dari sub alur, cacat saja dahulu

Langkah #6. Editing

Langkah wajib sebelum memposting tulisan, memperlihatkanya kepada khalayak melalui berbagai media seperti blog ialah melakukan editing.

Perhatikan kembali, baca ulang mulai paragraf awal hingga akhir. Perhatikan beberapa hal: typo, kesesuaian antarakalimat, antarparagraf, kejelasan kalimat, dan sebagainya.

Lakukan perbaikan, jangan ragu untuk menghapus kalimat yang tak efektif yang kurang sesuai disana. Bolak-balik yang terbalik-balik.

Untuk menciptakan tulisan yanag prefesional, mau tak mau sahabat harus mempelajari mengenai teknik menulis yang baik. Ada beberapa teknik menulis yang mendukung sebuah tulisan menjadi efektif seperti; kalimat dengan fungsi yang jelas, penggunaan kata hubung yanag tepat, ejaan yang sempurna(EYD), kata dengan makna ganda, banyak deh pokoknya.

Terpenting lagi dalam editing ialah dengan memperhatikan sebuah logika yang terjalin dalam setiap huruf, kata, kalimat, paragraf secara menyeluruh. Tidak hanya sekadar terfokus ke Typo, dan EYD saja. Setandar-setandarnya ya sesuai dengan logika manusialah.

Catatan penting:

Buatlah judul di akhir, ketika proses editing sudah selesai. Sebelum melalui proses editing usahakan jangan merumuskan judul terlebih dahulu. Karena judul itu unik, serta intim, jadi tak boleh sembarangan.

judul memang intim, namun tak berarti untuk memikirkan di awal dan terlambat untuk menulis. Pernah tidak, gara-gara teralu sibuk memikirkan judul, tulisan pun tidak kelar-kelar?

Langkah lanjutan untuk menulis efektif

Untuk memudahkan proses menulis efektif, sahabat tiak boleh melupakan niat, dan doa.

Tenangkan diri untuk membuka cakrawala pikiran, agar semua ilmu yang telah sahabat pelajar bisa muncul kembali untuk membuatnya semakin lengkap.

Menulislah dari hati, dan Jadilah diri sendiri untuk menulis. Saya percaya bahwa tiap pribadi memiliki cara unik untuk melahirkan sebuah tulisan. Saya disini pun hanya ingin membantu sahabat menemukan gaya menulis sahabat masing-masing.

Jujurlah dalam setiap tulisan yang menganddung tinta itu, karena tulisan yang teruntai dalam kalimat tidak hanya sekadar soal ilmu pengetahuan yang maha luas, namun soal kejujuran.

Rajin-rajinlah memca banyak berbagai model bacaan, untuk menambah wawasan kita bagaimana tulisan yang baik, dan efektif. Jangan ragu untuk menamatkan kamus besar bahasa Indonesia yang berjubel itu ya…

Terakhir jangan cepat bangga dengan tulisan kita hari ini, di atas langit ada langi. Terus belajar, dan terus berbagi.

Baik, sekian artikel dari saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

Saran kritik, dan komentar, bisa sahabat tuliskan di kolom komentar bawah. Dan bagi yang ingin mendapata informasi update mengenai bisnis online, dan dunia kepenenulisan, silahkan bergabung di grup facebook saya disni!

Jangan lupa share yaa…

Baca juga=>Langkah praaktis membuat artikel viral

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑