Tips & Motivasi

Published on November 19th, 2017 | by Ibnu

5 Manfaat penting membuat jadwal yang wajib anda tahu (terbaru)

Manfaat membuat jadwal

Waktu bagi masyarakat inggris ibarat kan uang (time is money), berbeda dengan masyarakat jepang yang menilai waktu sebagai sebuah bom (time is bom). Namun tidak bagi saya, waktu lebih dari itu. Bagi saya waktu adalah sebuah pertanggung jawaban.

Waktu terus berjalan, manusia yang semakin beranjak dewasa tentu akan menemukan aktivitas yang kian memadat. Manusia yang tidak siap menata hidupnya dengan membuat jadwal, maka tanpa sadar dirinya sedang terbawa dalam arus waktu, menuju kesengsaraan di kemudian hari.

Saya pernah mendapatkan pembelajaran penting tentang waktu, bahwa orang yang akan berhasil ialah mereka yang memahami konsep dan dimensi waktu.

Manusia hidup dalam 3 dimensi waktu, maka sudah merupakan kewajiban kalau kita harus berusaha untuk memahaminya. Tiga dimensi waktu tersebut ialah: masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Masa lalu adalah masa yang suda berlalu dibelakang, masa depan adalah waktu saat ini juga, dan masa depan ialah masa yang akan terjadi nanti. Sebuah rahasia yang saling keterkaitan denan waktu sebelumnya.

Banyak loh, orang yang gagal memahami 3 konsep dimensi waktu, dan akibatnya mereka sering gagal dalam segala hal, perencanaan, cita-cita, dan lainya. Nah, maka dari itu amri kita bersama belajar untuk memahami waktu.

Ada orang yang ingin hal terbaik, keberuntungan menimpa di kehidupanya, namun yang dilakukan saat ini amat jauh berbeda dengan apa ayng diharapkanya. Ingin sukses, namun tidur-tiduran terus…

Jadi begini, apa pun pilihan yang kita lakukan hari ini, itu akan menunjukan seperti apa kita di masa depan. Dan apa yang kita pilih dimasa lalu, itu akan menentukan kita dimasa sekarang. Paham?

Baca:5 Langkah Singkat Menulis Efektif Untuk Pemula [Terbaru]

Jadi yang hari ini merasa hidupnya ada yang salah, keluar jalur cita-cita, atau kurang gimana gitu, cobalah melompat kemasa lalu, silakan cari! Adakah sebuah kesalahan ketika hendak memilih sesuatu?

Manusia diberi kehendak untuk memilih hidupnya, dan memilih takdirnya sendiri-sendiri. maka dari itu, manusia dituntut untuk selalu mencari dengan cara berusaha sekuat tenaga.

Jadi kalau diambil kesimpulan, untuk mendapatkan kehidupan yang seseorang cita-citakan dimasa depan, mau tak mau orang tersebut harus memilih, menyortir kegiatan yang sekiranya sejalan dengan cita- cita dan impian masa depan.

Jika ingin sukses finansial, maka dari sekarang sahabat harus berlajar, dan praktek berbisnis bukan malah asyik-asyikan belanja online.

Jika sahabat ingin menjadi penulis sukses, ya mulailah sekarang menulis, banyak membaca, dan kegiatan sejalan lainya. bukan malah lama-lamaan tidur.

“Orang tidur tidak pernah gagal, karena ia tak pernah mencoba…”

“hidup itu bukan sekadar pilihan, melainkan hidup itu paksaan. Paksaan untuk memilih…”

Masa lalu atau sejarah di ciptakan untuk di kenang. Kenangan itu tersendiri merupakan pembelajaran hidup yang tak ternilai harganya. Maka, alangkah baiknya kita belajar dari masa lalu sendiri-sendiri, dan membuat sejarah berbeda di hari ini. caranya satu, hanya dengan memilih pilihan terbaik hari ini untuk dilakukan.

Pada dasarnya cara memahami ketiga konsep dimensi waktu diatas ialah bagamana cara mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menata waktu lewat penjadwalan, diharapkan insyaAllah kehidupan masa depan juga lebih tertata, dan cerah.

Penjadwalan dalam hidup haruslah seimbang, jangan hanya memfokuskan di satu kegiatan saja, sedangkan yang lainya terlupakan.

manfaat membuat jadwal:

Ada beberapa jenis jadwal yang mampu mendukung diri kita untuk mewujudkan kehidupan baik nun cerah di masa depan. Salah satunya jadwal untuk ibadah, belajar, bekerja, keluarga, hobi, olahraga, hiburan, dll.

Ini adalah beberapa manfaat penulisan jadwal kegiatan untuk mengusahakan masa depan nun cerah.

Baca:6 Unsur Penting dan Wajib Sebuah Review Produk

Melatih sikap disiplin

Dengan membuat jadwal, dan mematuhinya maka tanpa sadar sahabat akan melatih diri untuk bersikap disiplin. Sikap ini merupakan sikap yang wajib dimiliki orang-orang yang sukses dimana pun kapan pun. Mustahil rasanya jika orang sukses namun mereka tidak displin terhadap dirinya sendiri.

Menjadi disiplin adalah sebauh pilihan sahabat hari ini, dengan menyusun jadwal dan mematuhinya, saya yakin, kebiasaan ini akan melekat pada diri masing-masing, yang tentu membawa manfaat untuk masa depan.

Ingat! Kehidupan makin pelik, makin susah, makin ngeri, dunia pun tidak akan melihat orang yang tidak disiplin, dunia hanya menerima orang yang siap berubah, dan disiplin.

Melatih rasa tanggung jawab

“tidak apa engkau menjadi orang yang berprilaku buruk, yang terpenting engkau berani bertanggung jawab” tukas paklek saya.

Yup. Benar. Apa yang dikatakanya itu benar. Yang penting ialah sebuah pertanggung jawaban. Kita bertanggung jawab besar terhadap pilihan kita dimasa lalu dan dimasa sekarang, apakah itu berimbas ke hal baik atau hal buruk, kita perlu berani mempertanggung jawabkanya di diri sendiri, muka umum, dan di depan Allah.

Seseorang normalnya, akan sangat menyesal jika suda memuat jadwal, namun entah terlupa tiadak melakukanya. Jika sudah menyesal, maka timbulah rasa tidak percaya terhadap diri sendiri.

Menyusun jadwal dan mematuhinya, akan melatih rasa tanggung jawab ini. dan dari hal kecil ini, diharapkan tanggung jawab yang lebih besar pada nantinya akan mampir terhadap kita, karena sudah terlatih, maka tak perlu repot-repot, melatihnya lagi.

Kehilangan waktu itu sakit loh, dan seperti yang saya bilang diawal, waktu itu bukan uang, bom, dan lainya, melainkan waktu adalah sebuah pertanggung jawaban. Sebab waktu tidak ada yang menjualnya.

Baca: 5 Langkah Cepat Bikin Headline Tulisan Tingkat Dewa

Meminimalisir waktu yang terbuang percuma

Waktu haruslah digunakan sebaik mungkin, jangan disia-siakan begitu saja dengan melakukan hal-hal bodoh yang tidak bermanfaat.

Sahabat yang tahu sendiri berapa sudah waktu yang terbuang percuma, sekadar menonton tv kah, duduk-duduk kah, menunggu kah, facebookan, dan lainya.

“Mereka yang berhasil dimasa depan ialah mereka yang dapat mengisi waktu luang dengan hal yang berpositif…” ujar Ust. Ransi dalam kajianya di masjid Al-Mutaqqun Prambanan, beberapa bulan lalu.

Kita masih muda, jangan mudah terhanyut dalam keenakan zaman hari ini yaa, tetap lakukan hal-hal positif dalam keseharian.

Dengan menjadwalkan kegiatan, ini akan berdampak positif, karena kita bisa mengukur, kira-kira kegiatan apa saja yang kesanya membuang waktu dan kurang berguna.

Hidup jadi lebih teratur

Hidup teratur bisa dimasukan dalam ketegori hidup yang seimbang. Seimbang disni ialah mengerti apa saja yang dibutuhkan tubuh dan ruh. Tahu waktunya iabadah, bekerja, belajar, olahraga, dan liburan.

Apa jadinya kalau hidup tidak seimbang? Ya jelas akan mengakibatkan ketidak ssesuaian di dalamnya, bahkan bisa berakibat fatal. Sebagai contoh, kan ada tuh, orang yang terlalu asyik bekerja, dan lupa makan, lupa olahraga, kebanyakan seperti ini berakhir di rumah sakit.

Baca: [Nasehat Jack Ma] 5 Hal Yang Membuat Manusia Lebih Dekat Pada Kekalahan

Target hidup akan lebih mudah digapai

Orang bisa karena terbiasa. Dari pola-pola sikap dan manfaat dari penjadwalan, maka akan mendukung kita untuk kehidupan yang diinginkan masing-masing orang dimasa depan.

Dengan jadwal, tujuan sahabat akan jelas. Percaya atau tidak mereka para oranag-rang sukses telah mekaukan hal seperti ini untuk masa depan mereka masing-masing. Maka tidak ada alasan untuk kita tidak mencobanya.

Godaan yang menyesatkan

Di dunia banyak sekali godaan yanng sengaja diciptakan oleh manusia itu tersendiri. Dalam memlakukan aktivitas dalam jadwal pun kita sering mendapatkan gangguan semacam ini. Pekerjaan yang seharusnya sudah selesai jadi terbengkalai.

Bagaimana cara menghindarinya?

Ada beberapa cara untuk menghindari gangguan semacam itu, salah satunya ialah dengan niat, laku  berusaha menjauhkan hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu dari sekitar kita.

Jangan lupa juga, untuk memberikan hadiah terhadap diri sendiri jika sudah melakukan penjadwalan, dan pekerjaan secara rutin. Beri penghargaan terhadapnya, mungkin dengan hiburan, tidur, facebookan, dan lainya.

Dengan memahami tiga konsep waktu yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup, ditambah dengan kemaampuan menjadwalkankan pekerjaan dengan baik, diharapakan sebuah cita-cita dan impian yang belum terjadis saat ini, dapat terjadi di kemudian hari. Dan ini merupakan cara agar hidup senantiasa bahagia saat ini, juga di masa depan kelak.

Penjadwalan itu terkesan sepele dan banyak orang melewakanya, maka sahabat harus catat kata-kata saya ini…

“jika hal kecil saja engkau lewatkan, bagaimana hal besar akan datang?”

Waktu bukanlah mainan, melainkan waktu adalah sebuah pedang, yang siap menyayat siapa saja. Hati-hati ya menggunakan waktu, karena apa? waktu adalah sebuah pertanggung jawaban.

Waktu adalah anugrah dari Allah buat hambanya, dengan waktulah kita dapat hidup, dan menghirup nikmat napas seperti hari ini.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat tarhadap rekan-rekan semua.

Kritik, saran, komentar isa sahabat tulis dikolom komentar bawah ini. jnga lupa untuk bergabung di grup facebook saya disini! Gratis info seputar bisnis online, dan lainya.

Jangan lupa share yaa…

Baca juga=>Mengikat Ilmu dengan Tulisan

 

 


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑