Blogging

Published on November 4th, 2017 | by Ibnu

19 fakta menarik mengenai manfaat memiliki blog

Dalam postingan kemarin saya menjelaskan mengenai alasan kenapa harus menulis.

Baca: Alasan kenapa anda harus menulis!

Nah, pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk mengulas manfaat memiliki blog. Kita tahu, zaman terus berubah, terutama dalam bidang teknologi informasi. Kemajuan IPTEK, sudah banyak memengaruhi makhluk bumi, memiliki manfaatan dan dampak terhadap peradaban.

Salah satu imbas positif dari kemajuan IPTEK adalah terciptanya sebuah media “blog dan website”

Mungkin ada yang bertanya, apa beda antara blog dan website? Menurut saya, keduanya cenderung sama, bila dilihat dari segi kemanfaatanya, hampir tak ada perbedaan yang menyolok. Jika ada yang berkata berbeda, mungkin melihat dari aspek formatnya saja, atau segi nama. Jadi itu hanya masalah istilah, tak perlu diperdebatkan.

Dunia blogging, ngeblog, sebenarnya tak begitu jauh terhadap dunia tulis menulis, blog hanya berupa media baru yang dapat menghubungkan dengan internet. Blog dapat berjalan, hidup, berjalan-jalan, menari-nari, dan dapat menghasilkan uang, karena konten berupa tulisan (postingan artikel, termasuk gambar dan video).

Apa saja manfaat memiliki blog, dan aktivitas blogging, atau ngeblog ini? yuk, simak ulasanya…

Ada tiga bab yang berusaha membagi kemanfaatan dari sebuah blog yaitu; (1) Ditinjau dari segi menulis; (2) ditinjau dari segi publikasi; dan (3) dari segi kepengurusan blog itu tersendiri.

I. Manfaat memiliki blog ditinjau dari segi menulis

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh manusia dengan menyusunan sebuah kata atau kalimat yang disepakati, simbol-simbol tertentu, melalui media tulis sampai membentuk makna, maupun arti tertentu. Menulis juga diartikan sebagai salah satu cara untuk menyampaikan pemikiran  melalui media tulis, memahamkan orang lain dengan media tulis.

Mengikat ilmu pengetahuan

Ali bin Abi Thalib mengatakan, ”karamallahu wajhah!“ yang artinya ikatlah ilmu dengan tulisan. Jika kita terjemahkan dalam bahasa para guru disekolah kira-kira seperti ini, “ayo anak-anak dicatat ya, biar ndak lupa!”

Saya sangat setuju dengan pendapat dari Sahabat rasulullah, sahabat Ali. Begitu cermatnya ia memperhatikan masalah keilmuan seperti ini. saya takjub!

Mungkin Ali berpikir pada zaman itu; ilmu, ide, wawasan, dan hikmah itu liar sama halnya seperti hewan buas di hutan belantara, dan untuk menundukkanya ilmu perlu diikat dengan tulisan, dengan ­ngeblog.

Dengan menulis di media blog, sama saja kita sedang berupaya mengikat ilmu, pengetahuan, dan memori.semua ini tentu memiliki tujuan yaitu; agar hidup menjadi bermakna, lan barakah dengan ilmu.

Riset mengemukakan bahwa, orang yang memiliki kebiasaan menulis, ingatanya lebih tajam dibandingkan orang-orang yang tak memiliki kebiasaan menulis. So, sangat mengagumkan bukan manfaat dari kegiatan menulisitu.Tak percaya? Silahkan buktikan!

Oke, kita sudah dapat satu manfaaat memiliki blog ditinjau dari segi kepenulisan, yaitu mengikat ilmu, untuk mempertajam daya ingat.

Sarana Pembelajaran

Ngeblog sebagai sarana pembelajaran. Ketika seseorang memutuskan untuk ngeblog, maka secara sadar ia akan belajar mengenai seseuatu hal yang bersifat ilmu pengetahuan. Blog membantu manusia belajar, dan mendalami ilmu sampai ke dasar. Ilmu itu sangat luas tanpa batas. Lucu, kalau kita ngeblog namun hanya menuliskan satu jenis ilmu saja, tanpa ilmu lain yang saling melengkapi.

Masuknya ilmu dalam diri manusia melalui tiga cara: pengelihatan, pendengaran, dan olah rasa di hati, atau hikmah. Dari sana, jika kita mampu mengolah dan menuliskan kembali dalam blog, tentu akan menjadi tulisan kita sendiri, yang membuat diri diri pribadi lebih paham tentang apa yang dituliskan. Itulah manfaat memiliki blog sebagai sarana pembelajaran.

Saat SMA, ketika pelajaran mulai, guru menjelaskan. Siswa diminta untuk menulis ulang apa yang di bilafalkan guru. Teman-teman saya sisi timur, mencata setiap kalimat yang mereka dengar, sisi barat, mencatat hanya bagian-bagian penting saja. Saya pun mencatat, tentu dengan versi saya sendiri. Intinya menulis dengan cara sendiri untuk pemahaman pribadi.

Baca: Trik Pribadi: cara memahami sesuatu hal dengan mudah

Dari pengalaman saya tersebut dapat diambil kesimpulan, cara merupakan sebuah usaha, usaha untuk menjadi paham. Menggoreskan tinta terhadap kertas untuk ilmu adalah salah satu cara pemahaman terbaik. Dan ngeblog adalah cara terbaik abad ini untuk meningkatkan pemahaman terhadap pengetahuan.

Melatih Keberanian Berbicara

Semua orang memiliki sebuah ide, namun tak semua orang berani mengemukakan di muka orang banyak. Memang, sulit untuk sekadar bercerita maupun menjabarkan sebuah ide di benak. Terlebih orang yang belum terbiasa berbicara di depan umum.

Zaman now, kita harus berani tampil di muka umum, bercerita tentang visi dan misi. Kalau tidak bicara, bagaimana orang lain tahu apa isi hati kita? Niatan baikmu untuk umat, bagaimana orang bisa tahu?

Ingat memendam perasaan itu tidak baik, memendam ide pun sama. Bagaimana mau jadi orang sukses kalau berbicara tentang cita-cita harapan kepada orang lain saja enggan?

Pepatah bertutur, “Diam itu emas”. Oke, itu baik asal pada tempatnya. Tapi saya ingin mnembahkan, ”Diam itu emas, namun berbicara itu berlian” Boleh kan?

Tapi tidak perlu khawatir, ada jalan keluar dari setiap permasalahan. Manfaatkan saja blog untuk ini. memiliki blog terbukti bermanfaat untuk melatih keberanian berbicara.

Ketika lisan enggan menggema, kenapa tulisan dibiarkan diam? Biarkan kata, dan kalimat dari dalam tulisan yang berbicara. Kita tak perlu malu, juga tak perlu tampil di depan. Harapanya, lama-kelamaan akan melatih diri untuk berani mengemukaan ide di depan muka banyak orang.

Menstabilkan emosi

Apa pun segala emosi yang berlebihan seperti; stress, marah, dongkol, susah, galau, dan lain-lainya. Kenapa tidak dimanfaatkan saja? Hey, orang lain di luar sana membutuhkan cerita kisah pahit seperti itu.

Dengan ngeblog, menulis menjadikan emosi-emosi itu tidak terbuang percuma, ya sederhananya inilah mengapa basnyak ciwi-ciwi ­yang hobi nulis diary. mereka akan merasa tenang, seakan sudah bercerita terhadap tulisan. Menulis akan meredakan kesusahan dalam dada.

Lebih powerful lagi, kisah-kisah tersebut dijadikan buku. Banyak kok blogger yang sekadar bercerita kisah kesehariannya di blog, lalu membuat buku dari kisahnya. Seperti penulis, artis, komika, dan sutradara. Raditya Dika.

Nah itu tadi manfaat memiliki blog ditinjau dari segi kepenulisan. Selanjutnya, mari kita mengerucutkan pembahasan ke bab berikutnya.

II. Manfaat memiliki blog ditinjau dari segi publikasi

Aspek Investasi kehidupan

Jangan salah, investasi itu tidak hanya berbentuk dengan uang, ada banyak sekali bentuk investasi yang bisa sahabat jalankan. Tujuan dari investasi tak lain untuk menciptakan sesuatu yanag bermanfaat di masa yang akan datang, dengan pengorbanan hari ini. saya membagi sebuah macam investasi menjadi 4, yaitu; harta, ilmu, sosial, dan akhirat. mari kita bahas satu per satu;

Investasi Ilmu

Ilmu hakikatnya sama dengan harta, bagi yang beragama Islam tentu sudah paham mengenai konsep harata yanag disedekahkan. Tak hanya islam sih, agama yang lain juga mengajarkan hal yang sama. Memberi maka engkau akan menerima.

Semakin sahabat banyak menulis di blog, dan membagikanya, semakin banyak pula orang yang melihat konten blog kita, untung-untung mereka mau baca. Dari sana ada proses peneransferan ilmu pengetahuan.

Coba perhatikan, pembicara-pembicara, ustad-ustad, dan tokoh agama yang senang berbagi ilmu, kenapa ilmunya tak habis-habis? Malh terlihat semakin banyak saja kan. Inilah konsep hukum alam, siapa yang memberi ia akan menerima.

Investasi Harta

Memiliki blog tidak mudah, setiap hari sahabat harus rajin mengisinya dengan artikel yang bermanfaa. Tentu itu semua akan menguras waktu, tenaga yang tak sedikit. Memang melelahkan, namun jangan khawatir, itu semua akan indah pada waktunya.

“Menghasilkan uang dari blog? Mungkinkah?”

Oh, ya mungkin. Sangat mungkin. Saat ini banyak sekali tuturial di internet yang mengajarkan bagaimana membikin blog dari nol sampai menghasilkan uang. Semua itu menandakan betapa blog sangat powerful untuk menciptakan uang.

Baca : cara cepat menelurkan uang bermodalkan blog

Investasi Sosial

Blog juga merupakan sarana untuk berkomunikasi. Membangun jejaring sosial antara para blogger maupun dengan para pembaca. Dari sana memungkinkan untuk membangun relasi terhadap rekan blogger, kerja sama usaha, bertukar ilmu, dan bisa juga untuk mencari jodoh. Ngerii… 😀

Siapa tahu, ketika relasai berjalan baik, semakin luas, teman bertambah banyak kita bisa menjual produk kita terhadapa mereka(jika punya). dan dari mejaring silaturahim antara blogger, sahabat bisa juga kebagian job, jika orang lain membutuhkan jasa kita. Banyaklah manfaatnya. Salah satu dari pintu rezeki adalah silaturahim, kata Rasul.

Baca: Manfaat dan cara membangun relasi, komunikasi sesama blogger
Baca: Cara rayu pembaca dengan konten nun asik

Investasi Akhirat

Investasi akhiratlah yang paling penting, maka sengaja saya letakan diakhir. Bukan diawal.  Orang yang beriman paham, bahwa dunia ini hanyalah sementara, dunia hanya tembat bernaung sesaat, urip gur mampir ngombe (hidup hanya singgah minum).

Segala sesuatu yang kita perbuat di dunia akan mendapat balasan nantinya diakhirat, maka pergunakanlah masa hidup yang sebentar ini untuk berbagi manfaat kepada sesama sesuai telenta yang di miliki. Kalau bisa ngeblog, ya ayo ngeblog. Kalau bisanya nulis, ya ayo nulis. Hidup harus berarti geng!

Baca: Surga dari ngeblog? Boleh juga tuh…

Blog sebagai cerminan diri

Menulis lalu memposting artikel dalam sebuah blog, tentu akan dibaca orang banyak. itu tak bisa dielakkan. Wajib hukumnya!

Terkadanag seorang bloger menulis hal diluar batasnya, copy-paste, dan otak atik sedikit sudah jadi artikel baru. Tanpa memahami keseluruhan isi, itu wajar saja. Tapi jangan lihat anunya, lihat lah maknanya. Jika ia menulis hal yang ia belum paham, artinya ada rasa malu jika ada ang bertanya namun ia tak bisa jawab. Maka ia kan berusaha untuk cepat memahaminya.

menulis adalah sebuah usaha untuk mengetahu batas diri, dan berusaha untuk melewatinya.

Melatih Berpikir kritis, dan mau menerima pendapat

Tak semua yang kita tulis akan disukai semua orang, pasti ada saja yang mengatai tulisan jelek, atau semacamnya. Menyatakan rasa kecewa, kadang mengalami hujatan pula.

Jangan cemas, itu biasa. Anggap saja sebuah tempaan untuk menjadikan diri kita lebih baik kedepanya. Mereka senanag, syukur, mereka marah-marah syukur lan sabar.

Hal demikian akan melatih cara berpikir kita, dan menguatkan hati untuk menerima perbedaan dari banyak orang. Dalam kehidupan bermasyarakat, kemampuan hati an pikiran seperti ini sangat bermanfaat.

Baca: Sabar dan Syukur, Tahapan Menuju Ikhlas

Di dunia ada banyak beragam manusia, budaya, dan sifat. Sudut pandang tiap individu pun berbeda. Nah, sebgai seorang blogger kita harus pintar memahami berbagai macam perbedaan sudut pandang tersebut. Belajar bersikap netral.

Kebanggaan terhadap diri

Bangga terhadap diri boleh-boleh saja, namun jangan terlalu berlebihan dan lupa akan jati diri sebagai hamba.

Saya riset nih ya, tidak banyak orang disekitar saya yang hobi nulis, apalagi melalui blog. Dans aya merasa gimana gitu, menjadi seorang pengurus blog sendiriandalam satu kampung.

Apalagi dari tulisan saya yaang banayak dibaca, dan yaag insyaAllah bermanfaat bagi orang lain. tentu itu kepuasan batin yang tak ternilai harganya. Diberi kemampuan menulis untuk menginspirasi dunia.

Psikologi kata, “Mereka yang bunuh diri atas permasalah pribadinya, kebanyakan dari mereka disebabkan karena tak ada sesuaatu yang bisa dibanggakan atas diri pencapaian diri. Merasa tidak berguna untuk dunia.”

Woo…. bahayakan, jika tak punya seseuatu yang bisa dibanggakan dalam diri.

Melatih Disiplin kerja

Kadang saya merasa malu kalau blog dibiarkan kosong tanpa updatetan artikel baru, gimana  ya, sudah bayar hosting dan domain kalau kosong nampaknya percuma. Rugi mbayar. Maka saya senantiasa berusaha untuk mendisiplinkan diri, agar blog ini terus menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Dan benar, ketika kita mencoba mendisiplinkan posting artikel di blog, kehidupan kita pelan-pelan lebih tertata, dan sadar bahwa waktu itu penting.

Branding otomatis

Sebenarnya tulisan dari sebuah blog, itulah menggambarkan jati diri penulisnya. Itu juga yang membuat mereeka dikenal dengan keahlianya masing-masing yang sering dibagikan dalam sebua postingan di blog.

Jika sahabat ingin menunjukan sebuah pengetahuan dan kemampuan terpendam pada orang banyak, langkah termudah adalah; mulailah ngeblog!

Kalau anda memiliki kemampuan atau pengetahuan yang ingin anda tunjukkan kepada khalayak ramai, jalan salah satunya : Ngebloglah kawan ! otomatis lama-kelamaan branding akan tercipta dengan baik.

Niscaya branding akan tercipta dengan kuat!

III. Manfaat memiliki blog ditinjau dari teknis pengurusan blog

Blog sama hanya dengan rumah yang menjadi tempat tinggal kita, jika tak sering diurus mungkin akan banyak sesampahan, debu-debu, dan juga kutu tersebar dalam ruangan. Akhirnya,pemandangan rumah jadi tak sedap dipandang mata. Blog pun juga perlu di urus. Mengurus blog dasarnya adalah serangkaian kegiatan rutin yang bertujuan untuk mengusahakan blog, agar sesuai fungsinya dengan dapat berjalan dengan baik. Ada beberapa manfaat apabila kita mengurus sebuah blog, dengan baik dan benar seperti ini:

Melek teknologi

Ini adalah manfaat pasti ketika sahabat mulai memutuskan untuk ngeblog.Disini, diri kita langsung bersentuhan dengan si teknologi internet. Maka jangan heran, para bloger biasanya keren-keren, dan paham teknologi.

Untuk membuat blog menjadi lebih menarik, ada beberapa teknologi tambahan yang perlu di pelajari. Dan mau tak sahhabat akan belajar tentang teknologi memperindah blog.

Dalam memproduksi artikel pun sama. Perlu riset kata kunci, riset ini dan itu. Dan hebatnya, hampir dari semua itu mencangkup di bidang teknologi. Inilah era digital, era teknologi informasi dan komunikasi yang hebat. Jika kita mampu memanfaatkanya dengan baik, maka perlahan namun pasti, mata kita terbuka terhadap peluang di bidang teknologi. Alias “melek teknologi”

Paham Tentang Disain Grafis

Blog yang tidak ramah dan tak sedap di tenggok, akan membuat sebaagian pengunjung tak betah dan kabur dari siitus kita. Disinilah peran dari ilmu disain grafis, dan disain blog untuk upaya mempercantik sebuah situs.

Dalam mengatur tatak letak widget, iklan-iklan, dan banner tidak boleh sembarangan, perlu perencanaan yang baik agar blog terkeesan ramah dan prefesional. Perlahan jika sahabat ngeblog, ilmu ini pun akan mendarah daging karena sudah menjadi makanan sehari-hari.

Dalam post artikel pun baiknya memerlukan sebuah gambar, kemampuan editing grafis juga sangat dibutuhkan untuk menigkatkan minat pengunjung blog. Semudah-mudahnya sahabat akan belajar aplikasi disain grafis, layaknya corel draw, maupun photoshop.

Mengetahui koding

Ngeblog tentu membutuhkan sebuah CMS. Kalau saya memakai CMS WordPress beralasan kerena simple dan plugin lengkap. Nah dari benda ini, kita akan sedikit-sedikit memahami sebuah koding, minimal kode html dasar. Hitung-hitung berenang sambil buang air. Eh, minum air. menguasai ilmu dengan sejalan waktu, tanpa biaya kursus nun mahal.

Mengerti tentang SEO

SEO (search engine optimizazion), atau optimasi dengan mesin pencari. Merupakan sebuah cara paling populer agar sebuah situs bisa muncul dihalaman depan di pencarian google. Mempelajari SEO banyak sekali manfaatnya, terutama untuk meningkatkan trafik, dan closhing produk yang dijual, jika jualan.

Minimal, sahabat tahu bagaimana memaksimalkan artikel agar masuk dalam jajaran baris depan mesin pencari google.

Baca : Tips Memaksimalkan Artikel menuju rank 1 Google

Nah, itu dia 19 manfaat memiliki blog yang mungkin sebagian sahabat belum mengetahuinya, semoga menambah wawasan, dan menggerakkan hati untuk cepat-cepat membuat blognya masing-masing.

Bagi yang ingin mendapatkan update informasi menngenai dunia internet masketing, bisa join grup facebook saya disini!

Jangan lupa share yaa…

Baca juga=>Bikin headline tulisan tingkat dewa

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑