Bisnis Online

Published on Desember 12th, 2017 | by Ibnu

7 Langkah Cepat Untuk Memulai Bisnis Online Paling Sederhana

Bisnis online kini menjadi trend, banyak orang-orang bergiat ingin cepat melakukanya, sampai berhasil meraih uang dari internet. Dari kebanyakan orang yang ingin memulai bisnis online alasanya satu, berharap mendapatkan perubahan finansial ke arah yang lebih baik. Bagaimana sih langkah memulai bisnis online?

bagaimana dengan sahabat mengetahui fakta tersebut? Apa sudah membuat rencana untuk memulai bisnis online nya? atau pikiran sahabat sudah melesat-lesat, sudah bermimpi dahulu ingin punya uang banyak, lalu bisa beli rumah , mobil, dan lain-lain?

Tidak masalah, bayangkan saja dulu sebelum memulai bisnis online. Bayangkan dengan nyata, sejelas-jelasnya impian sahabat di masa depan. Jika sahabat jadi orang sukses, maka sahabat bisa banyak membantu orang lain tidak hanya dari tenaga, mealinkan juga finansial. Saya juga mengawalinya dengan bermimpi…

Bermimpi tidak masalah, asal dengan mata terbuka serta semangat ingin mewujudkanya…

Pesan saya, mulailah dari sekrang juga, jangan mau ketinggalan dengan rekan-rekan yang sudah start lebih awal. Dunia senantiasa bergerak gaes, kita harus bisa tetap menyeimbangkan, dan mengikutinya. Bisnis offline baik, namun tidak selamanya akan berjalan baik, kita harus bisa memanfaatkan yang namanya teknologi internet.

Banyak keuntungan, jika rekan bermain bisnis online online ini. pokoknya sangat powerfull. Hal sederhana yang paling bisa kita peganng adalah dengan munculnya banyak marketplace online besar di negara kita, lihatlah iklanya mewarnai setiap layar kaca sahabat di rumah. Hal ini menandakan bisnis dibidang internet, atau online sangat menjanjikan.

Masalahnya, bagi newbie (pemula pemain online) masih banyak yang belum  tahu langkah demi langkah, step by step mengenai langkah memulai bisnis online sampai bisa menghasilkan uang. Kebanyakan mereka belum tahu apa saja sih tahapan baik proses yang harus dilalui. Nah, maka dari itu, saya akan berusaha untuk membantu rekan-rekan smeua, yang berniat ingin belajar bisnis online.

Let’s go!

Sebelum masuk ke materi, yang perlu saya tekankan diawal mengenai perkara niat. Sangat baik kalau sahabat membenerkan niat terlebih dahulu sebelum memulai bisnis online, jika niatnya semata ingin mendapatkan penghasilan besar secara cepat dengan online, maka saya sarankan jangan seperti itu, niat yang semaata-mata karena uang, akan membuat sahabat kelelahan sendiri dalam proses memulai bisnis online nantinya, saya sendiri sudah merasakanya. Bisnsis online tidak hanya soal uang, uang hanyalah bonus disini. Bagi saya…

Langkah memulai bisnis online disini ialah langkah tercepat untuk menghasilkan uang dengan menjual produk. Ingat, intinya dengan menjual produk. Masalah model bisnis yang beranekaragam itu, bisa kita bahas lain kali saja…

Perlu sahabat ketahui juga, bisnis online itu banyak jenisnya. Tidak hanya dua atau tiga saja, melainkan ada puluhan jenis bisnis berbau online. Apa saja bisnis jenis bisnis online itu? sahabat bisa membacanya di 5 model bisnis online populer untuk pemula

Cusss… Mari kita langusng mulai ke materinya, baca dengan seksama, dan jangan lupa mencatat.

Langkah-langkah memulai bisnis online:

Tentukan ide dan tema usaha

Langkah sebelum memulai bisnis online ialah menentukan tema, bahasan atau ide yang nantinya sahabat akan jalankan. Kira-kira sahabat ingin main online di bidang apa, lebih mengkrucut lebih baik. Tema jumlahnya tidak terhitung, ada banyak sekali tema yang bisa sahabat mainkan, seperti tema kesehatan, teknologi, pakaian, hiburan, berita, perkebunan, hobi, dan macam-macam lainya.

Carilah, kira-kira tema apa saja ya yang menarik, dengan peminat berjubel. Langkah termudahnya sih kalau saya, memilih ide yang sekiranya ide tersebut sudah biasa di lakukan, ide tersebut di cintai sendiri, sekiranya kita ahli di dalamnya.

Kalau hobinya bergaya saat pesta, mungkin tema fashion amat cocok dengan sahabat. Jika sahabat suka photografi, mungkin tema travelling pas buat sahabat. Kenapa saya sarankan hal ini? karena untuk awal bisnis online itu biasanya sulit, sahabat akan terpogoh-pogoh, dengan tema yang kita cintai harapanya mampu menambah semangat lebih untuk melakukanya. Itu saja…

Jangan khawatir masalah apa yang sahabat jual nantinya, saat ini produk keren itu banyak, tema A sampai Z itu ada, lengkap pokoknya. Penting ialah fokus terhadap ide tema bisnis online yang akan dimainkan.

Jika sahabat masih merasakan kesulitan untuk menentukan ide, mungkin artikel cara mudah menggali ide bisa membantu.

Melakukan riset

Langkah memulai bisnis online yang kedua ialah melakukan riset, riset, dan riset.

Riset apa saja yang perlu dilakukan?

Pertama riset ide (tema) apa tema yag kita angkat banyak orang yang mencarinya, atau tidak. Kedua, riset produk. Apakah produk dngan tema A banyak dijual atau tidak, apa banyak produsen yang menyediakanya, atau tidak. Jika banyak maka itu akan mempermudah langkah kita nantinya. Ketiga. riset pesaing. Hal ini penting, namun sering di kesampingkan oleh newbie. Biasanya tema yang bagus memang banyak pesaingnya, jika sahabt siap tempur, saya rasa tidak masalah mengambil tema dengan pesaing banyak, namun jika belum siap bersaing, pilihlah tema yang pemainya sedikit.

Jangan pernah menjual sesuatu dengan konsep online tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Tanpa riset, bisnis akan mudah surut, kuncinya online kita tidak bisa menjual barang sesuka kita, seenak-enak kita, melainkan produk yang disukai pasar.

Mengumpulkan konten

Langkah memulia bisnis online berikutnya ialah mengumpulkan bekal perang. Yup… bisnis online itu seperti perang, sahabat harus banyak berbekal, nah perbekalan disini bukan perang sungguhan dengan mengguanakan bom, dan meriam, melainkan menggunakan alat perang bisnis online.

Bekal yang wajib sahabat persiapkan adalah bekal konten. Kenapa demikian? Karena kita mainnya online, dan online itu tidak semata-mata berbisnis lalau menghasilkan uang, online seputar berbagi. Seperti saya membagikan artikel ini…

Konten banyak rupanya, seperti artikel, gambar, foto, video, audio, buku, ebook, dan lain sebagainya. Kumpulkan sebanyak banyaknya konten ini, tentu yang sesuai dengan tema bisnis sahabat.

Manfaatkan internet untuk mengoleksi konten bisnis sahabat, lebih penting lagi berlatihlah untuk bisa menciptakan konten sendiri, bagaimana pun kreatifitas nomor satu.

Menentukan gaya bermain

Gaya bermain bisnis online ada banyak sekali. Sahabat perlu fokus salah satu dahulu. Jenis bisnis online itu ada affilate, toko online, dropship reseller online, adsense, dll. Lebih jelas mengenai penjelasan tiap-tiap model bisnis, sahabat bisa membaca artikel ini, jenis jenis bisnis online

Sebenarnya intin dari kesemua itu sama, yaitu menjaul produk. Dikatakan berbeda hanya karena sistim untuk menjalankanya. Semua model bisnis baik, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sahabat tidak bisa emmpelajarinya sekaligus, fokus satu, baru ke yang lainya.

Kalau saya, dahulu megawalinya dengan bisnis affiliate. Kenapa? Karena menrut saya, inti dari setiap bisnis online lainya, sistimnya ada di affiliate, jadi seakan-akan berenang sambil buang air gitu…

Cari program kemitraan yang sesuai

Salah satu kelebihan bisnis online ialah kita bisa berjualan tanpa memiliki produk sendiri. Enak kan?

Di internet banyak sekali perusahaan yang menawarkan kerja sama kepada kita, pemain bisnis online. Mereka akan sangat senang jika kita membantu mencarikan sales. Kita pun akan mendapatkan imbalan darinya.

Jika sahabat ingin main affiliate, ada banyak marketplace kok yang menjual baproduk dengan sistim affiliate, salah satunya adalah ratakan.com. tokopedia.com juga banyak loh peminantnya, mereka menjadi dropshiper disana.

Mencari mitra hal yang perlu diperhatikan pertama kali ialah kejelasan profil prusahaan, jika jelas, maka kemungkinan perusahaan itu benar-benar baik untuk di ajak kerjasama.

Mulai blogmu

Dari sini, sahabat sudah mulai mengeluarkan kocek. Dengan membeli hosting dan domian. Hosting merupakan rumah, tempat dimana website dapat berjalan, sedang domain adalah nama dari sebuah website, (contoh: ibnublog.com).

Disini, sahabat akan membuat sebuah media untuk berjualan yang berbasis website. Website itu tersendiri bisa berbentuk blog, toko online, maupun gabungan keduanya.

Sebenarnya ada sarana gratis untuk membuat website. blogger.com, dan wordpress.com menyediakanya. Hanya saja masa kita berbisnis tidak ingin bermodal lebih dengan keuntungan lebih? Ini juga akan menambah kesan keseriusan pada pelanggan nantinya. Tidak hanya bermanfaat sebagai sarana bisnis, memulai blog juga banyak manfaat lain yang tidak pernah sahabat sangka seperti artikel ini, 19 fakta menarik mengenai manfaat memiliki blog

Mengoptimalkan website 

lakukan apa saja untuk menghidupkan websitre, mulai mendisanya dengan apik, mengisinya dengan konten yang berkualitas, serta merawatnya dengan baik.

masalah pengoptimalan website mungkin hanya terletak disemangat dan kerja keras pribadi. Disini sahabat akan dilatih untuk konsisten, dan tidak menyia-nyiakan waktu.

Website yang biasa-biasa saja, toko online disai sederhana tidak akan menarik pengunjung website kita nantinya, maka dengan perawatan yang abik entah disain maupun konten pengisinya yang berkualitas, diharapkan akan menujang konversi bisnis rekan semua.

Kontent berperan penting untuk mendatangkan trafffic, karena intinya bisnis online dengan website ialah traffic, atau pengunjung website. Konten yag karena makna mengundang banyak pembaca, dan pembaca tersebutlah yang nantinya akan membeli produk kita yang tertempel disana. mungkin artikel ini bisa membantu bagaimana membuat artikel yang baik Berikut Langkah Praktis Membuat Artikel Viral Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Mulai promosi

Wah, sudah sampai diakhir materi. Langkah kunci dalam memulai bisnis online adalah promosi, alias memberitahu kepada orang banyak, “Eh, saya lagi jualan anu loh…”

Promosi ialah melakukan seranglaian hal yang bertujuan supaya khalayak ramai, dapat mengetahui apa-apa yang sedang kita jual.

Memulai promosi merupakan langkah akhir yang menjadikan langkah awal untuk sukses di bisnis online.

Kesimpulan

Kelemahaan saat memulai pada kebanyakan newbie itu sulit fokus. Maka fokuslah. Tahan nafsu sementara sahabat untuk berganti arah mempelajar model bisnis online lainya. Walau semau bagus, dan berpeluang bisnis.

Dan ingat, motto hidup saya ini, “BERDOA, BERUSAHA, BERKARYA” insyaAllah, semua akan berjalan sesuai rencana, jika tidak ya sabar, juga tawakal…

Oke… Saya rasa penjelasan mengenai langkah-langkah memulai bisnis online diatas sudah cukup lengkap. Semoga sahabat bisa terbantu dengan atikel tersebut, dan segerauntu beraksi memulai bisnis onlinenya. Semangat!!!

Yuk, gabung ke grup facebook saya untuk emndapatkan informasi terupdate lainya mengenai internet marketing, blogging, dan writing. Sudah banyak yang gabung loh… klik disini!

Jangan lupa share yaa…

Baca juga=>Bisnis Tribes: Bagaimana Menjual Sesuatu Lebih Cepat dan Lebih banyak?


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑