Internet Merketing

Published on Desember 10th, 2017 | by Ibnu

6 Langkah Sederhana Membangun Tribes Untuk Kaya Dari Bisnis Online

Banyak orang ingin menjadi kaya dari bisnis online, ingin bisa cepat-cepat mendapatkan keuntungan berlimpah darinya. Uniknya, tidak semua dari mereka yang mengetahui cara untuk mencapai itu semua. Sahabat kenal dengan konsep tribes? sudah tahu mengenai langkah membangun tribes untuk kaya dari bisnis online?

Tahu yang menjadikan facebook besar?

Facebook adalah salah satu perusahaan yang menerapkan konsep tribes ini dalam strategi permainanya. Tribes inilah yang emmbuat mereka menjadi raksasa duni, bidang teknologi social media.

Tidak hanya facebook, banyak diluaran sana perusahaan lebih sukses menjual produknya berkat konsep tribes ini. Konsep tribes tersendiri saat ini, sudah banyak pengekornya, tak hanya perusahaan besar, melainkan pembisnis mandiri pun juga sama. Tribes adalah konsep model bisnis sederhana yang bisa menghasilkan uang yang melimpah…

kenapa saya sarankan kepada sahabat yang ingin kaya dari bisnis online, tentu dengan membuat tribes? untuk menjelaskanya, mari kita lanjutkan materinya. Cusss!

Apa itu bisnis tribes?

Bisnis Tribes ialah kegiatan berbisnis yang memanfaatkan sekumpulan orang-orang yang ada dalam sebuah wadah, dengan minat, interest, kesukaan yang sama. Saya sederhanakan lagi, tribes itu seperti komunitas. Yaa! Memanfaatkan komunitas sebagai ladang rezeki…

Orang-orang yang tergabung dalam sebuah tribes, tidak munkgin membahas sesuatu diluar bahasan, dan tema tribes tersebut. yang dibahas hanyalah informasi seputar tema saja, jika berpaling, pasti tidak jauh-jauh amat. Mereka senanga membicarakan hal yang sama, mengdengar hal sama, serta mengomentari hal sama.

Dalam tribes para pecinta kucing, apa ya pantas disisipkan informasi bidang pembangunan properti? Tidak kan…

Bicara tribes, pasti bicara komunitas. Kehidupan di dunia ini sebenarnya juga bergerak berdasarkan tribes, berdasar kumpulan-kumpulan tertentu. Pembentukan sebuah negara adalah salah satu penerapan konsep ini, namun dalam lingkup besar. lingkup kecilnya ya seperti yang saya contohkan tadi, para pecinta kucing, kambing, kopi, dll.

Nah yang ingin  besar dari tribes, yang perlu kita lakukan pertama kali ialah membuat tribes, dan menjadi pemimpin didalamnya. Sederhana sekali bukan? Hanya dua loh!

Ini merupakan konsep bisnis terkeren menurut saya pribadi. Kenapa? Karena disini penuh kejelasan, kemungkinan closong barang itu jelas, dan tampak, jadi tidak perlu ngawang. Atau melihat yang samar-samar.

Bagaimana tidak… Kita mengumpulkan mereka (anggota trebes) dalam sebuah wadah, atas dasar rasa cinta dan sayang. Zaman sekarang siapa sih yang tidak mau berkorban atas nama cinta? Iya, semua pasti mau berkorban, bahkan uang sekalipun. Tidak masalah kehilangan uang, yang terpenting cinta tersalurkan, hobi terarahkan… Hati pun senang.

Anggota tribes sudah jelas memiliki minat tertentu, mau tidak mau kalau kita mampu mengedukasi mereka dengan produk setema, kemungkinan terjadinya closing jauh-jauh lebih besar.

Sudah mengerti?

Oke jadi intinya pasar itu sudah jelas…

Ada tribesmember dengan passion sama – closing terus-terusan.

Membangun sebuah tribes itu tidak mudah. Perlu usaha lebih, perlu berdarah-darah dahulu, kerja keras serta konsistensi dari dalam dirii. Anggap saja, perjuangan akan dibayar dengan kebahagiaan.

Study kasus. Contoh perusahaan dengan konsep tribes.

Facebook

Wah, kita sudah tahu sendiri jalu dari facebook ini tersendiri. Sebuah media sosial terbesar nomor wahid di dunia, dengan pengguna aktif terbanyal. Dengan menggunakan sistim bisnis tribes ini, facebook bisa menghasilkan keuntungan sangat besar ketika beberapa hari peluncuranya.

Konsepnya sederhana, semua orang senang bercerita, dan ingin di dengar. Allu facebook berusaha untuk mengumpulkanya dalam sebuah wadah berupa aplikasi. Keren kan?

Instagram

Aplikasi Instagram merupakan media sosial keren. Kepopuleranya tidak kalah dari faceook. Kini instagram telah diakusisi oleh facebook, denga total bayaran mencapai  satu milyar dolar, atau stara dengan sepuluh terliliun.

Apa yang emmbuat facebook tertarik dengan Instagram? Ya karena konsep IG ternsendiri,  dengan konsep tribes-nya.

Mereke ingin menciptakan aplikasi photografi yang bisa dishare dan difilter (editing instan) sebelum di upload, mereka mampu membangun koneksi dengan aplikasi.

IG berusaha mengumpulkan orang-orang yang suka menunjukan keunikan pribadi melalui gambar, atau foto. Jangan heran perilisanya, penggunanya sudah menacapai jutaan..

Wikipedia

Adalagi yaitu, WikipediA…

wikipedia merupakan sebuah wadah yang menampung orang-orang dengan kesukaaanya terhadap ilmu pengetahuan enslikopedi. Disana setiap orang berhak menulis ilmu yang ia miliki.  Dan banyak lagi lah manfaat darinya.

Tidak hanya perusahaan besar semacam itu, pemain online kecil juga banyak yang sukses berkat konsep tribes ini.

Mereka rata-rata bermain dalam website, atau blog. namun yang melalui media sosial juga banyak. Salah satunya di Instagram, ada banyak sekali trabes disana, bahakan tidak terhitung. Saya juga tergabung di sebuah komunitas pecinta serial anime Naruto di IG.

Saya suka Naruto, dan saya masuk dalam tribes DNI tersebut. Followernya sudah tiga ribuan lebih, setiap hari admin memberikan update berupa informasi mengenai hal yang berhubungan dengan Naruto. Dan disela-sela informasi, admin tersebut ngiklan, tentu dengan produk yang sesuai dengan tema tribes, seperti menjual jaket naruto, gelang, cincin yang berbau serial tersebut.

Jika sahabat ingin membangun sebuah tribes untuk bisnis, maka penting bagi sahbat untuk mengetahui sekaligus menerapkan cara ini.

Langkah membangun tribes:

Pilihlah tema tribes

Pertama, sebelum membangun tribes kita sebagai calon leader wajib untuk menentukan tema tribes terlebih dahulu. Saya sarankan pilihlah sebuah minat yang sahabt sendiri nyaman disana, lebih baik lagi kalau ahli disana.

Kita harus memiliki kesenangan yang sama dengan member tribes kita nantinya. Ini wajib!

Sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati, dengan cinta, dengan rasa saynang… Maka kendala apapun akan dengan mudah diatasi, hasilnya? bisa maksimal. Sertakan rasa cinta kalian dalam melakukanya ya… OKE!

Media tribes

Mereka (tribes member) perlulah dikumpuakan dalam sebuah wadah. Dimana mereka bisa saling bertatap muka, bercengkrama, dan saling tukar menukar informasi. Itu yanag wajib nomor dua dalamkonsep ini. Tanpa media sebagai wadah, bagaimana? tentu tribes tidak bisa dibentuk.

Hari ini sudah banyak media yang bisa sahabat pilih untuk membangun tribes, dari yang gratisan sampai yang berbayar. semua memiliki kelebihan masing-masing. Dan apabila sahabat bisa mengkombinasikan wadah-wadah ini, maka akan saling menyemmpurnakan.

Wadah tersebut bisa berupa: website, aplikasi (seperti FB, IG), grup online, email newsletter. Untuk lebih jelasnya mengenai wadah tribes ini, mungkin akan saya jelaskan lain kali.

Memiliki tujuan yang terarah

Tribes yang keren ialah tribes yang memiliki tujuan serta visi yang jelas. Sebagai leader, sahabat nanatinya juga harus bisa untuk menjelaskan impian tersebut terhadap anggota. Mimpi tujuan harus tersampaikan dengan baik kepada anggota tribes.

Semakin jelas tujuan yang sahabat buat disana, semakin powerful pula tribes tersebut. dengan impian, maka akan terjadi peristiwa timbal balik antara leader dengan member, member dengan member, dan member dengan orang luar yang belum tergabung dalam member tribes.

Komunikasi

Komunikasi adalah cara untuk bertukar pemikiran,  serta menyampaikan sesuatu dengan tujuan tertentu. Tribes tanpa komunikasi sama saja bohong, itu tribes gagal, tidak sehat, dan kemungkinan tidak akan berkembang.

Sahabat, sebagai leader harus mampu membuat sebuah jalinan komunikasi lawan arah. Teknologi internet lagi-lagi berperan disini, harusnya bisa sahabat manfaatkan untk membangun kedekatan dengan anggota nantinya.

Konsisten

Setiap pekerjaan sangat memerlukan sebuah konsistensi, atau rutin. Apapun pekerjaanya jika seseorang itu tidak bisa disiplin mengerjakanya, maka kemungkinan pekerjaan tersebut akan menemui kebuntuan, maksimal jalan ditempat.

Dalam tribes, konsistensi bisa berwujud dengan update konten. Memberikan sesuatu nilai tambah kepada tribes member. Supaya mereka merasa tidak menyesal mengikuti tribes tema tersebut yang kita buat.

Promosi

Ini yang terakhir… setelah langkah diatas sudah terpola, sudah jalan, maka selanjutnya ialah mencoba kembali ke tujuan awal yaitu bisnis.

Mereka akan sangat senang saya rasa, mendapat informasi referensi produk yanag dirasa dibutuhkan. Ini mudah, karena pada dasarnya mereka sudah cinta terhadap bidang tersebut. Jadi apa lagi?

Ingat tribes semata-mata bukan hanya tentang uang-uang dan uang. Melainkan tribes tersebut isinya hanya untuk berbagi, berbagi, dan berbagi. Ingat lagi sahabat, semua hasil pekerjaan itu tergantung pada niatnya, hati-hati jika melakukan sesuatu semata karena uang. Bisa-bisa nanti hanya mendapat uang saja, tanpa memerhatikan kehalalanya.

Seperti itulah artikel mengenai langkah membangun tribes. semoga tambah wawasan. Aamiin…

Sudah siapkah sahabat membangun tribes?

Jika artikel bagaimana langkah membangun tribes diatas bermanfaat, maka alangkah baiknya jika sahabat membagikanya. Suapa apa? lebih banyak lagi orang-orang yang tahu mengenai hal ini. klik tombol share yang sudah saya sediakan!

Jangan lupa, gabung juga di grup facebook saya. Disana akan ada banyak sekali info menarik seputar internet marketing writing, dan juga blogging. klik disini!

Baca juga: Kisah Inspiratif Rahasia Zhang Yin Jadi Milyarder Dari Sampah Kertas

Tags: ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑