Writing

Published on November 3rd, 2017 | by Ibnu

Jangan Lakukan: 6 kesalahan fatal penulisan judul artikel

Pentingnya sebuah judul

Apa yang pertama kali dilihat ketika orang hendak melihat sebuah tulisan berupa karya sastra, artikel, atau film?

JUDUL

Apa yang paling pertama disebut dalam acara diskusi tentang pembahasan sebuah tulisan, karya, atau film?

JUDUL

Tepat. Judul memiliki kedudukan yang tinggi dalam segala bentuk karya termasuk tulisan. Judul adalah sebuah brand, trade mark, dan wajah yang mewakili isi dari sebuah karya.

Dalam penulisan artikel, judul memiliki peran sangat penting. Judul yang powerful akan mendongkrak posisi website kita di mesin pencari. Ya, semua berawal dari judul.

Melihat fakta dilapangan, ternyata masih cukup banyak orang-orang yang belum bisa memaksimalkan si judul ini, pun disana saya perhatikan masih banyak beberpa kesalahan fatal dalam penulisan judul artikel terutama penulis artikel pemula.

Dari riset kecil-kecilan itu, saya langsung berpikir untuk mencoba menuliskanya, dan merangkumnya dalam tulisan ini. saya rasa manusia perlu belajar dari sebuah kesalahan hidup, dan kesalahan terhadap pengalaman tertentu. Mustahil dalam hidup orang tak pernah salah, dan disinilah fungsi menulis untuk berbagi. Termasuk saya, dahulu juga sering memlakukan beberapa kesalahan dari setiap judul karya maupun artikel. Dan pada saatnya sekarang, adalah waktu yang tepat untuk berbagi pengalaman tersebut.

Jangan laukan: 6 kesalahan fatal dalam penulisan judul artikel

Apa saja bentuk kesalahan itu? yuk, kita simak bersama.

Kesalahan #1. Judul Tidak Menarik

Judul merupakan daya tarik utama, yang membuat seseorang ingin membaca sebuah artikel. Jika judul gagal membuat daya tarik, maka kita sudah kehilangan mata pembaca. Sayang seklai bukan? Penulis hebat harus ssbisa menjaga pembacanya agar tak berpindah ke lain hati.

Maka dari itu, yang terbiasa memberi judul asal “ada” sekarang pelan-pelan kurangi kebiasaan buruk itu, kita harus dapat memastikan judul tersebut sudah menarik minat baca untuk para pembaca.

Kesalahan #2 Judul Terlalu Biasa (Hambar)

“Judul kok ga ada gregetnya?”

Pernah tidak sahabat menemukan judul yang ketika membacanya tidak ada perasaan yang tumbuh, tak ada mengundang sesuatu perasaan atau emosi tertentu dari benak. Bagaimana rasanya? Bagaikan telur asin tanpa garam yaa? Tentunya betul…

Pilihlah judul yang mampu memprovokatif, mampu menggerakan pembaca untuk menyelesaikan artikel sahabat. Judul pun harus dapat mengundang rasa ingin tahu yang tinggi.

Kesalahan #3 Judul Terlalu Panjang atau Terlalu Singkat

Saking semangat-semangatnya nulis artikel, judul pun dibuat panjang seperti ular. Harapanya sih, agar mendapat kesan yang keprefesional-prefesionalan. Sungguh ini hal yang sangat tidak baik. Membuat judul dengan kalimat yang teralu pendek pun juga sangat tidak dianjurkan. Judul pendek sangat tidak lazim untuk artikel, seabb dalam artikel judul minimal kalimat yang menjelaskan subjek, predikat, dan objek. SPO. Buatlah judul sesederhana mungkin, tanpa meninggalkan kesan powerfull.

Buatlah judul yang sedang-sedang saja, tak panjang-panjang amat, dan tak pendek-pendek amat. Penulisan judul artikel berbeda dengan penulisan novel, yang terkesan bebas sesuka hati. Artikel ada tuntunanya juga.

Baca: Langkah dan contoh bikin headline tingkat dewa

Kesalahan #4 Judul Tidak Membikin Penasaran

Judul bukan hanya sekadar label dari suatu tulisan artikel. Melainkan judul meluakan alat promosi dari sebuah tulisan. Buatlah judul yang mengundang rasa penasaran yang tinggi. Mungkin dengan pancingan pertanyaan, atau pernyataaan misteri.

Jika judul sudah membikin penasaran, isinya pun tetap harus bisa minimal menjawab rasa penasaran itu. jangan terlalu menyimpang jauh terhadap judul. Takutnya akan melukai hati pembaca.

Kesalahan #5 Judul Kabur

Untuk kesalahan ini paling sering saya temukan di banyak tulisan para bloger, kadang saya amat kecewa terhadap judul yang menipu, judul yang lari dari artikel, maupun artikel yang lari dari judul.

Namun ada orang yang sengaja menggunakan hal seperti ini, hanya untuk popularitas sesaat. Biasanya ketika artikelnya sudah dibaca sekali, pembaca malas datang lagi ke websitenya. Dia hanya menjual judul, bukan menjual isi atau informasi.

Jadikanlah tulisan sahabat jujur, itulah penulis sejati. Jujur dalam kata, kalimat, maupun titik dan koma.

#Kesalahan #6 Judul tidak Efektif

Jadikanlah sebuah judul singkat padat dan jelas, pastikan pilihan kalimat yang terangkai tersusun dan emmberi arti dengan baik.

Apa tanda jika judul belum efektif?

Biasanya ia memiliki arti dan makna ganda. Atasi dengan mencari pilihan kata yang benar, sesuai KBBI tentunya.

Apa tanda kalau kalimat sudah efektif?

Mudah sekali menandainya, jika satu huruf saja dihilangkan maka judul amburadul tak karuan. Hubungan antara kalimat disini sudah sangat baik, jika dihilangkan satu, maka sudah merusak arti dan makna.

Bagaimana sebaiknya agar untuk menciptakan judul yang pas, judul yang menarik serta powerful?

Usahakan judul tidak keluar jauh dari pekem  ini;

Judul harus penasaran, yang mampu menggoda pembaca. Judul sebisa mungkin mengguakan kalimat yang efektif,

Jangan malas berlatih. Latihan bagi seorang penulis hanya dua, yaitu membaca dan menulis. Banyak-banyaklah membaca untuk menambah kosa-kata untuk tulisan kita. Banyak-banyaklah menulis, agar kosa kata terekam rekat di  ingatan. Pelajari juda judul-judul yang ada di rangking atas mesin pencari google.

Semoga artikel diatas dapat membantu sahabat semua, agar mampu membikin sebuah judul yang medobrak, yang yahutlah pokoknya. Kritik, saran, dan komentarnya saya tunggu dikolom bawah ini.

Jangan lupa share yaa…

Bagi yang ingin mendapatkan update indormasi mengenai dunia bisnis internet, yuk joun sekarang ke grup facebook saya. Mumpung gratis! Klik Disini!

Baca juga=> 10 Rahasia Kalahkan Kompetitor Bisnis

Tags: , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑