Bisnis Online

Published on Desember 27th, 2017 | by Ibnu

9 Cara Mudah Buat Kalimat Promosi Kreatif dan Menarik Bisnis Online

Sudah kita ketahui bersama bahwa promosi adalah kuncinya jualan. Jualan promosi di dalamnya namanya bukan jualan, melinkan sekadar menyediakan barang tanpa fungsi dan tujuan apa-apa. Bagaimana menciptakan Kalimat promosi kreatif?

Semakin kedepan, dunia bisnis juga semakin menarik, namun juga was-was. Taubahnya beberapa dari kita pasti sedikit kesulitan melakukan promosi, selain banyak saingan, teknik promosi yang kurang kreatif juga masih menjadi problema.

Promosi di era ini berbeda dengan era dahulu yang terkesan biasa. Kebanyakat tidak tertarik lagi dengan promosi yang biasa-biasa saja, maka perlu dibuat sebuah model promosi yang tidak hanya mampu menghasilkan closing saja, melainkan mampu menyihir konsumen.

Salah satu teknik jualan saat promosi yang cukup ampuh ialah dengan teknik, “PROMO” bagaimana menciptakan Kalimat Promosi Kreatif.

Promo disini tentu bukan yang biasa-biasa saja, melainkan promo penggebrakan. Promo yang mampu menciptakan closing lebih banyak lagi.

Apa itu promo?

Promo merupakan sebuah teknik jualan yang memberi penekanan dengan kalimat singkat, yang masih berhubungan dengan produk. Bertujuan tak lain agar orang yang melihatnya lebih cepat tergugah dan segera mengambil keputusan untuk membeli.

“Hanya orang gila yang menolak penawaran ini!”

Merupakan sebuah daya tarik yang membuat calon pembeli mau membeli produk kita ialah memberikan promo. Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa, cara biasa dan cara lama tidak ampuh lagi, belum cukup untuk membuat calon pembeli beraksi untuk membeli, dibutuhkan cara baru yang lebih kreatif.

Contoh promo yang sering kita temui :

  • “Diskon 10 % khusus hari ini!”- Angka promo disini tidak terlalu besar dan tidak akan menumbuhkan pembeli untuk segera beraksi membeli.
  • “Hubungi sekarang juga untuk mendapatkan bonus” – loh kok ribet amat yaa untuk dapat bonus?
  • “Beli 3 dapat gratis 1 yuk” – lah Cuma satu untuk apa?
  • “Beli gelas dapat payung” – ini mah ga nyambung sama sekali, haha…

Lihat dan cermati contoh kalimat promo yang baru saja saya berikan diatas, pernahkah sahabat menemukan pedagang yang menuliskan kalimat promo sejenis? dan apakah dari promo tersebut banyak melahirkan closing sampai hari ini? apa hati sahabat tergerak untuk membeli jika bertemu dengan kalimat promo tersebut?

Saya rasa tidak…

Contoh kalimat promo tersebut kurang ngejleb, kurang wah, kurang waw, dan tanpa menimbulkan ekspresi apa-apa. Cenderung netral dan biasa.

Bukan pembisnis namanya kalau tidak kreatif… Kita dituntut agar sebaiknya bisa lebih kreatif dengan promo yang lebih ngejreng. Mau  tak mau harus belajar lebih dalam cara membuat promo yang kreatif, menggebrak, yang akan menghasilkan closing atau penjualan produk lebih tinggi.

Buatlah para calon membeli beraksi untuk membeli, tidak hanya membeli, melainkan juga harus ketagihan sampai menimbulkan efek viral ke banyak orang, buat mereka gemes dan berkeringat dingin dengan promo yang kita ciptakan. Buat mereka koar-koar di media sosial, setelah menemukan promo kita.

“Wah… Apa bisa bang Ib seperti itu?”

Ehh. Apa sih yang tidak bisa didunia ini, semua menjadi mungkin jika ada ikhtiar didalamnya. Yang penting yakin. Seberapa besar kamu menyediakan ruang bagi Allah yang maha pemberi, sebesar itulah peluang keberhasilanmu kelak.

Sebelum saya memberikan contoh-cpntoh promo yang kreatif, maka sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu mengenai syarat-syarat seperti apa sih promo yang baik itu. Kenapa? Supaya lebih mememiliki pandangan luas terhadap pembuatan kalimat promo nantinya.

Syarat kalimat promosi kreatif

Memiliki objek sasaran

Memanah saja butuh sasaran, apalagi berjualan?

Sasaran dalam promo harus jelas, tentunya juga sesuai dengan produk yang sedang kita jual. Jangan sampai membuat promo tanpa sasaran yang jelas, hasilnya pun akan tidak jelas.

Jika produk yang sedang sahabat jual adalah produk pelangsing? Maka sasaranya adalah orang-orang yang sedang mengalami kegemukan. Bergitu… Harus jelas dan sesuai dengan produknya.

Menggunakan kata-kata magic

Kata-kata adalah senjata. Tahukah sahabat bahwa kata-kata dalam promo juga akan mempengaruhi tingkat closing penjualan produk?

Yup… Kata-kata atau kalimat yang dipilih dalam promo tidak boleh sembarangan, jika sembarangan, hasilnya pun akan sembarangan, tidak jelas. Tips, pilihlah kata-kata atau kalimat berbau penekanan batin, seperti apa contohnya? Kata gratis, segera, buruan, cepat, dll adalah kata-kata magis yang mengundang hasrat ingin segera beraksi untuk membeli.

Jujur dan masuk akal

Kalimat promo harus jujur dan masuk akal. Jangan berlebihan, dan menipu pembeli dengan kalimat promo yang palsu. Ingat, konsumen sekarang lebih cerdas, dan bisa menilai promo-promo yang mengarah ke penipuan.

Bukanya mereka senang, konsumen malah berpikir banyak kai untuk membeli, “Masa beli ini bonusnya kaya gini?”

Menyangkut psikologi

Promo yang hebat ialah promo yang bisa mengenali perasaan pembacanya, promo yang mampu membaca masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen. Yup… setiap orang memiliki masalah yang tercermin dalam psikologinya.

Kalau orang lapar, ia pasti butuh makanan. Begitulah hukum tubuh seseorang, juga bisa diterapkan dalam teknik promo ini.

Momentum waktu yang tepat

Kan ada, promo yang muncul di waktu-waktu tertentu. Ketika tahun barukah, atau ketika natal.

Membuat promo dengan memerhatikan momentum ini memiliki dampak yang sangat dasyat dalam closing. Masalahnya, terkadang pembisnis online kurang pandai saja memilih waktu dan suasana yang tepat dalam membuat promo.

Memberi solusi

Meski kalimat promo terkesan singkat, tapi juga harus bisa menggambarkan sesuatu apa yang akan didapatkan oleh mereka nantinya. Apakah masalah mereka akan dapat terpecahkan dengan produk ini atau tidak.

Berbau impian cita-cita orang banyak (menjelaskan masa depan)

Setiap orang memiliki masa depan, dimasa depan tersebut tentu siapa saja memiliki sebuah impian. Betul?

Promo akan lebih hebat jika didalamnya tertulis tentang impian masa depan. hal apa saja yang akan didapatkan keesokan harinya setlah memakai produk dari kita. Buat konsumen seakan-akan sudah memeganng impianya.

Sopan

Kalimat promo yang disusun wajib sopan, jangan pernah gunakan kalimat berkonotasi negatif, seperti kata-kata berbau sindiran, sara, dan saru.

Untuk lebih jelasnya, dan memperjelas bayangan dalam membikin kalimat promosi kreatif. Langsung saja akan saya berikan contoh mengenai hal demikian:

  • “Ultah hari ini, makan gratis!”
  • “Khusus ibu hamil, boleh makan sepuasnya!”
  • “Bawa pasangan, dapat diskon 30%”
  • “Segera gabung jadi reseller, setahun lagi mungkin bisa umrah gratis”
  • “Yang hafal 30 juz, makan sepuasnya bayar seiklasnya!”
  • “Upload foto + testimoni di Instagram, dapat DISKON 15% + Bonus Ice Cream”
  • “Tanpa pusing, tanpa ribet. Pesan disnis, barang sampai ke rumah, kami antar!”
  • “Anda jombo? Beli produk ini sekarang dapat bonus buku cinta!”
  • Dan banyak contoh lagi.

Sekali lagi menggunakan kalimat promo yang kreatif akan sangat membantu dalam meningkatkan closing bisnis sahabat. Jangan ragu untuk berkreatifitas disana. Gabungkan bebrapa teknik yang sudah saya berikan sebelumnya.

Pada dasarnya promo adalah memberi kesempatan konsumen untuk merasakan kemanfaatan secara mudah, dengan diskon atau sesuatu yang unik yang kita berikan.

Bagaimana, sudah dapat Inspirasi dalam membuat promo kreatif yang sesuai untuk bisnis kamu?

Oke, semoga artikel mengenai Kalimat promosi kreatif diatas dapat bermanfaaat bagi pembaca. Dan sekiranya artikel tersebut benar-benar bermanfaat, maka alangkah baiknyua jika pembaca yang terhormat mau membagikanya melalui tombol share yang sudah saya sediakan.

Silakan gabung ke grup facebook saya secara gratis. Disana banyak sekali info menarik seputar internet marketing, blogging, serta kepenulisan. Klik DISINI

Baca juga: 9+1 Tips Mengatur Strategi Pemasaran Komunikasi Cocok Bagi Pemula


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑