Tips & Motivasi

Published on November 1st, 2017 | by Ibnu

10 Rahasia Kalahkan Kompetitor Bisnis

Bagaimana perkembangan usaha sahabat semua? Sudah bertambah baik, atau masih perlu banyak evaluasi lagi? Apa mungkin ada hal-hal yang masih mengganggu, seperti kompetitor bisnis mungkin… Berarti kita sama.

Perlu disadari diawal bahwa yang namanya kompetior bisnis atau pesaing usaha akan lahir setiap saat seiring berjalanan dunia, pun berjalanya waktu. Bahkan dalam hitungan hari saja, ada puluhan sampai ratusan kompetitor baru yang siap bersaing, bergulat dengan pekerjaan yang se-bidang dengan kita.

Terkadang, kompetior yang sudah keterlaluan sering membuat jengkel, panik bukan kepalang, memaksa hati untuk berpikir bagaimana cara untuk membalik keadaan kembali, membuat bimbang; lanjut atau ganti bisnis yang berbeda. Tetapi perlu di ingat, dan mencatat. Mereka tak ada yang salah, dan tak pernah salah. Ini adalah percontohan hukum alam. Ia yang kreatif, inovatif, dan konsisten dalam bisnis, ialah yang akan memenangkan persaingan. Dunia senantiasa berubah, dan manusia mau tak mau harus menyesuaikan dengan perubahaanya.

Tapi tenang, ojo khawatir. Jika sahabat mengerti langkah ini, jangankan bertahan, untuk menyaingi kompetitor pasti bisa. Berikut 10 Rahasia Kalahkan Kompetitor Bisnis;

Belajar dan Praktek

Terkadang karena sifat manusia yang terlalu cepat puas, mereka sampai lupa untuk belajar. Mereka berpikir bahwa ilmu yang telah dia punya sudah mampu untuk membuat banyak hal, seperti menghasilkan uang. Fatalnya mereka lupa akan hukum perubahan, bahwa seluruh apa pun yang hidup di muka bumi senantiasa berubah.

Teruslah belajar. Saat ini banyak sekali ilmu bertebaran di internet, rekan bisa memanfaatkanya dengan baik. Dan tak lupa, melakukan apa yang ilmu itu ajarkan terhadap bisnis tersebut, alias memperaktekanya, mengotak-atiknya. Praktek adalah materi fisik (tampak) dari ilmu.

Ilmu tanpa praktek bagaikan gayung yang bawahnya bolong, air yang harusnya tertampung malah kembali ke bawah. Praktek tanpa ilmu pun juga begitu. Kedua hal ini harus anda lakukan untuk bisa mengalahkan si kompetior. Belajarlah terus prakteklah terus agar rekan bisa bertahan dalam perubahan, dan mengalahkan berjuta-juta kompetitor yang ada.

Lakukan Inovasi Terbaik

Inovasi tidak selalu mengenai hal baru kok, inovasi disini adalah langkah untuk menyesuaikan sesuatu yang kita ingin bagikan (produk dan layanan) terhadap dampak perubahan sosial budaya.

Sahabat harus tahu, hubungan antara lingkup geografis dengan hasil dari masalah kebudayaan. Contoh; jika orang tinggal di daerah kota, maka kebudayaan yang tercipta seperti, kemacetan, polusi, kebisingan, dll. Nah, dari sini sahabaat harus inovatif menciptakan hal yang bersifat solusif. Sahabat juga perlu untuk memantau trend yang sedang hangat saat ini.

Contoh lagi betapa pentingya sebuah inovasi. Coba hitung, dalam waktu satu bulan saja, sudah banyak model smartphone terbaru dari berbagai merek yang dirilis? Semakin lama pun kemampuan fiturnya menyesuaikan perubahan zaman dan pola masyarakat (pasar). Itu menunjukan betapa cepatnya dunia berubah. Hal semacam ini, memaksa kita untuk tidak berhenti dan berbangga atas produk layanan yang kita buat saat ini, sedikit saja terlena akan fatal akibatnya. Lakukan inovasi terbaik. Cari celah untuk kosong yang bisa diubah mengenai produk atau layanan sahabat.

Cintai produk serta layanan anda sendiri

Mencintai produk adalah mutlak, jika rekan ingin menang dari pesaing di bidang bisnis yang sama. Kenapa mutlak? Sebab segala sesuatu yang kita kerjakan (buat) tanpa dilandasi rasa cinta, itu tidak akan berlanjut. Tak akan menghasilkan sesuatu yang bermakna. Bagaimana bisa jika kita ingin berkembang namun lebih cinta terhadap sesuatu yang dibuat orang lain? Saya rasa sulit.

Bangun kedekatan terhadap tim, maupun relasi yang rekan miliki, sosialisasi yang baik terhadap mereka akan menumbuhkan semangat untuk menciptakan sesuatu pruduk yang keren. Dan salah satu pembuka pintu rejeki adalah silaturahmi.

Jadilah pemimpin yang baik yang selalu mengkedepankan kepentingan bersama. kita tahu sesuatu yang besar dalam bisnis tak mungkin dilakukan sendirian.

Besarkan Impianmu

Setiap orang memiliki isi hati yang berbeda, termasuk juga tentang impian. Namun dari setiap orang juga memiliki kadar usaha mewujudkan mimpi yang berbeda pula. Jangan ragu untuk menetapkan sebauh target, atau impian, Itulah yang jadi pembeda antara kita dengan kompetitor.

Memutar modal dan profit

Kedewasaan seseorang dinilai dari seberapa kuat ia menunda kesenangan. jika Semakin besar pemasukan semakin besar pula pengeluaran berarti seseorang belum dewasa, dan tentu mustahil akan bisa menang dari kompetitor bisnis.

Usahakan selalu memutar modal, dan profit yang rekan hasilkan untuk perkembangan bisnis kedepannya. Meski modal, dan profit masih belum terlalu besar, tetap rekan harus telaten melakukanya. Jangan lupa, siapkan juga rencana keuangan yang baik untuk menghadapi segala ketidakpastian hari esok.

“Ada uang ada pilihan bukan?“

Tingkatkan Pelayanan terhadap Konsumen

“Saya rela bayar lebih tinggi asal pelayannya ramah senyum, daripada belanja ke toko sebelah dengan harga murah tapi pelayanannya buruk…” kata seorang pembeli.

Pelayanan adalah masalah yang intim, dan sangat penting dalam proses bisnis. Keberhasilan dari penjualan produk tergantung seberapa baik cara kita untuk melayani pelanggan. Jika baik, konsumen senang, maka ia akan mau membeli.

Sahabat harus belajar bagaimana cara melayani seseorang dengan baik, bagaimana cara agar pembeli baru menjadi pembeli tetap. Pelajari aspek psikologi manusia, dan juga ilmu berpicara, dan ilmu menulis. Itu akan sangat bermanfaat.

Jangan setengah-setengah 

Berapa jumlah setengah tambah setengah? Bagi saya jumlahnya NOL. Mungkin itu salah secara matematis, tapi ada maknanya. Yaitu, pekerjaan yang dilakukan dengan setengah-setengah hasilnya tidak akan maksimal. Ketika sahabat melakukan dua pekerjaan sekaligus, bagaimana hasilnya? Bisa di tebak kan?

Lakukan pekerjaan anda dengan hati, jangan setengah-setengah. Kukuhkan niat, tekad, dan jika perlu kita harus nekad.

Evaluasi dan Revisi

Catat apa saja yang sudah rekan lakukan diakhir periode bisnis, akhir bulanan, tahunan, dll. Dan apakah sudah sejalan dengan target yang sudah ditetapkan. Jika belum sesuai target, lakukanlah evaluasi, cari tahu dimana letak kesalahannya lalu usahakan perbaiki (revisi).

B3 (berdoa, berusaha,berkarya)

Setelah kesembilan langkah diatas sudah paham, selajutnya adalah yang terakhir. B-3 (berdoa, berusaha, dan berkarya). Kita harus yakin bahwa rejeki sudah ada yang mengatur, maka berdoalah agar dipermudah. Kita juga perlu paham , bahwa Tuhan memberikan rejeki lewat sebuah jalan, maka berusahalah menciptakan jalan yang baik. Lalu buatlah sebuah karya yang sesuai talenta bisnis rekan. Karya yang akan berdampak baik, mampu bermanfaat bagi orang di lingkungan dan masyrakat.

10 rahasia kalahkan kompetiror bisnis tersebut memang tidak mudah dilakukan, namun sahabat harus berusaha melakukanya. Seorang pemenang adalah ia yang berani melakukan hal-hal beda dari orang biasa. Dan yang terpenting, cobalah menghilangkan niatan untuk mengalahkan, karena jika rekan menjadi pemenang, di ujung sana akan ada seseorang yang sedang kalah. Niatkan saja melakukan hal yang terbaik.

Semoga artikel diatas bermanfaat. Kritik, saran, dan komentar bisa rekan layangkan dikolom bawah ini.

Jangan lupa, bagikan juga pada teman-teman yang lain…

Silahkan bergabung grup facebook disini untuk dapatkan info terupdate mengenai informasi bisnis online.

Baca juga=> Ikatlah Ilmu dengan Tulisan

Tags: , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑