Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner:

Surga Yang Kurindukan Ada di Pasaman

24 Januari 2011,

Deru bus terus melaju, meninggalkan sisa-sisa kenangan sebelum menuju bandara Internasional Minangkabau. Nyanyian lagu daerah nan sendu, masih terngiang jelas di telinga. Keramahan masyarakat dalam bus masih menacap jeli di memori. Saat senja sedang tercebur di pantai Padang, saya bisa melihat dari dalam kaca bus. Sangat Indah sebagai senja terakhir di Sumatera Barat untuk saya.

3 jam sebelum melihat senja terakhir itu, saya tepat berada di Pasaman Barat: salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang baru terbentuk pada tahun 2003 lalu. Tempat yang menyimpan salinan-salinan surga di salah satu sudut Nusantara. Surga tersembunyi dari Indonesia. Simpang ampek adalah ikon kebanggaan masyarakat dari Pasbar, yang sekaligus menjadi ibukota kabupaten tersebut. Di daerah yang luasnya mencapai 3.864, 02 km tersebut, dihuni 410.307 jiwa, dari berbagai etnis dan suku di Indonesia, dengan Minangkabau sebagai suku mayoritas. Itulah yang menjadikannya istimewa, tidak hanya di hati saya, melainkan juga di hati masyarakatnya.

Jangan heran kalau kamu ke sana, akan melihat panorama akulturasi budaya yang berselaras. Setiap etnis dan suku mampu menunjukkan eksistensinya sebagai manusia Nusantara dengan bangga, tanpa ada upaya deskriminatif, dan penindasan etnis. Hal yagn sering kita jumpai di Indonesai hari ini. Saya tahu banyak soal Pasbar, karena saya pernah tinggal. Walau bukan putra asli daerah (suku minang) jika dibelah dada ini, pasti ada gambar “kabau sirah-nya” lambang khas kepala kerbau milik masyarakat minang. Aneh ... tapi saya memang cinta Pasaman Barat dan orang-orangnya.

Menepilah wahai diri, tataplah langit Pasaman dari bumi yang lain, apakah birunya masih sama seperti dulu?

Perjalanan menemukan Nusantara

Sekitar tahun 1990 orangtua merantau ke Pasbar, dan empat tahun setelahnya saya lahir. Hidup di perantauan seperti waktu itu, sangat tidak mudah, di mana infrastruktur belum begitu memadai. Penerangan di kompleks, kami masih mengandalkan genset tua yang diberikan perusahaan perkebunan sawit tempat ayah saya bekerja. Walau siang-malam suasana tetap remang, namun hati kami (anak-anak) di sana, sangat terwarnai.

Lahir sebagai keturunan Jawa bukanlah sebuah pilihan, apalagi hidup besar dan tinggal di pedalaman Sumatera. Namun apabila sebelum dilahirkan ke dunia untuk kedua kalinya, saya akan tetap memilih ini. Menjadi seorang Jawa, dan terlahir di Sumatera.

Bagaimana tidak, hidup di hutan seperti itu, memiliki arti tersendiri. Seperti tarzan, anak-anak di sana sangat dekat dengan alam. Saya ingat beberapa momen lucu. Dulu, saat sedang berburu menjebak burung truwok (sejenis burung kecil mirip bangau), pernah beberapa kali tak sengaja beradu pandang dengan babi hutan, dan ... adegan kejar-kejaran pun terjadi. Kami bertiga terlalu pintar, menyelamatkan diri masing-masing, mengecoh babi tersebut sampai tercebur parit berlumpur. Ha ha ha ... bagaimana kabar babi itu ya?

Susah memang untuk dijelaskan ... intinya, bayangkan saja tarzan di abad dua satu.

Sebagai daerah pilihan transmigrasi, otomatis Pasbar juga banyak dihuni masyarakat dari berbagai suku dan etnis di Indonesia. Di sana, kami bisa hidup bersama, bernapas bersama, hingga tertawa bersama. Jauh seperti apa yagn sering kita lihat di televisi. Puluhan karakter khas daerah masing-masing, berhasil tertoreh dalam kehidupan harian.

P-A-S-A-M-A-N B-A-R-A-T

Banyak traveller dan penjelajah, belum begitu akrab dengna nama Pasaman Barat. Apalagi keindahan tersembunyi yang dimilikinya. Berbagai jenis wisata: alam, kebudayaan, sejarah, bahari, kuliner, kebun, religi, lengkap tersaji di sana.

Beberapa destinasi wajib yang harus kamu kunjungi jika perpergian ke Pasbar adalah Gunung dan pegunungannya yang luarbiasa. Salah satiunya adalah Gunung Talamau. Talamau memiliki panorama alam tak biasa dari gunung-gunung lain di Nusantara. Ia memiliki keunikan yaitu gunung yang memiliki banyak telaga yang berada di puncaknya. Telaga tersebut berjumlah belasan, yang konon jumlahnya sering berubah-ubah: tidak pasti. Kadang berjumlah 13 telaga, kadang juga kurang. Aneh. Tapi realita

Dengan ketinggian 2.982 mdpl, menjadikan puncak Talamau sebagai titik tertinggi di Sumatera Barat.

Dari puncak Talamau, kita bisa melihat hamparan pemandangan indah Pasaman, puncak gunung lain: Marapi, Singgalang, hingga puncak “Rajo Imbang Langik”; nama puncak gunung Pasaman, yang merupakan nama raja yang pernah berkuasa di Pasaman kira-kira seratus tahun lalu pun terlihat.

Tidak jauh dari pos pendakian Talamau, ada hotel Hamco, dan Wisma Yanti yang bertempat di Padang Tujuh, jaraknya pun tidak jauh, hanya sekitar 3 km dari desa Pinaga. Selain itu, di sana juga terdapat area camping di Bukit Harimau Compo yang dekat jaraknya dari lokasi air terjun Puti Lenggo Geni.

Ada apa juga di pesisir?

Turun ke pesisir, Menengok keelokan Bahari Pasaman Barat, yang ditemui sepanjang 152 km garis pantai. Pernah ke pantai Maligi? Belum? Sama berarti. Ha ha  ha ...

Pantai Maligi merupakan salah satu pantai kebanggaan masyarakat Pasbar. Letaknya pun strategis: di dikelilingi muara, laut, dan perairan luas. Selain menjadi tempat wisata, pantai tersebut juga dimanfaatkan oleh masyarakat saat mencari ikan, untuk memenuhi kebutuhan harian.

Untuk mencapai Maligi, kita perlu menempuh jalur laut melalui perahu bermotor yang disediakan masyarakat yang ada di daerah Sikilang, dan pantai Sasak. Di Maligi kita bisa menikmati birunya laut, kokohnya hutan bakau, serta nyiurnya pohon kelapa yang tinggi menjulang. Pantai Maligi tersendiri terletak di Nagari Sasak, kecamatan Sasak, Ranah Pasiesie, Pasaman Barat.

Pasaman Barat. Dengan beragam suku dan budayanya, memiliki tempat pariwisata yang menakjubkan. Banyak terdapat ruang-ruang dengna pesona yang tidak biasa, pesona yang menyimpan habitat cantik seperti pemandian air panas, goa Jepang, pantai yang indah, muara-muara membingungkan, dan masih banyak lagi. Inilah persembahan kecil dari Pasaman Barat untuk Nusantara.

"Sumatera Barat, daerah yang takkan pernah dilupakan ..."

Impian menjelajahi Nusantara

Ibnu Batutah, petualang muslim dunia abad ke-14 asall Maroko mengatakan, “Perjalanan—akan membuatmu miskin kata-kata, tetapi setelahnya, perjalanan akan menjadikanmu seorang pencerita.”

Kalimatnya tersebut, secara pribadi telah menginspirasi saya untuk banyak melakukan perjalanan. Demi sebuah pengetahuan baru. Melalui pengalaman berbeda lewat perjalanan. Saya pernah menjelajah alam Sumatera selama 14 tahun, dan tulisan ini sebagian kecil dari hasilnya. Saya bisa bercerita. Tetapi itu belum cukup untuk mengenal Nusantara, saya ingin lebih. Dan langkah terdekatnya adalah membuat resolusi masa depan untuk menjelajahi Nusantara.

Tak dipungkiri, melakukan perjalanan hari ini bukan lagi hanya sebuah trend, melainkan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia untuk dalam mencaari kebahagiaan. Di era digital ini pun, sudah sangat mudah untuk menemukan informasi menarik seputar destinasi wisata, baik dalam maupun luar negeri. Hampir setiap platform online sekarang, tak pernah absen menyediakan, dan menawarkan informasi seputar perjalanan. Namun sayang, saking banyaknya media tersebut, acap kali membuat kita kebingungan. Bingung untuk memilih pilihan terbaik untuk membantu melakukan perjalanan yang penuh inspirasi nantinya.

Jika sudah berhasil memilih satu tujuan pun, terkadang kita sering di buat kesal dengan kendala-kendala lainnya seperti: masalah pemesanan tiket penerbangan, masalah sewa hotel, dan juga masalah penyewaan transportasi. Jika sudah begini, perjalanan yang harusnya menyenangkan, malah menjadi tidak menyenangkan sama sekali. Kamu pernah merasakannya? lalu bertanya, “Apa tidak ada, sebuah aplikasi TRAVEL super lengkap, yang mempermudah sebuah perjalanan?”

Ada. Namanya “S-K-Y-S-C-A-N-N-E-R”

Aplikasi yang sengaja hadir untuk mengatasi problem yang sering dialami para traveller era digital. Skyscanner mampu menjadikan perjalan kita nantinya, menjadi lebih menyenangkan serta penuh inspirasi.

Apa itu Skyscanner?

Skyscanner merupakan situs pencarian perjalanan global yang mampu menjaring ribuan situs website perjalanan di seluruh dunia secara cepat, efisien, dan tanpa biaya. Sebuah platform yang sangat sekaligus menginspirasi saat merencanakan sebuah perjalanan.

Skyscanner mampu menunjukkan kepada pengguna sebuah penerbangan terbaik, hotel terbaik, serta penyewaan mobil terbaik yang ada di dunia, kapan pun, di mana pun. Ya, skyscanner tidak bercanda, kamu benar-benar bisa melakukan itu sekarang! 

Didirikan pada tahun 2003, Skyscanner telah mempekerjakan lebih dari 900 karyawan hingga detik ini, dengan beberapa kantor yang tersebar seperti di: Barcelona, ​​Beijing, Budapest, Edinburgh, Glasgow, London, Miami, Shenzhen, Singapura, dan Sofia.

Situs perjalanan Skyscanner, telah banyak mendulang banyak penghargaan sebagai situs perjalanan nomor satu dunia oleh perusahaan besar seperti: New York Times, Webby, Appy, Refinery29, TimeOut, dan masih banyak lagi. Rahasia untuk mencapai itu ialah melakukan pengoptimalan dengan teknologi eklusif yang ajaib mampu menghubungkan pengguna dengan perusahaan perjalanan atau industri yang bergerak di bidang pariwisata. Mereka berharap akan bisa memberikan inspirasi bagi seluruh traveller dunia.

Cukup dengan tiga langkah sederhana, kamu bisa mendapatkan perjalanan terbaik dalam hidup kamu. Ya, hanya tiga langkah saja. Pertama, kamu hanya perlu mencari tujuan penerbangan. Kedua, memilih paket harga termurah yang disediakan. Dan ketiga, memesan penerbangan secara langsung ke agen penerbangan, atau pun melalui maskapai penerbangan.

Dapatkan informasi mengenai harga terbaru

Jika sewayah-wayah harga naik, tentu itu akan menjadi masalah besar buat kita yang tak siap kantong tebal. Hal menyedihkan tersebut, bisa saja terjadi setiap waktu, dan bisa saja itu menimpa kita. Namun jangan khawatir. Sistim canggih Skyscanner didisain khusus mampu mengsingkronisasikan informasi perubahan harga dari website perjalanan, maskapai, hingga biaya persewaan hotel secara akurat. Skyscanner mampu meminimalisir adanya penipuan harga yang sering merugikan customer sebelum melakukan perjalanan.

Dapatkan juga informasi terupdate mengenai pilihan harga terendah, atau diskon di tanggal-tanggal tertentu yang diberikan sebuah biro perjalanan, maskapai, atau hotel, melalui notifikasi khusus dari Skyscanner.

Cari tiket pesawat terbaik

Mencari dan membandingkan tiket penerbangan dari banyak maskapai tidak sesulit dulu. Kini hal itu bisa dilakukan hanya lewat satu aplikasi. Mulai dari tiket penerbangan termurah, sampai dengan tiket pesawat maskapai terbaik seperti Tiket Pesawat Garuda Indonesia, tersaji lengkap di sini.

Ya, tiket pesawat Garuda sejak lama dipilih bagi mereka yang mendambakan kenyamanan terbang dengan fasilitas dan pelayanan terbaik Garuda.

Skyscanner memungkinkan kita untuk menemukan penerbangan termurah maskapai Garuda Indonesia, tanpa input tanggal serta tujuan tertentu. Untuk memesan penerbangan murah dengan Garuda Indonesia, klik di sini!

Dapatkan inspirasi perjalanan

Tidak sedikit dari kita merasa kesulitan saat mencari inspirasi perjalanan unik pada hari-hari tertentu seperti acara-acara seremonial khusus di sebuah daerah, atau kegiatan yang diselenggarakan setahun sekali,  dan event-event langka lainnya. Pertunjukkan yang seharusnya kita bisa hadir di sana, malah gagal gara-gara sering salah informasi.

Berbeda dengan Skyscanner. Untuk inspirasi instan, pilih saja tombol “ke mana saja” dalam aplikasi. Dengan mudah, Skyscanner akan menuntun kamu menemukan sebuah destinasi terbaik, pun pada waktu-waktu tertentu dalam sebuah daerah, ditambah dengan tawaran paket yang memuaskan.

Mencari hotel dan persewaan mobil termurah tidak sesulit dulu

Hotel, penginapan, penyewaan kendaraan untuk wisata tak bisa dilepaskan ebgitu saja dalam sebuah perjalanan. Semua itu perlu ada, untuk menunjang kenyamanan saat liburan perjalanan. Benar, kan?

Tidak hanya menawarkan perbandingan penerbangan saja, Skyscanner juga merupakan mesin alat pencarian dan pembanding dari ratusan ribu hotel, dan ratusan ribu penyewan mobil secara cepat dan akurat, kapan saja, dan di mana saja.

Hanya dalam beberapa detik, Skyscanner mampu menampilkan pilihan sebanyak 30 ribu lokasi bandara, dan kota secara rinci pada aplikasi. Ditambah dengan fitur saringnya, kita dapat memilah-milah kendaraan seperti apa yang ingin kita sewa.

Fitur pencarian terkini

Cari hal apa saja dari Nusantara dengan Skyscanner, semua akan tertampil apik dalam aplikasi. Mulai dari mengetikan nama destinasi dan wilayah, pengguna akan dituntun untuk memilih sebuah perjalanan menarik dengan segala fasilitas terbaik pilihan Skyscanner.

Skyscanner tidak hanya melayani perjalanan lokal saja, melainkan juga perjalanan internasional. Keren kan?

Pengalaman yang mulus

Sejak peluncuran pertama aplikasi pada tahun 2011 lalu, dengan cepat menjadikannya Skyscanner salah satu aplikasi yang paling banyak dicari dan diunduh secara online oleh masyarakat dunia. Aplikasi tersebut sangat mudah dioprasiksan di mana saja: smartphone, tablet, maupun dekstop dengan tampilan yang user friendly (ramah pengguna).

Sejak peluncuran pertama aplikasi pada tahun 2011 lalu, dengan cepat menjadikannya Skyscanner salah satu aplikasi yang paling banyak dicari dan diunduh secara online oleh masyarakat dunia. Aplikasi tersebut sangat mudah dioprasiksan di mana saja: smartphone, tablet, maupun dekstop dengan tampilan yang user friendly (ramah pengguna).

Kecepatan loading aplikasi sangat cepat, akan menghemat banyak waktu pekerjaan. Silakan saja coba sendiri! saya sudah mencobanya.

Program afiliasi terkeren

Salah satu fitur yang akan menjadi favorit di Skyscanner adalah tools afiliasinya. Pemain bisnis online, saya yakin kamu menyukainya. Bagaimana tidak, di sana kita bisa mendapatkan sebuah komisi hanya dengan promosi sebuah link. Jadi jika ada orang lain melakukan transaksi melalui Scyscanner lewat link yang kamu bagikan, maka kamu akan mendapat komisi.

Jadi saat nanti kita sedang sedang jalan-jalan menjelajahi Nusantara, kita masih bisa menghasilkan passive income dari Skyscanner. Belum ada perjalanan yang seasyik ini bukan?!

Tanpa biaya tambahan

Menghemat waktu dan uang untuk perjalanan tidak pernah semudah ini. dan satu hal terbaiknya adalah, Skyscanner tak pernah memungut biaya sepeser pun, alias GRATISSSS!

“Horeeee!!!”

Tidak ada biaya pemesanan, tidak ada gelap lainnya, tidak ada keluar duit. Yang ada semua jelas, yang ada semua mudah, yang ada semua ringkas. Perjalanan senang, hati pun tenang.

Belum pernah ada aplikasi pencarian perjalanan lain yang sebaik ini. Segala fitur dan kualitas unggulannya, semua fitus bisa kita gunakan secara cuma-cuma.

Sudah siap untuk menjelajahi Pasaman dan keindahan sudut-sudut Nusantar bersama Skyscanner sekarang?

Unduh Aplikasi ini Skyscanner di smarphone kamu, dan bergabung dengan lebih dari 60 juta penjelajah dari seluruh dunia!

 

 

* Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

Referensi:

  • https://www.skyscanner.co.id/
  • https://play.google.com/store/apps/developer?id=Skyscanner+Ltd&hl=en
  • http://jalanncerita.blogspot.co.id/2017/08/12-tempat-wisata-di-pasaman-barat-yang.html
“Perjalanan—akan membuatmu miskin kata-kata, tetapi setelahnya, akan menjadikanmu seorang pencerita.”
"Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya."

Jelajah Nusantra bersama skyscanner SEKARANG