Tokoh

Published on Desember 25th, 2017 | by Ibnu

Cerita Sukses: Belajar Dari Perjuangan Ingvar Kamprad Pemiliki IKEA

Dibalik fakta ada cerita. disnilah ada cerita sukses pemilik IKEA Ingvar Kamprad. Setiap manusia pasti mendambakan sebuah rumah tinggal yang nyaman serta layak dalam perjalanan hidupnya. Setiap dari mereka juga menginginkan hal-hal terbaik untuk dijadikan hiasan dalam rumah (interior). Masalahnya, sekadar mencari interior yang pas tersebut tidak hanya bisa dicari di datu tokoh saja. Disinilah IKEA hadir untuk menjawab permasalahn demikian.

Siapa tahu, kalau IKEA dilahirkkan hanya dengan keterbatasan, hanya dengan modal beberapa ribu poundsterling saja. Ingvar Kamprad namanya, sebuah legenda baru dalam bisnis dunia.

Pemilik IKEA Ingvar Kamprad

IKEA ada sejak tahun 1943, ia merintisnya ketika masih berumur 17 tahun.Kampard sendiri, sudah memiliki hobi berbisnis sejak kanak-kanak, ia memiliki minat lebih terhadap bisnis dibangding teman-teman sebayanya kala itu. ketika kawan yang lain sedang asyik bermain sepak bola saat senggang, Kamprad remaja mampu memanfaatkan waktu luangnya dengan menyendiri di sebuah tempat, untuk mencari gagasan usaha yang hebat.

Ia pernah diberi uang oleh ayahnya, uang tersebut seharusnya digunakan untuk keperluan membayar kegiatan studi sekolah, malah dengan sengaja diselewengkan olehnya. Ia melakukan kenekatan dengan menjadikan uang tersebut sebagai modal usaha pendirian IKEA.

Kampard remaja pernah beberapa kali menjual barang berupa, kaus kaki, pena, dan beberapa peralatan kecil sekolah tetapi, ia perhatikan pemintaan tertinggi berasal dari pena. Wajar saja, soalnya pada era 1940-an pena merupakan penemuan baru, bahkan dinegaranya Swedia.

tidak hanya itu…

Melihat peluang tersebut ia memberanikan diri untuk memproduksei 500 pena di Paris, Prancis. Dari mana modalnya? Apa lagi, kalau tidak meminjam modal dari bank daerahnya.

“Itu adalah pinjaman pertama dan terakhir dalam hidup saya…”

Meski masih mudah, Kampard sudah memiliki kesadaran untuk memanfaatkan waktu luang dengan mengisi kegiatan dengan baik. ia juga memiliki sebuah strategi marketing yang hebat, sehingga mampu menarik banyak calon pelanggan. Dengan menjanjikan secangkir kopi, serta roti gratis kepada setiap orang yang datang meutnuk membeli ke tokonya.

Waktu berjalan cepat, dan IKEA perlahan mulai naik menjadi, mulai tumbuh menjadi raksasa dalam dunia bisnis. Itu berkat kerja keras dari Kampard sendiri.

Hari ini, benar-benar terjadi, IKEA telah menjadi perusahaan furnitur nomor wahid dunia, menjadi rajadipasar tersebut. perusahaannya saat ini telah memiliki lebih dari 44 toko di setiap negara, anggka penjualanya bisa tembus angka 27,6 miliar pounds. Produk berasal dari IKEA sangat dominat dihati masyarakat eropa.

Walau ikea sudah tumbuh pesat, Kampard tidak mau untuk bernapas lega, tidur-tiduran dan santai, ia terus saja berusaha untuk emmproduksi ide-ide terbaik untuk perusahaannya tersebut. perusahaan ini dikenal dengan disain yang modern namun unik. Salahs atu perinsip IKEA dalam menjalankan bisnisnya ialah, dengan mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas barang.

Kini pemiliknya, sudah tinggal menikmati hasil jerihpayahnya ketika masih muda dahulu.  Ia memiliki pesan untuk kita semua supaya jangan takut untuk mencoba, karena hanya orang tidur yang tidak pernah gagal, tandasnya.

kesimpulan

kita bisa banyak belajar dari pemiliki ikea ingvar kamprad yang dalam kisahnya mengajarkan untuk menjadi pengusaha sebenar-benarnya pengusaha. ia adalah sosok yang jeli melihat peluang, ia tidak pernah mengeluh dan melihat keterbatasan sebagai batas, melainkan sebagai tali loncatan agar ia bisa terus berusaha.

Ingvar sangat bisa memanfaatkan waktu dengan egiatan yang positif. selain itu juga, ia manusia yang pernah gagal dari mencoba. jangan takut mencoba ya, dari mencobalah kita akan segera mengetahui hasilnya.

jangan lupa share yaa..

join grup facebook segera >>disini!<<<

Baca juga=> Kisah Inspiratif Rahasia Zhang Yin Jadi Milyarder Dari Sampah Kertas


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑