Tips & Motivasi

Published on Mei 20th, 2018 | by Ibnu

11 Hewan Lucu Ini Ternyata Juga Punya Hobi Berpuasa Hlo!

Kalau hanya berpuasa, hewan juga bisa … maka, jangan terlalu bangga dulu deh jadi manusia (yang berpuasa).

Saya membayangkan, ketika perintah berpuasa itu seperti perintah mengerjakan tugas oleh guru di sekolahan.

Kenapa sih, guru di sekolah mana pun, hobi sekali memberi tugas pada muridnya? laporan-lah, PR-lah, tugas ini itu-lah.

Murid yang sudah tercerahkan, pasti mengerti jawaban pertanyaan ini

Seorang guru memberikan tugas untuk muridnya bukan semata untuk menyusahkan si murid, bukaaan.

Guru ingin: muridnya menjadi pintar.

Sama halnya puasa ketika menahan haus dahaga, menahan hawa nafsu, itu semua bukan untuk menyusahkan manusia, melainkan untuk kepentingan manusia itu sendiri.

Umat Islam harus bangga dengan perintah puasa yang tertulis jelas pada kitab-Nya Al Quran. Terlebih dengan adanya bulan suci ramadhan ini. Saat itu umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh, dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Alhamdulillahh ..

Sebelum terkejut mengetahui 11 binatang yang berpuasa, kita harus tahu dulu apa itu puasa.

Apa sih puasa  itu?

Dinukil dari kitab (kamus) besar bahasa Indonesia (KBBI), puasa memiliki pengertian: menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja.

Udah itu saja.

Soal makna harfiah, saya yakin sahabat semua jauh lebih faham dari saya.

Seperti yang saya katakan di awal. Jangan salah, tidak hanya manusia hlo yang bisa berpuasa. Hewan-hewan juga tidak ingin ketinggalan. Mereka oleh Allah di disain sedemikian rupa agar manusia mau berpikir (belajar).

Apa saja sih 9 hewan lucu yang hobi berpuasa itu? ini dia!

9 hewan lucu yang punya hobi berpuasa:

Unta

“Pak guru, mau ke Arab , ya pak?”

“Iya, nak … biasa … umrohhhh”

“Weee, saya nitip dong pak.”

“Nitip apa? nanti bapak bawakan … mumpung lagi kaya ini, ha ha ha.”

“Bawakan anak unta, ya pak?!”

“Tenang, kubawakan nanti …”

Hewan  yang berpuasa pertama adalah Unta. Hewan khas timur tengah ini bnyak digunakan sebagai alat transportasi masyarakat, selain dagingnya yang juga dikonsumsi.

Kondisi geogarfis gurun nan panas, sangat sedikit air, telah menjadikan unta hewan yang kuat. Bagaimana tidak? Ia bisa bertahan hidup tanpa makanan dan air hingga berhari-hari lamannya. Itu artinya unta juga berpuasa.

Kukang

Dibalik pembawaan kukang yang lemah gemulai. Siapa sangka dia salah satu hewan yang hobi berpuasa.

Logikanya sederhana, karena kukang adalah hewan naturnal alias hewan yang aktivitasnya banyak dilakukan di malam hari, maka di siang hari ia mengisi hari-harinya dengan tidur.

Beruang

“kamu suka tak, aku kasih boneka beruang, Dik?”

“Aaa, sudah biasa, Mas!

“Aku maunya kamu …

“Uwuwuwu”

*Ini siapa sih!

Beruang, ya. bukan berang-berang!

Ketika musm dingin tiba, beruang biasanya mengaktifkan mode hibernasinya, ia akan kembali ke sarang dan tidur untuk waktu lama, menunggu musim selanjutnya.

Beruang tidur tidak mungkin ia makan, maka bisa dikatakan beruang ini punya hobi berpuasa juga.

Ayam betina

“Ayam betina juga puasa? Ah, yang benar Mas?!”

Iya benar.

Kalau tidak percaya, silakan perhatikan indukan ayam yang hendak mengerami telurnya. Telur dari hasil buah cintanya bersama ayam jantan.

Kalau itu tidak dilakukan, mustahil telur-telur itu akan menetas tepat waktu.

ketika ayam betina sedang berpuasa, suhu tubuhnya akan naik beberapa derajat. Suhu tersebut harus tetap terjaga kehangatannya demi perkembangan si telur.

Hmm … ia akan betah di sana terus sampai telurnya menetas, sampai berhari-hari.

“Wah … sungguh berat memang perjuangan ayam betina!”

Ular dan buaya

Sebenarnya kedua reptil ini bagi saya tidak lucu-lucu amat. Tapi tak apalah disebutkan sekalian, khawatirnya jika mereka protes dan datang ke rumah untuk demo.

Ular biasanya puasa ketika hendak berganti kulit. Sama seperti ayam betina sebelumnya, itu dilakukan demi menjaga suhu tubuh agar tetap stabil untuk pergantian kulit.

Berbeda dengan ular, buaya lebih keren, ia sanggup berpuasa hingga berbulan-bulan lamanya, motif ia berpuasa kurang jelas, mungkin karena hobi …

Ulat

Ulat sebenarnya hewan yang sangat menggemaskan walau ada juga orang yang fobia terhadapnya. Saya paling suka jika melihat ulat sedang makan daun. (Korban iklan teh)

Ulat adalah hewan paling prihatin. Ya, itu tercermin dari proses hidupnya yang tidak menentu. Sebentar sebentar jadi telur, sebentar sebentar jadi ulat, sebentar lagi, jadi kupu-kupu.

Dan pada fase puncak adalah fase “berkepompong” kita ta kpernah tahu apa yang sedang ulat lakukan di dalam kantungnya, tapi yang jelas ulat tidak makan apa pun saat itu. Ia berpuasa.

Nah, motif ulat ini sangat keren sahabat. Ia puasa karena ingin menjadi seekor kupu-kupu. Kalau sudah jadi ini, semua orang menjadi suka terhadap kupu-kupu.

Penguin

Semua ciwi-ciwi pasti sepenendapat dengan saya, kalau tidak hanya di film saja penguin itu lucu, tetapi di kenyataan pun penguin sangat menggemaskan, terlebih soal gaya berjalannya yang bagaikan model.

Di habitan aslinya sana, penguin bisa bertahan hidup sampai sekitar 3 bulanan lebih tanpa makanan. Coba bandingkan dengan kita yang nggak makan sehari saja sudah tolong-tolong!

Hiu putih

Lupakan hewan darat. Di laut juga ada hewan berjenis ikan yang sanggup berpuasa, namanya ikan hiu putih

Hiu putih ini, di film-film kartun banyak diceritakan sebagai tokoh antagonis super kejam. Padahal sebenarnya ia adalah ikan yang prihatin: karena hiu putih juga berpuasa ketika tidak mendapat mangsa.

Spesifikasi unggulan hiu putih: bisa hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu.

Ikan salmon

Ikan salmon berpuasa ketika ia bermigrasi besar-besaran dari satu wilayah ke wilayah lain. Motifnya sederhana, jika ia puasa, tubuhnya akan gesit untuk berenang pada jarak yang sangat jauh, dan tentu untuk menjaga suhu tubuhnya.

Kodok

“Satria, kamu kenapa melompat-lompat? Bosan jadi manusia” kata saya kepada keponakan yang berumur 3 tahunan.

“Mau jadi kodok, Mas!” katanya sambil menirukan suara kodok, “Kung kong, kung kong.”

“Hlo, kodok itu hobinya puasa, kalau kamu kan … makan terus! Nggak bisa dong jadi kodok” seketika ia berhenti melompat, berdiri, lalu berjalan pongah menghampiri saya dan bilang:

“Aku kan manusia, bukan kodok!!!”

Hadeh, mendadak saya menyesal karena dulu tak lulus “TK” 😀

Ada yang tahu ke mana kodok pergi ketika musim kemarau?

Ada yang pernah melihat kodok sedang bermain saat musim kering?

Tidak?

Hmm … jadi, ke mana perginya kodok ketika musim kemarau?

Katak tidak pergi, ia hanya hibernasi (tidur). Teracatat ada beberapa spesies kodok yang bisa tidur hingga 16 bulan. Tidur apa mati suri itu yaa?

Lantas, apa makna puasa bagi semua?

Ketika mengetahui hewan-hewan yang berpuasa barusan, apakah membuat kita jauh lebih semangat lagi untuk menjalankan puasa?

Semoga, YA.

Oke, semoga artikel tentang 11 hewan yang berpuasa di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan sahabat semua. Aamiin.

Baca juga: 3 Langkah Cerdik Menyaring Informasi Negatif di Era Digital

Tags: ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑