Blogging

Published on November 21st, 2017 | by Ibnu

11 Elemen Wajib Ada Dalam Mendesain Blog yang Mampu Meledakkan Traffic

Hal yang menarik dari kegiatan blogging pencarian misteri, misteri berujung pada segelintir pertanyaan yang perlu jawaban bersifat matematis. Apa contoh pertanyaan misteri tersebut?

“Kenapa ya, blog saya kok masih sepi pengunjung. Padahal artikel sudah banyak, teknik SEO juga sudah lumayan, tapi kok sepi? Apa ada yang salah? Hhmm…” (contoh)

Hal diatas merupakan contoh kecil mengenai hukum sebab akibat yang ada di dunia ini. Kita perhatikan, apapun sesuatu yang terjadi, demikian itu pasti ada alasanya (sebab), dan dampak (akibat). Tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Masa blog sepi merupakan sebuah kebetulan? Ga munkgin toh…  Sahabat perlu mengerti betul Elemen wajib dalam mendisain blog.

Pernah lihat rumah berpenghuni? Namun rumah itu sepi. Tidak ada orang orang yang bertamu, semut enggan mencari makan disana, dan kesunyatan lain.

Bisa saja kan, penyebabnya ini: rumah tersebut kotor, sampah bertebaran sampai ke loteng, dinding luarnya ada tulisan, ”semut dilarang masuk” dengan kapur ajab.

Sama halnya dengan blog. ketika Blog sahabat sepi, kosong tanpa lalu-lalang kendaraan, sepi komentar, dan masalah lain. itu bukan kebetulan belaka, melainkan ada sesuatu hal yang membuatnya demikian.

Baca juga: Cepat Terkenal Melalui Blogging

Menjawab pertanyaan barusan. Bahwa blog yang penuh artikel SEO, kok malah sepi pengunjung?

Mungkin kesalahanya bukan terletak pada kontenya yang super SEO, hanya saja disain blognya yang jauh dari harapan. Harusnya belajar dari “Elemen wajib dalam mendesain blog”, yang nantinya saya bagikan.

Yup… Disain dari sebuah blog memang memengaruhi tingkat kesehatan blog. Disain blog punya peranan utama untuk membuat pemirsa betah berlama-lama, bahkan menjadi pelanggan tetap  blog kita. Dan yang terpenting, dapat membuat traffic blog meledak-ledak.

Coba, apa yang pertama kali sahabat lihat jika bertemu dengan calon pasangan atau orang yang sahabat cintai? Apalagi kalau bukan… Wajah…

Disain blog itu bagaikan wajah pada diri manusia. ia mampu mewakili keseluruhan isi dari blog, bahkan pemiliknya.

Hal yang saya bagikan kali tentang “Elemen wajib dalam mendesain blog” ini, saya harap dapat  bermanfaat bagi sahabat yang ingin memulai blognya, sekaligus para rekan blogger yang belum menemukan disain blog yang pas.

Karena kebanyakan dari blogger baru, mereka suka bimbang, belum terlalu mengerti mengenai elemen wajib dalam mendesain blog, untuk meledakkan traffic blognya.

Saya pun sama, entah berapa kali ya, dahulu sering gonta-ganti template blog, mencari yang disainya ajib. Mungkin ada lebih dari lima kali. Dan itu cukup banyak membuang-buang waktu, tenaga apalagi…

Mendisain blog yang mampu meledakkan raffic itu gampang-gampang susah, juga susah-susah gampang. Di bilang gampang karena kini ada cara instan bagi siapa pun termasuk pemula bisa memiliki disain blog yang prefesional. Itu berupa template-template instan berbayar dan gratis yang sudah di sediakan oleh pengembang blog. Jadi tidak perlu mahir koding hulu hanya sekadar ingin punya blog keren.

Baca juga: Berikut Langkah Praktis Membuat Artikel Viral Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Susahnya mendesain blog, terletak di penyesuaian antara selera kita sendiri (pemilik blog), dan selera umat (orang banyak atau visitor). Terlebih di luaran sana banyak sekali model template yang berbagai macam varian, tentu itu membuat siapa pun bingung menentukan pilihan.

Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan sebuah bahasan yang akan membantu sahabat mendesain blog berjudul, Elemen Wajib Dalam Mendesain Blog.

Ada tiga unsur utama dalam template blog standar yang perlu sahabat ketahui terlebih dahulu.

Tittle bar

Tittle bar atau baris judul ialah ruang dalam template yang berfungsi untuk menempatkan judul/nama blog kita. Biasanya letaknya diatas dari setiap blog.

Tittle bar mampu menunjukan sebuah identitas sebuah blog. Selain judul/nama blog dengan tulisan, lainya bisa menggunakan variasi dengan logo, agar lebih menarik dan prefesional.

Tidak hanya nama/judul blog. Disana boleh diimbuhi dengan jargon unik, agar lebih mampu dikenang pemirsa yang menyaksikan.

Tittle bar ini wajib ada ya rekanku. Ia masih dipercayai sebagai tanda keprefesionalan sebuah situs blog. Sedikit tips dalam membuat disain logo blog. Logo harus mampu menyolok mata. Dengan disain yang maha unik.

Slide bar

Bagian ini ialah sebuah ruang kosong disekitar halaman (kanan/kiri, maupun kanan-kiri) yang memiliki fungsi dalam tata letak tambahan yang bisa ditambahkan secara manual oleh pemilik blog.

Pada slide bar ini biasanya di selipkan menu widget pendukung blog seperti yang mempermudah pemirsa untuk mengulik isi dan identitas blog, seperti: kotak pencari (search box), artikel favorit, artikel terbaru, profil, dan sebagainya.

Slide bar juga merupakan tempat menempelnya iklan-iklan yang bisa menghasilkan uang. Dan cara ini terbukti berhasil bagi mereka yang bermain iklan (adsene, dll).

Lagi-lagi, masalah ini tergantung selera pemilik blog. Pastikan saja, kira-kira apa yang dibutuhkan pemirsa ketika membaca blog kita. Pembahasan lebih lanjut nanti ya di belakang…

Post page (halaman terbit)

Dalam blog, otomatis sahabat akan membuat sebuah konten. Nah, tempat konten inilah yang dinamakan post page/halaman terbit.

Di definisikan, post page ialah tempat dimana dimuatnya sebuah konten(teks, video, gambar, gif, dll) yang sudah kita upload dari dasbord (dapur pengerjaan). Yang setelah penguploadtan konten tersebut bisa lihat langsung oleh pengunjung blog.

Materi penyusunya biasanya terdiri dari judul konten/artikel, isi, kolom komentar, tombol, share dll.

Footer

Footer hampir mirip fungsinya dengan slide bar yang bisa dimasukkan widget, hanya saja letaknya di bawah, bagian kaki, sama seperti namanya. biasanya disana tertera informasi hak cipta, logo, kategori, dan sebagainya.

Dengan ke empat unsur diatas sebenarnya sudah mampu menjadikan standar blog yang mampu meledakkan traffic. Namun, ada beberapa elemen tambahan yang wajib ada dalam mendisain blog untuk meledakkan traffic blog yang sangat baik untuk sahabat ketahui bersama. Yuk ikuti, simak, baca…

Hosting yang mumpuni

Hosting itu ibarat sebuah ruko, dan blog ialah isi/konten dalam toko(barang yang dijual). Dengan memilih hosting yang baik, tentu akan menambah kesan blog prefesional. Loading cepat,  perpindahan ringan, tidak macet, lancar jaya. Percuma kan disain blog kita cantik, namun kinerja blog tersebut malah tidak cantik?

Tenang, ada banyak perusahaan hosting dalam negeri maupun luar negeri yang bisa sahabat pilih. Semuanya bagus-bagus. Sesuakan saja dengan kebutuhan, dan kantong sahabaat masing-masing. Hi hi hi…

Menentukan template yang standar

Template yang standar itu seperti apa sih?

Ada dua jenis template yang bisa sahabat gunakan, gratisan dan berbayar. Template berbayar tentu lebih memiliki kelebihan dibanding gratisan. Berbayaaarrr gituu… namun bukan berarti versi gratisan buruk ya… gratisan juga bagus kok, asal pintar-pintar memilih saja.

Responsive, SEO friendly, adsense friendly, mobile friendly, dan lain-lain. adalah ciri template dengan spesifikasi dewa. Spesifikasi terbaik zaman ini.

Apa sangkut pautnya antara desain blog dengan SEO?

Semakin ramah SEO blog kita, tentu akan meningkatkan jumlah visitor di blog melalui pencarian “organic” atau lewat mesin pencari. Pencarian organik lewat SEO masih menjadi alat nomor satu untuk meledakkan traffic blog.

Setting layout

Ini adalah hal sangat penting, seperti yang sudah saya jelaskan diawal tadi. Penempatan tittle bar, slide bar,  post page, dan footer harus dibuat se-apik mungkin, agar pemirsa blog kita senang dan nyaman ketika mengunjungi blog kita.

Lagi-lagi, disini perlu sebuah kreatifitas, dan nilai kepekaan yang cukup tinggi. Berusaha menyesuaikan, serta menyeimbangkan antara keinginan pribadi, dan kebutuhan orang banyak.

Kombinasi warna nun serasi

Apa jadinya kalau seluruh bunga di dunia bewarna sama? Pasti tidak menarik bukan?

Hidup ini harus penuh warna, yang terwujud dalam perbedaan yang saling mengindahkan. Sama halnya dengan disain blog.

Blog yang hanya memiliki satu warna dominan tentu tidak akan menarik pemirsa untuk berkunjung. Maka, pakailah beberapa warna untuk membuatnya semakin elegan. Semakin serasi.

Untuk menentukan warna apa yang sebaiknya di gunakan dalam blog, maka cobalah untuk mengetahui target market blog tersebut dahulu. Kira-kira siapa orang yang akan membaca blog ini? berapa umurnya? dan sebagainya.

Dari mengetahui data fisiologis tersebut diharapkan kita termudahkan dalam menentukan kombinasi warna nun serasi. Jika sasaranya untuk anak-anak, pakailah gaya disain full color. Sama seperti kehidupan anak-anak yang penuh warna.

Minimal warna tersebut sejuk sedap di pandang mata, tidak terlalu kontras yang membuat mata sakit, sampai menitikan air mata.

Ada apa dengan ruang kosong?

Ruang kosong memiliki cangkupan makna yang sangat luas. Sama halnya di dalam sebuah situs blog. Ruang kosong juga mampu memengaruhi psikologis pemirsa blog kita loh.

Berikut beberapa tujuan memberikan beberapa ruang kosong dalam sebuah blog/postigan artikel:

  • Memfokuskan terhadap sesuatu yang ingin difokuskan
  • Menyeimbangkan layout, sekaligus harmonisasi
  • Teks nyaman dan lebih terstruktur
  • Meningkatkan pemahaman terhadap informasi yang disampaikan ke pemirsa
  • Mengistirahatkan mata
  • Dan banyak lagi.

Jika dalam sebuah blog tidak memiliki ruang kosong, aliaas penuh dengan banner iklan-iklan yang menganggu ketika membaca, itu akan membuat pemirsa enggan untuk datang kembali. Gimana ya, kekosongan itu adalah seni, menurut saya.

Pemilihan font

Teks memiliki bagian hampir 88 % dalam sebuah situs blog maupun website. Maka, betapa pentingya hal ini untuk menunjang pengunjung blog kita.

Untuk memilih font (huruf) dalam blog tidak boleh sembarangan yaa. Karena sebuah tulisan itu mengandung makna, nilai, dan arti psikologis tertentu.

Pakailah sebuah font yang standar, mudah dibaca, tidak lebay, tidak menor, tidak membuat pemirsa menangis kala membacanya. Bagaimana pun kesederhanaan itu harus tetap ada dalam sebuah jiwa, termasuk dalam sebuah tulisan.

Jika ingin menciptakan kesan elegan, klasik, resmi, seperti pada surat kabar dan buku, sahabat bisa pakai jenis font seperti : Times New Roman, Garamond, Georgia, dan Cambria.

Jika ingin menciptakan kesan kasual klasik seperti tulisan tegak bersambung sahabat bisa menggunakan font brush, handwriting, kaligrafi.

Catatan: jangan menggunakannya untuk di dalam post, kalau dalam judul tidak masalah.

Pengolahan menu navigasi

Mengolah menu navigasi yang baik, sangat mendukung situs blog nantinya, blog  mendapat kesan tersendiri terhadap pemirsanya. Terlebih jika sebuah blog sedang terpasang iklan adsense. Hal ini wajib diperhatikan.

Navigasi menu yang sederhana akan memudahkan pembaca untuk memilih menu. Gunakanlah menu pokok saja, yang sekiranya penting untuk dipasang. Oke?

Search box (kotak pencari)

Salah satu tools yang sering digunakan oleh pemirsa ketika hendak mencari artikel dalam sebuah situs adalah kotak pencarian ini. Apalagi ketika pengunjung tersebut belum menemukan jawaban yang ada diatas langit. *lah kok malah nyanyi mas?

Setiap template berbayar/gratisan biasanya sudah menyediakan tools seasch box ini. jika tidak ada, sahabat masih bisa menggunakan plugin search box yang sudah disediakan pengembang.

Halaman identitas blog

Ada beberapa halaman yang wajib ada dalam sebuah situs blog atau website. Hal ini perlu untuk memudahkan pemirsa kita ketika ingin mencari informasi tentang pemilik blog, maupun informasi blog.

Beberapa halaman itu seperti, kontak, daftar isi, disclaimer, privacy policy, dan tentang.

Visual berkualitas

Menggunakan gambar berkualitas kualitas gambar dalam thumnail, artikel, feature image, home page, dll, akan sangat mendukung dalam rangka penekanan terhadap sebuah nilai yang ingin disampaikan.

Gambar bisa menjelaskan apa yang tidak bisa dijelaskan loeh kata-kata. Ia berperan sebagai pelengkap dari sebuah blog, yang mampu memberikan kesan unik tersendiri.

Tombol share artikel

Penulis, jika menulis, pasti ada sesuatu yang ingin di bagikan untuk pembacanya, entah itu bersifat informasi, nilai, maupun makna. Pembaca pun juga demikian, jika merasa mendapatkan sebuah nilai ketika sesudah membaca tulisan, ia akan senang membagikanya kepada orang-orang disekitarnya.

Tugas kita ialah memudahkan mereka untuk membagikan apa yang sudah kita tulis dalam blog. Cara termudah ya dengan menyediakan tombol share yang bisa di letakan disamping artikel, maupun di bawah artikel.

Ada beberapa template yang sudah memberikan paket tombol share seperti ini, jika di template sahabat belum ada, silahkan cari pluginya di web pengembang ya…

Plugin related post

Related post merupakan plugin yang berfungsi menghubungkan artikel yang sedang dibuka, dengan koleksi artikel lainya yang ada di blog kita. Hal ini lumayan memancing mereka untuk lebih mengulas apa saja artikel yang ada di situs blog milik kita. Sahabat bisa mencari pluginya di web pengembang.

Nah itulah 11 Elemen Wajib Ada Dalam Mendesain Blog yang Mampu Meledakkan Traffic. Bagaimana rekanku, menarik bukan mengetahuinya?

Apa masih ada yang kesulitan membayangkan disain blog yang prefesional?

Tenang. Saya punya trik jitu untuk memudahkanya…

Dengan menggunakan teknik “3M” (melihat, meniru, menambahkan) diharapkan mampu membuat ini lebih sederhana. Namun bukan berarti saya mengajarkan ilmu jiplak ya. Catet!

ini berbeda sama sekali… Caranya sangat sederhana. Silakan sahabat buka loptop/smartphone, lalu cari di google dengan kata kunci yang sekiranya mirip dengan tema blog yang sedang sahabat bangun.

Contoh: sahabat ingin membangun blog tema tentang makanan

Nah, setelah itu akan muncul beberapa website yang menyangkut tema yang sedang di cari. Setelah itu pilih 3 atau 5 judul dari yang teratas di hasil pencarian.

Situs yang masuk dalam rank 5 besar google biasanya memiliki kualitas disain dan konten blog yang prefesional. Dari sana, sahabat bisa banyak belajar tentang bagaimana cara mereka (situs rank 5 besar) mendisain situs blog maupun websitenya.

Dan ingat, buatlah perbedaan, jangan sekali-kali mencontek mentah. Itu tidak baik, tidak kreatif. Oke!

Baik, semoga artikel diatas dapat membantu rekan-rekan tercinta semua yang sedang membangun sebuah blog maupun website. Jangan lupa ya, untuk gabung ke grup facebook saya. Disana banyak info menarik seputar dunia internet marketing, blogging, dll. Klik disini!

Ayo berbagi, dengan cara share artikel ini!

Baca juga=>Ngeblog: Amalan Menuju Surga

 

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑