Tips & Motivasi

Published on Desember 31st, 2017 | by Ibnu

Definisi Uang Yang Banyak Orang belum Tahu [Pembisnis Wajib Baca]

Halo semuanya apa kabar…? sudah kosongkah dompet bisnismu dari uang hari ini? Hehe… semoga sahabat semua selalu dilimpahkan rezeki bisnis yang barakah dari Allah. Aamiin. Apa definisi uang sebenarnya?

Meskipun judulnya demikian, tapi kita tak akan mengenai uang ssecara harfiah dan sejarah, seluk beluk mengenai itu bisa kamu baca sendiri disini: wikipedia.

kalau bukan bahas uang lalu apa?

Tenang, kita tetap membahas uang, hanya saja lebih kepada sesuatu yang ada dibalik “uang” itu terseniri. Lebih cenderung mengkaji pandangan seseorang terhadap uang. Tentu tujuannya tak lain agar pemahaman kita semua terhadap uang, menjadi lebih baik lagi.

Kebanyakan pembisnis gagal

Banyak pengusaha bermain bisini gagal karena melakukan salah satu kesalahan ini, apa itu? mereka ndak ngerti uang…

Uang ada untuk apa? uang ada buat apa? mereka memiliki pemahaman yang standar, cenderung sama dengan pandangan masyarakat umum terhadap uang.

Pandangan yang sama, akan menghasilkan hasil yang sama. Maka benarkan dahulu pengelihatan sahabat terhadap apa saja, termasuk uang… definisi uang sebenarnya

Pandangan uang secara umum

Dari rata-rata orang yang saya temui, mereka memiliki definsi tersendiri terhadap uang. Bagi mereka, adalah segalanya. Uang adalah sumber keceriaan… Uang adalah ide… Uang adalah energi… Uang adalah alat tukar.

Salah kah mereka?

Tidak… sudah benar, sudah tepat, namun kurang polesan sedikit. Masalah mindset…

Mindset seperti itu belumlah tepat terhadap uang. Ada hal lebih besar lagi yang bisa sahabat lakukan dengan uang. Tidak hanya sebagai pemenuhan kebahagiaan individu saja.

Awalnya saya pun memiliki pandangan seperti itu terhadap uang. Wajar… sejak kecil orang tua tidak pernah sama sekali mengajari ilmu tentang uang, setau saya uang itu ya sesuatu alat pemenuh kebutuhan. Kalau mau punya mainan, harus ada uang.

Mungkin orang tua saya juga sama, belum tahu uang. Sebuah kebiasaan pola pendidikan keluarga yang banyak terjadi masyarakat Indonesia yang perlu kita benahi bersama. Pemahaman terhadap uang.

Saya juga yakin, sahabat disini memilih jalan bisnis agar bisa menghasilkan uang secara cepat kan? ingin mendapat uang untuk pemenuhan kebutuhan hidup kan? sudah ngaku saja… Kalau tidak, saya malah menjadi ragu dengan impian sahabat yang mau jadi pengusaha besar dimasa depan.

Walau benar, tapi apa yang membedakan kamu dengan diri saya waktu kanak-kanak? Uang itu lebih dari sekadar sebagai alat pemenuhan kebutuhan saja.

Memang, bisnis itu wajib menghasilkan uang. Kalau bisnis hanya sekadar hobi, mengisi waktu luang, tanpa menghasilkan uang, itu namanya piknik bukan bisnis.

Sebelum mengarah jauh ke tujuan bisnis, yaitu menghasilkan uang, maka saya rasa penting untuk memngerti ilmu uang.

Kata kang Dewa, “Uang dalah alat tukar, yang berasal dari sebuah ide”

Kenapa hayo?

Karena, berapapun uang yang telah mampu kita peroleh, semua itu tergantung seberapa besar nilai ide yang kita berikan. Uang yang kita kumpulkan akan berbanding lurus dengan energi yang di berikan.

Dan perlu sahabat ketahui, sebenarnya yang dikejar manusia iu bukan uangnya, melainkan sesuatu yang dinilai lebih beharga dari uang. Mudeng?

Misalnya, ketika kamu berniat ingin berjualan dan mendapat uang banyak, dan ketika memiliki uang kamu akan berpikir mengenai impian seperti, rumah layak, mobil mewah, pergi umroh, travelling ke luar negeri, sedekah banyak, membantu waraga miskin, nikah muda 😀 dan lainya.

Menyelesakan kesulitan finansial, dan untuk memenuhi kebutuhan, itukan yang kita inginkan dari “Uang” tepatnya sesuatu dibalik uang.

Jika saat ini dalam menjalankan sebuah bisnis sahabat masih belum merasakan hasil yang memukau, bisa saja terdapat kesalahan terhadap uang ini. Maklum saja, menurut saya pengetahuan tentang uang yang salah, akan melahirkan tujuan serta hasil yang salah juga. Sebaliknya, jika pemahaman terhadap uang itu baik, maka tujuan dan hasil pun juga ikut membaik.

seseorang terhadap uang. Apa yang orang lihat dari uang, karena itu tadi, seberapa pandai sahabat melihat sesuatu, maka semakin mengertillah sahabat dalam banyak hal.

Definisi uang sebenarnya

“Semakin kukejar, semakin kau jauh..”

Pernah mengejar sesuatu nun indah? Uang contohnya…

dan apakah semakin sahabat kejar, uang itu akan semakin mendekat? Tentu tidak… uang akan semakin jauh kalau hanya dikejar-kejar, tanpa ilmu apa-apa.

Saya pribadi sudah mengalaminya, ketika seluruh pikiran dan energi tubuh mengarah ke uang, semakin itu juga saya merasa lelah berlari. Memang uang tidak pernah datang sendiri, dan untuk meraihnya perlu usaha, tapi cara kita usaja juga akan menentukan hasil, dan semua itu berdasar ke niat dan cara pandang.

“oh… begitu bang, lalu lalu?”

Semua butuh ilmu. Jadi kalau kamu hendak menjadi manusia yang beruang, maka pelajarilah ilmu tentang uanng. dan ilmu pertama yang waib sahabat miliki adalah ilmu pemaknaan, ilmu titen kalau di jawa.

Salah memaknai sesuatu, ujung-ujungnya pasti ga enak. Maka, cobalah memahami sesuatu dengan benar, dengan berusaha memaknai apa saja yang terjadi di lingkunngan sekitar.

Uang bukanlah uang

Kan Allah sendiri bilang, amal yang tidak akan terputus dari orang yang telah meninggal salah satunya ialah amal jariyah. Dan hal itu bisa dilakukan dengan uang.

Jadi apa?

definisi uang sebenarnya. Uang tidak hanya sekadar alat tukar, uang bukanlah uang. Uang adalah kemanfaatan. Jika ini yang kita kejar, maka  Allah dengan senang hati melimpahkan rezeki kepada kita. Namun jika kita masih salah kejar, mungkin akan sebaliknya.

Bisnis merupakan aset bagi seorang pengusaha. Dan namanya aset haraus tetap berkembang dan selalu bisa menghasilkan uang. Jika sudah begini, maka sahabat membutuhkan manusia lain untuk sama-sama bekerja dengan tujuan sama, alias membuka lapangan pekerjaan.

Dengan begitu maka semakin banyak orang yang tertolong dengan bisnis tersebut.  insyaAllah juga menjadi amal jariyah bagi pemiliknya. Dan uang dari hasil bisnis pun menjadi berkah.

Jadi initinya lihat maknanya bukan materinya. Uang itu hanya sebagai alat mempermudah transaksi, tapi tujuan, dan makna terdalamnya bisa lebih dari sebuah transaksi jual beli. Dan makna tersebutlah yang harus kita dapatkan, dan jika perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam aktivitas berbisnis.

Mengerti konsep definisi uang sebenarnya ini, sahabat tidak lagi akan buang-buang tenaga hanya untuk terfokus ke hasil atau materi saja. Melainkan lebih memilih menyusun strategi bisnis, agar semakin banyakmasyarakt yanag terlayani, jika sudah begitu uang akan datang dengan sendirinya tanpa kita kejar.

Agama dan uang

Harus bangga sebagai umat islam, karena memiliki pegangan hidup yang sangat lengkap tanpa cacat. Semua itu berguna untuk diri kita sendiri. entah itu yang tertuang dalam Al-Quran maupun lewat hadist Nabi Muhammad SAW.

Dunia itu hina dan sementara, dan apa saja yang melekat padanya juga ikut hina. Termasuk uang. Maka, jangan hanya mengejar uang, melainkan manfaat dibalik alat tersebut, dan jadikan bekal untuk kehidupan selanjutnya…

Jangan salah kejar lagi yaa…

Jika artikel mengenai definisi uang sebenarnyatersebut bermanfaat jangan lupa untuk membagikanya kepada rekan-rekan lainya. kritik, komentar, dan saran bisa sahabat tulis paa kolom komentar bawah.

Gabung grup facebook sekarang! >>DISINI<<

Baca juga=>7 karakter Dan Cara Joe Girard Menjual Ribuan Mobil Dalam Setahun


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑