Bisnis Online

Published on Desember 15th, 2017 | by Ibnu

Kiat Cara Promosi Yang Baik Layaknya perusahaan besar Seperti Xiaomi

Perusahaan besar memiliki cara atau kiat cara promosi yang baik tersendiri dalam setiap usahnya memasarkan produk. Saya ambilkan contoh dari perusahaan ponsel asal Cina yaitu Xiaomi. Seperti apa kiat promosi yang umum dilakukan perusahaan besar seperti Xiaomi? serta bagaimana cara promosi yang baik.

Siapa yang tidak mengenal produk smartphone asala Cina ini, merkenya mencuat ke permukaan karena sanggup membuat ponsel pintar nun murah, namun memiliki kualitas mahal. Kedua hal itullah yang bisa langsung ditangkap dalam ingatan masyarakat dunia, bahkan Indonesia.

Selain karena keunikan produk yang membuat Xiaomi besar, ada hal lain dibelakangnya, apa itu? yaitu kiat promosinya.

promosi yang baik tercermin dalam Kiat dibawah ini,

Ada banyak sekali cara untuk melakukan promosi yang baik dalam bisnis. Dari setiap cara yang unik yang tercipta tentnu  memiliki tujuan yang utama yaitu untuk emnciptakan sebuah closing, atau transaksi bisnis. Berikut adalah cara promosi perusahaan paling umum yang perlu kamu tahu sahabat.

Yuk, langsung kita simak saja kiat-kiat promosi yang dilakukan perusahaan besar seperti Xiaomi:

promosi yang baik tercermin dalam kiat-kiat dibawah ini,

kiat cara promosi yang baik

Direct selling (penjualanan langsung)

Pengenalan secara langsung pada dasarnya yaitu kita (pembisnis) mengenalkan produk secara langsung kepada pembeli. Bisa diartikan sebuah promosi yang baik dengan tujuan menjual. Walaupun pada akhirnya target market tidak jadi membeli, tak apa,  yang terpenting penjelasan produk yang sahabat sampaikan tersebut sudah berefek mempromosikan produk.

Ya, setiap produk yang ingin dipromosikan, harus memiliki penjelasan. Dan setiap pembisnis harus menyediakan penjelasan tersebut.

Penjelasan itu sendiri bisa berupa, manfaat produk, cara pemakaian, cara mengaktivasi, cara merawat, dan lain sebagainya (menyesuaikan jenis produk)

Berhasil tidak hanya dengan Xiaomi, namun dengan perusahaan lain. saya pilihkan Xiaomi, agar lebih mudah dicerna oelh pembaca, sebab merek dagang ini sudah sangat dekat dengan masyarakat kita.

Sales promotioan (promosi penjualan)

Coba sahabat lihat ke beberapa toko besar atau minimarket yang ada di Indonesia, lihatlah bagaimana gencarnya mereka melakukan sebuah promosi kepada calon pembeli, dengan cara sederhana, mereka menawarkan produk dengan harga khusus di hari-hari tertentu. Seperti, waktu lebaran, HUT, tahun baru, hari libur, dan lain-lain.

Siapa sangka, perusahaan sekelas Xiami pun melakukan cara ini. dengan harga pas kantong, ponsel Xiaomi mampu menarik pelanggan dalam waktu cepat. Mereka menekankan membuat ponsel kualitas baik, dengan harga terjangkau.

Jika mereka bisa, sahabat pun saya yakin bisa melakukanya. Cobalah terapkan ilmu ini dalam bisnis yang sedang sahabt rintis. Apapun itu.

Public relation (realsi publik, yang berhubungan dengan sosial)

Public relation (PR) ialah melakukan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat atau sosial. Banyak kan hari ini gerakan-gerakan tertentu yang dilatarbelakangi oleh prusahaan kecil atau besar? Hal ini selain mampu menambah citra perusahaan, insyaAllah juga semakin menambah nilai kemanfaatan lebih, yang tentu akan mendapat nilai plus tersendiri oleh Allah.

Intinya berbagi. Berbagi sesuatu yang kita miliki, memberi tidak perlu besar kalau belum mampu, memberilah semampunya dari apa yang kita miliki. Mengadakan seminar blogging gratis mungkin, atau workshop kepenulisan gratis, dan banyak hal bermanfaat lainya.

Dengan demikian, maka kepercayaan masyarakat akan berdampak ke perusahaan, atau ke pribadi kita sendiri. Merekapun akan selalu menerima produk yang kita pasarkan untuk selanjutnya. Ingat apa kuncinya? B-E-R-B-A-G-I

Xiaomi ingin membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk bisa menikmati keunggulan ponsel kelas atas. Wah, betapa Xiaomi sangat membantu masyarakat ya? kini, hampir semua kalangan masyarakat mengeah bawah, tidak perlu menabung lama hanya sekadar mencicipi ponsel hebat.

Walapun bisnis kita masih kecil, jangan sampai di cap sebagai pembisnis pelit oleh masyarakat, itu semua akan berpengaruh dalam hal kelancaran promosi sahabat loh. Pembisnis yang baik, ialah mereka yang bersahabat dengan lingkungan serta sosial.

Publication (publikasi/menyebarkan)

Kiat promosi selanjutnya ialah publikasi, atau menyebarkan informasi. Publikasi dalam kegiatan berbisnis sangat menentukan tingkat percepatan kemajuan usaha. Publikasi bisa ajuga di definisikan sebagai sebuah usaha deklarasi memberitahukan ke orang banyak bahwa sedang melakukan sesuatu.

Publikasi disini mirip dengan iklan, memberitahukan kepada khalayak ramai kalau kita sedang melakukan sesuatu. Bedanya hanya tipis, jika publikasi, unsur ajakan untuk beli belum ditekankan. Iklan sebalinya.

Hari ini banyak media publikasi yang bisa sahabat coba, koran, tv radio, buku, majalah danlainya. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pelaksanaan publikasi tersendiri harus tetap menyesuaikan target market utama. Pahami juga kontur wilayah, serta media apa saja yang sekiranya mudah dan paling banyak diikuti masyarakat.

Xiaomi saya rasa juga berhasli dalam hal publikasi, hambir setiap kegiatan saya di dunia ini, pasti tidak terlepas dari merek ini. di koran ada, di tv ada, radio, website, artikel, ada semua. Mereka sudah mampu menerapkan seta memanfaatkan keseluruhan media yang ada, dan dekat oleh masyarakat.

Tambahan: jika sahabat pernah mendapatkan prestasi dalam hal tertentu (masih nyambung), jangan ragu untuk menyertakanya dalam skrip publikasi, tidak lain supa orang lebih mudah teryakinkan.

Advertising (pengiklanan)

Bisnis apa pun. Semua perlu iklan. Iklan hampir mirip dengan publikasi tadi, hanya saja lebih menjurus, atau merayu masyarakat/target market untuk membeli. Dalam iklan ada kalimat ajakan membeli.

Iklan pun sama bentuknya, bisa melaui media radio, tv, koran, majalah, buku, website dan lainya dengan keunggulan masing-masing.

Dahulu era 90-an dan sekarang era-20000-an sistim dan gaya iklan banyak mengalami perubahan. Beberapa cara lama sudah mulai ditinggalkan, walau beberapa masih juga difaforitkan sampai hari ini.

Lagi-lagi Xiaomi. Seperti yang saya sebutkan tadi, Xiaomi ada dimana-mana, sampai dihati masyarakat indonesia juga.

Promosi di era digital

Tidak disangka ya, zaman sudah banyak berubah, banyak hal yang sekarang bisa kita temukan, namun pada era 90 belum ada. Banyak terjadi peningkatan kualitas kehidupan, terlebih berkat dukungan internet. Nah, perubahan teknologi yang semakin baik ini juga membawa banyak manfaat serta kemudahan, yang perlu kita lakukan hanya coba menyesuaikan diri terhadapnya.

Era digital telah menciptakan gaya baru dalam berbisnis, kiat proosi juda demikian. Promosi di era digital sangat-sangat mudah. Lihat! betapa cepat perkembangan internet di negeri kita, maraknya media sosial, serta penggunaan smartphone yang makin banyak, adalah ladang bagi kita, bagi pembinsis zaman now.

Kita tidak perlu meninggalkan cara lama, kita hanya perlu melengkapinya dengan cara baru. Karena apa? zaman terus berubah. Cara terbaik untuk promosi ialah “mencoba”, mencoba dengan melakukan segala trik dan kiat promosi terhadap bisnis sendiri.

Kesimpulan

Promosi merupakan hal wajib dalam setiap bisnis. Promosi tersendiri berperan sebagai usaha untuk mencipktakan sales atau penjualan. Banyak kiat serta strategi promosi yang bisa sahabat terapkan dalam bisnis, sedikitnya sudah saya jelaskan diatas.

Jangan ragu untuk berinovasi cara promosi yang baik dalam bisnis sahabat. Lakukan kiat cara promosi yang baik diatas agar hasilnya lebih maksimal. Saya percaya, kalau kita mau berusaha, kesulitan apapun dalam bisnis, pasti ada jalan keluarnya. Semangat bisnis!

Itulah kiat-kiat cara promosi yang baik serta perlu sahabat ketahui, semoga bermanfaat, dan mampu menumbuhkan percepatan dalam setiap usaha/bisnis yang sedang dijalani. Aamiin.

Jika bermanfaat, jangan lupa untuk membagikanya yaa… klik tombol share dibawah ini…

Satu lagi, saya mengajak sahabat semua untuk join ke grup facebook saya. Disana banyak hal menarik seputar dunia internet marketing yang bisa sahabat dapatkan secara gratis. Klik disini!

Baca juga=>5 Cara Dijamin Paling Ampuh Untuk Memasarkan Produk Bisnis

Tags: ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑