Blogging

Published on Januari 20th, 2018 | by Ibnu

5 Langkah Mudah Bagaimana Cara Menyusun Rencana Bisnis

Bagaimana Cara Menyusun Rencana Bisnis yang baik?

Bisnis yang hanya direncanakan tanpa ada aksi itu omong kosong, bisnis yang baik ialah bisnis yang di mulai. Karena dengan memulai segala kemungkinan baru bisa saja terjadi. namun, apa sebuah rencana sama tidak berartinya disini? tentu tidak. Kedua-duanya antara rencana dan aksi saling melengkapi, sahabat tak hanya bisa mengandalkan salah satu.

Sebuah aksi bisnis tanpa rencana tentu tak baik, di perjalanan pasti akan menemukan banyak sekali kesulttan. Kenapa? Sebab, rencana ini penting. Menyiapkan rencana bisnis sama saja mempersenjatai diri ketika hendak perang. Bayangkan perang tanpa senjata, seperti itulah bisnis tanpa rencana.

Seberapa penting sih membuat rencana bisnis?

Pembuatan rencana bisnis merupakan usaha untuk mendokumentasi sebuah perencanaan kasar, yang sangat membantu dalam menjalankan serta mengembangkan perkembangan bisnis kedepan.

Tentu dibikinya ini bukan tanpa alasan, ada beberapa alasan atau fungsi penting dari pembuatan rencana bisnis, antara lain sebagai berikut:

Fungsi pembuatan perencanaan bisnis:

  1. Sebagai acuan dan pedoman untuk menjalankan bisnis setelah bisnis dimulai atau dirintis.
  2. Sebagai alat ukur untuk meyakinkan pihak pemberi modal seperti investor (jika ada) agar mereka mau menggelontorkan uangnya untuk bisnis tersebut.
  3. Mendokumentasikan perjalanan bisnis.
  4. Sebagai alat evaluasi yang tepat dalam melakukan bisnis nantinya.

Namanya rencana, jadi penyusunanya wajib dilakukan diawal, bukan rencana namanya kalau dibuat sesudah semuanya berjalan dengan baik. Sudah paham fungsinya kan? yuk sekarang kita lihat bagaimana sih, sebuah rencana bisnis ideal untuk dibuat, serta rencana bisnis yang standar di tuliskan. Ini juga menjadi inti dari pembahasan kita kali ini.

Cara Menyusun Rencana Bisnis

Mencantumkan identitas umum

Hal-hal paling sederhana seperti nama perusahaan, profil, misi dan visi, produk yang di jual, target pasarlokasi, media, sumber dana, serta pemasaran. Semua wajib ditulis secara mendetail dan lengkap.

Kelengkapan ini dibutuhkan demi kelanggengan bisnis kedepanya. Semakin jelas sahabat menuliskanya maka akan semakin bagus.

Identitas perusahaan yang jelas juga akan semangkin meningkatkan interest atau kepercayaan target market kita nantinya, sebab kejelasan sebuah perusahaan sangat menentukan seberapa besar keuntungan yang bisa diperoleh nantinya.

Bisnis yang baik ialah bisnis yang memiliki identitas yang jelas.

Menggunakan data valid

Terkadang untuk memulai bisnis, diperlukan dengan apa yang namanya penelitian. Penelitian apa saja yang berhubungan dengan ini, seperti penelitian target market, penelitian geografis, dan penelitian lainya.

Kenapa sebelum memulai sahabat harus meneliti terlebih dahulu?

Sederhana, penelitian dibutuhkan agar bisnis kita nanti bisa sejalan dengan harapan awal, yaitu kesuksesan bisnis. Meneliti sama saja melihat fakta yang sedang terjadi dilapangan.

Data dalam penelitian ini pun harus jelas dan mendetail, jangan asal pilih data kalau belum mengeceknya benar-benar. Data harusnya akurat, non fiktif, dan tidak manipulaatif.

Menggunakan bahasa efektif

Dalam membuat rencana bisnis, buatlah sesederhana mungkin, pertama dilihat dari jenis tulisan, dari pilihan kata. Tulisan yang njelimet berputar-putar tak jelas tentu akan sangat sulit dipahami leh karyawan, atau diri sahaabat sendiri. jadi buatlah ssimple.

Perhitungan yang cermat

Ilmu matematika adalah dasar dari setiap disiplin ilmu lainya, dalam bisnis pun juga demikian. Kita yang emmbuat rencana ubisnis dinilai harus masusk akal dan dapat di hitung.

Jadi antara biaya produksi, transport dan biaya menyangkut isi bisnis tersebut jelas. Buatlah rencana perhitungan ini sejala sederhana lagi jelas, serta tidak membingungkan.

Pemisahan pekerjaan yang jelas

Dalam bisnis sudah pernah saya jelaskan, bahwa dalam bisnis sahabat tidak sendirian, sahabat harus mampu bekerja sama dengan orang lain, dalam artian bagi tugas. Tak mungkin juga kan semua kita lakukan sendiri, produksi, pengiriman, pembelian,penjualan, jaga parkir, semua.

Maka buatlah, tulis bagan-bagan pembagian tugas dengan cermat dan tepat. Sesuaikan dengan keahlian dari masing-masing orang.

Bagaimana? Sudah cukup paham dalam membuat rencana bisnis yang ideal? Kalau masih kurang jelas saya akan langsung berikan sebuaf format perencanaan bisnis, yang mungkin bisa sahabat tiru.

Contoh format rencana bisnis :

PERENCANAAN BISNIS “….”

  1. IDENTITAS USAHA
  2. PROFIL PERUSAHAAN
  3. IDENTITAS PEMILIK
  4. STRATEGI PENGEMBANGAN
  5. DAFTAR PRODUK
  6. ALASAN PEMILIHAN BISNIS
  7. TIM BISNIS
  8. LOKASI DAN MEDIA
  9. SUMBER MODAL

Oke, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai cara menyusun rencana bisnis kali ini, semoga bermanfaat yaa…

Kritik, saran, dan komentar bisa sahbat layangkan pada kota kmentar di bawah ini. jangan lupa untuk membagikanya kepada orang lain, biar banyak yang tahu.

Gabung grup facebook : >>KLIK DISINI<<

Baca juga => Definisi Uang Yang Banyak Orang belum Tahu [Pembisnis Wajib Baca]


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑