Tips & Motivasi

Published on November 25th, 2017 | by Ibnu

Rahasia Seputar Ide, dan Bagaimana Cara Mudah Mendapatkanya

Ide merupakan sesuatu yang unik. Sesuatu yang tak kasat mata, namun memiliki dampak yang signifikan terhadap kemajuan dan kemunduran peradaban manusia di bumi.

Tingkat kekreatifan manusia dalam sebuah negara merupakan tolok ukur dari kemajuan bangsa itu tersendiri. Jika disana masyarakatnya memiliki kesulitan, dan berbagai masalah mengenai ide, maka kemungkinan besar bangsanya mengalami ketertinggalan dengan bangsa lain.

Disinilah sahabat akan menemukan rahasia seputar ide, dan bagaimana cara mudah mendapatkanya. Dengan membacanya, dan mempraktekanya, jangan kaget kalau tiba-tiba sahabat menjadi pribadi yang kaya akan ide briliant di setiap waktu.

Sebelum masuk ke materi utama, rahasia seputar ide, dan bagaimana cara mudah mendapatkanya, ada baiknya sahabat tahu definisi ide, dan apa fungsi ide tersebut.

Baca:Rumus singkat untuk buat headline yang powerful

Ide. Apa itu?

Seseorang sedang mendapatkan masalah, dan ia butuh sekali solusi. Dalam perenunganya, tiba-tiba di benaknyai menemukan sesuatu. Sesuatu yang ia anggap akan bisa mengatasi sebuah masalah yang sedang ia hadapi, dan tanpa pikir panjang lagi, seseorang itu segera bangkit dan bergerak menghadapi problemanya. Dan pada akhirnya ia bisa menyelesaikan masalahnya dengan baik.

cerita diatas merupakaan perumpaan seseorang yang mendapatkan ide briliant untuk memecahkan masalahnya.

Sederhananya, ide merupakan Sesuatu yang ada dalam pikiran bersifat “ilhami” yang dapat menuntun kita untuk melakukan serangkaian kegiatan sebagai langkah pemecahan sebuah problema yang sedang dialami. Ide juga bisa dibilang sesuatu buah pemikiran yang merangsang untuk berbuat sesuatu.

Masalah dan solusi

Masalah ada, solusi pun ada. kedua hal ini berpasangan. Hanya saja, terkadang seseorang yang sedang ditimpa amsalah, tidak kunjung-kungjung menemukan solusi yang tepat.

Ide bisa bersifat solusif. Dengan ide yang tepat akan menyelesaikan masalah yang tepat pula.

Menjadi manusia yang kaya akan ide tidaklah mudah. Terbukti diluaran sana masih banyak orang yang frustasi dengan hidupnya sendiri, tidak memiliki pekerjaan, tidak memiliki sesuatu yang dibanggakan.

jika masalah mereka diturut, kenapa tidak memiliki pekerjaan dan segudang permasalahan lainya, ujung-ujungnya pasti karena ketiadaan ide dalam benaknya. Titik.

Pernah kepepet? Serasa dikepung musuh dari segala sisi, tidak tahu jalan keluar?

Berarti kita sama. Saya juga pernah mengalami hal serupa. Serasa hidup sudah mentok sampai disini. Ketika saya merenung dan mencari tahu sebab terjadinya kondisi tersebut. saya jadi tahu sebuah arti dari keterbatasan. Keterbatasan yang melatih kita menjadi manusia yang kreatif, serta kaya akan ide.

Baca:5 Langkah Singkat Menulis Efektif Untuk Pemula [Terbaru

“hidup sejatinya adalah masalah, jika tidak mau mendapat masalah mendingan pilih mati saja…”

Doktrin lama tentang ide

Sejak kecil dimana pun kita berada, pasti selalu dijelaskan dalam sebuah doktrin tentang ide yang belum tepat. Apa itu? bahwa ide yang hebat hanya akan datang di waktu-waktu tertentu, dan secara dadakan (tiba-tiba/kebetulan).

Pertama tolong hapuskan doktrin tersebut dalam pikiran sahabat. Karena ide itu bukan seperti yang mereka katakan. Ide briliant bisa kapan saja datang, tidak memedulikan tempat sepi ataupun moment-moment tertentu.

Dengan pandangan benar dan pemikiran yang tepat terhadap ide, itu sudah menjadi syarat utama, supaya dapat memahami Rahasia Seputar Ide, dan Bagaimana Cara Mudah Mendapatkanya.

Dari mana ide datang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pahami bersama mengenai beberapa sumber dari ide itu sendiri.

Ide sebenarnya bisa datang dari mana saja, tidak memedulikan batasan. Apapun yang tercipta di alam ini, selama kita masih bisa merasakan kehadiranya, itu semua bisa menjadi sumber ide yang tiada batas.

Dari hewan semut sekalipun, yang jarang dilihat manusia, sampai benda maha besar seperti matahari. Semua memiliki peluang munculnya ide. Lagi-lagi, itu semua tergantung seberapa pandai kita merasakan kehadiran benda-benda apapun itu.

Saya membagi sumber munculnya ide ke dalam 6 sumber. Hanya untuk  memudahkan sahabat semua memahaminya. Rahasia Seputar Ide, dan Bagaimana Cara Mudah Mendapatkanya, inilah dia…

Rahasia sumber datangnya ide yang belum diketahui banyak orang.

Sumber 1 : Diri sendiri

Diri sendiri adalah sumber ide yang paling dekat dengan kita. Setiap orang memiliki kendali masing-masing atas dirinya. Yang paling paham dari diri kita sendiri, siapa lagi kalau bukan kita sendiri. Ya kan?

Merasakan kehadiran diri itu lumayan sulit. Soalnya hari ini banyak hal yang membuat kita lupa dengan siapa kita sesungguhnya. Hal seperti gaget, tontonan negatif dari tv, dan lainya, itu cukup memiliki dampak negatif (jika berlebihan).

Sahabat jangan ragu untuk berkenalan kembali dengan diri sendiri, sekarang mulai rajin-rajinlah untuk berbicara padanya. Dan bekerjasamalah untuk sesuatu bersama. Ide-ide baru yang bisa dikerjaan bersama akn muncul dengan sendirinya.

Sumber 2: Orang lain

Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupanya saling membutuhkan manusia lainya. sejak bayi kan sudah begitu. Bayi membutuhkan kehangatan orang tua, begitu juga dengan sebaliknya.

Banyak ide yang bisa kita dapatkan dari orang lain. entah melalui percakapan, melihat beberapa orang saling bicara, maupun tingkah lakunya dalam menghadapi sesuatu hal. Semuanya adalah ide.

Jangan ragu untuk berkenalan dengan oranag baru, selain ide bertambah, teman bertambah,  pahalapun juga bertambah.

Dengan mengamati orang-orang disekitar, mulai gerak-gerik, dan tingkah laku orang lain, diharapkan kita mampu memperoleh ide dari penampakan tersebut.

Sumber 3: Lingkungan sekitar

Hampir mirip dengan sumber 2. Hanya saja disini yang kita amati bukan manusia lain yanag ada disekitar kita, melainkan benda-bendanya.

lingkungan ialah apa saja yang tampak dan bisa dirasakan keberadaanya dengan ke lima indera manusia di dunia. Lingkungan yang berupa benda-benda mati (padahal hidup).

Matahari, bulan, awan, pohon, nyamuk, kuman sekalipun, disana tersimpan ide yanag mahal harganya. Mendapatkan ide lingkungan sekitar lumayan rumit, kita harus bisa merasakan semua yang ada dilingkungan kita tersebut hidup, sama seperti kita. Terkesan aneh, tapi ini memang bisa terjadi.

Para seniman, dan sastrawan biasanya ahli dalam peneransferan ide dari alam, mereka amat peka dengan fenomena-fenomena yang sulit dijelaskan. Mereka mampu menerjemahkan semuanya dalam karya.

Sumber 4 :Memahami waktu

Manusia itu hidup dalam tataran waktu. Waktu yang kita alami bersama ini dibagi menjadi tiga, yaiitu: masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Kehidupan sebelumnya yang telah di jalani memiliki sebuah informasi yang bisa dirasakan. Informasi tersebut menjadikan pengalaman yang penting bila digunakan untuk keperluan masa kini, maupun masa depan.

Disini saya ajak sahabat untuk rajin melihat sejarah, dan emngambil pelajaran darina. Dari sejarah banyak sekali ide-ide yang bisa kita kutip dalam kehidupan saat ini, maupun kehidupan mendatang.

Sumber 5: Memanfaatkan media yang ada

D kehidupan sehari-hari banyak sekali sebuah media yang dapat kita temukan. entah berupa buku, suara(radio, lagu), koran, dll. Media-media tersebut merupakan alat peneransferan ide dari pembuatnya. Bisa berupa informasi, dan ilmu.

Untuk mendapatkan ide dai media,i sahabat harus mau sedikit rajin mencari, membaca, dan mendengarkan.

Sumber 6: Alam ghaib

Disini adalah tempat mengenai ilmu pengetahuan maha luas. Alam ghaib, atau alam yang tidak terlihat.

Kita tahu, bahwa alam semesta ini luasnya tanpa batas, yang bisa kita lihat ini hanya percikan dari semesta, yang terbatas ke 5 indera. dibalik semua itu ada dunia yang lebih luas. Atas izin daari-Nya saja kita bisa kesana.

Ini memang diluar nalar, namun saya hanya ingin menuliskan hal yang jujur. Walau saya belum pernah sama sekali mendapatkan ide dari sini. Banyak loh, tokoh-tokoh Indonesia yang saya rasa memiliki pengetahuan dari alam sana…

Hal lain seputar ide

Lingkungan seperti apa yang kaya akan ide?

Terkadang seseorang sering memerlukan sebuah lingkungan yang mendukung terlibih dahulu, berharap mendapat ide ampuh. Itu tak salah, karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Saya dulu juga begitu, harus menjalankan ritual ngopi dulu, jalan-jalan dulu, sampai tidur dulu.  Tapi sekarang tidak lagi…

Jawaban sayamengenai lingkungan apa saja ialah tidak terbatas. Tak peduli lingkungan seperti apa itu, ide bisa di dapatkan. Padat, ramai, sepi, lenggang, hening, berisik, dan lainya.

Hapuslah statment sahabat bahwa ide terbaik di produksi di tempat hening sepi, apalagi di toilet ketika BAB… 😀

Yang dibutuhkan dunia saat ini ialah orang yang bisa hidup di air, di api, ditanah, dan di udara. Artinya bisa hidup di kondisi lingkungan dan sosial macam apapun. Menjadi dinamis dengan ide dinamis…

Bagaimana cara mengolah ide?

Ingatan manusia tidak terbatas, hanya saja bisa menjadi terbatas jika bertemu masalah lupa

Kadang-kadang setiap kali ide hebat datang, kita dengan sengaja melupakanya. Otomatis ide tersebut menghilang dari hadapan. Wajar, ide itu liar…

Untuk menangkal keliaran ide tersebut, mau tak mau kita harus mengikatnya. Mengikatnya tak ada cara lain selain dengan tulisan.

Setiap hari, dimana pun tempatnya saya tidak pernah lupa untuk membawa dua barang ini: kertas, dan bulpoint. Jadi ketika ide muncul. Dengan sigap saya bisa menuliskanya, lalu menyimpanya di tempat yang aman.

“Tidak ada cara lain selain menulis untuk mendokumentasikan sebuah ide…” Coba saja jika tidak percaya…

Langkah lanjutan:

Setelah mengetahu beberapa sumber rahasia ide diatas, yang perlu sahabat lakukan hari ini ialah berusaha melakukan hal-hal yang sekiranya mendukung kemudahan memperoleh ide.

Terbukti, bahwa orang yang sukses berkat ide, rata-rata dari mereka pasti menjadikan serangkaian langkah dibawah ini menjadi rutinitas wajibnya. Apa saja itu? mari kita simak bersama…

Langkah Ini akan berusaha melengkapi rahasia seputar ide, dan bagaimana cara mudah mendapatkanya…

Ibadah

ibadah merupakan sebua cara agar lebih deakt dengan Tuhan. Karena sumber dari segala sumber ilmu adalah Dia. Tidak ada cara lain, mau mati-matian belajar, kalau Dia tidak mengizinkan ide turun, sampai kapan pun ide tidak akan pernah melintas dikepala kita.

Belajar dan Membaca

Belajar adalah kewajiban kita sebagai manusia. Dengan belajar dan berilmu, ide model apapun akan bisa diwujudkan dengan cepat, sebaliknya, ide tanpa ilmu tidak akan pernah terwujud menjadi kenyataan.

Baca: Belajar Banyak Hal dari Frida Dwi, Developer Game Viral “Tiang Listrik”

Dan tidak lupa hal ini. Jika sahabat ingin melihat dunia, maka membacalah. Kebiasaan membaca sangat penting ditanamkan dalam keseharian. Kenapa? Karena dibalik kebiasaan positif ini ada tersembunyi banyak manfaat yang tidak bisa saya jelaskan satu persatu.

Kebiasaan membaca ialah kebiasan mereka yang kaya ide, alias orang-orang berhasil…

Menulis

Tadi, kalau ingin melihat dunia caranya dengan membaca. Nah, bagaimana cara agar dunia kembali melihat kita? Caranya tak lain adalah dengan menulis. Iya, menulis…

Menulis merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan dimasa depan. Percaya tidak percaya. Kita sudah bisa melihat sendiri saat ini, di bidang-bidang pekerjaan apapun selalu membutuhkan keahlian menulis.  Dari menulis, imajinasi kita akan memancarkan banyak sekali ide.

Dalam menulis artikl ini sebenarnya hanya ada beberapa point, tidak sampai 1000 karakter lebih. Dan dengan menuliskan yang sedikit itu, ide-ide baru bermunculan, dan semakin melengkapi. T-E-R-B-U-K-T-I.

Baca : mengikat ilmu dengan tulisan

Bersosialisasi

Dimana pun hidup ini, kita tidak bisa lepas dari orang lain. Itu menandakan bahwa kita sebagai makhluk sosial.

Bersosialisasi perlu untuk dijadikan sebuah investasi untuk masa depan.

Dengan bersosialisasi, teman kita akan bertambah, dan diharapakan bisa saling membantu jika ada sebuah ide yang bisa saling bekerjasama.

Kesimpulan

Ide itu ada disekitar kita, tak terhingga jumlahnya. Namun tergantung seberapa pandai kita merasakanya, mengolahnya, dan melihatnya. Memanfaatkan segala potentisi pada diri, dengan memaksimalkan panca indera dan juga hati untuk merasa.

Menjadi peka terhadap apapun di zaman ini berat. Karena terlalu banyak godaan untuk menutup kepekaan tersebut. Namun janganlah menyerah, dan jadilah peka…

Intinya tentang  bagaimana cara mendapatkan ide ialah menjadi sebuah pribadi yang dinamis, dekat dengan Tuhan, dan bisa merasakan hidup dengan kesadaran lengkap. Kesadaran lengkap disini tidak hanya sadar kalau sedang hidup, dan bisa jalan-jalan di tanah, melainkan sadar bahwa hidup ini lebih dari hidup.

Jika sudah siap, maka ide tidak perlu dikejar sudah datang sendiri. Bahkan rela ngantri untuk kita…

Terpenting, ide terbaik ialah ide yang segeran menjadi kenyataan. Untuk menjadikanya sebuah hal nyata tentulah bukan hal yang mudah. Perlu keberanian lebih untuk beraksi, dan beraksi…

Semoa artikel tentang Rahasia Seputar Ide, dan Bagaimana Cara Mudah Mendapatkanya, dapat menjadikan diri sahabat bermanfaat bagi sesama. Aamiin.

Kritik, saran, dan komentarnya, bisa sahabat tambahkan di kolom komentar bawah, yuk jalin silaturahim dengan saya di grup facebook disana ada banyak info seputar internet marketing, dan lain-lain. Klik disini!

Jangan malu untuk pencet tombol share….

Baca juga=> Cara mudah wujudkan ide bisnis

 

 

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑