Bisnis Online

Published on Desember 16th, 2017 | by Ibnu

3 Senjata Pamungkas Bagaimana Cara Memenangkan Persaingan Bisnis

Halo sahabat, kembali lagi bersama Ibnu. Kesempatan kali ini saya akan mengulik sebuah tema yang telah menjadi permasalahan serius dalam kehidupan berbisnis sehari-hari. Tema tersebut tentang bagaimana cara memenangkan persaingan bisnis.

yuk, mulai!

Mendirikan sebuah bisnis hari ini memang tidak semudah beberapa tahun lalu, di era bapak  saya, dimana dulu persaing bisnis sangat minim sekali, pesaing ada, tapi tidak sebanyak hari ini. Sekarang ini ya, mau membangun usaha apa saja, sudah ada orang lain yang membuatnya. Mau jual gorengan, sebelah sudah ada, jualan pecel lele, depan rumah juga ada. Embuhlah pokok’e

Terbukti, persaingan bisnis menjadi sebagian permasalahan bagi pemiiki bisnis. Persaingan yang ketat ini terkadang malah menghambat si pengusaha untuk memulai. Ingin usaha bidang A, gara-gara sudah ada, akhirnya tidak jadi berbisnis. Seharsnya tidak begitu, itu salah… Persaingan itu sudah kodrat alam semesta, kalau mau berbisnis ya harus siap bersaing! Kalau tidak siap, ya jangan berbisnis. Mudah kan…

Jadi pertama sebelum masuk materi bagaimana cara memenangkan persaingan bisnis, putuskan dahulu apakah benar-benar ingin memulai bisnis atau tidak? Siap bersaing atau tidak, masalah kedepanya bisa dipikir lain waktu. Pikir keriii…

oke, lanjut!

Memang sih, untuk memulai bisnis itu ada banyak hal yang harus dipikirkan. Masalah pesaing pun juga perlu dibahaas. Tapi ya itu tadi, jangan sampai gara-gara sibuk memikirkan pesaing, bisnisnya hanya jalan di tempat saja.

Sebenarnya hanya karena perasaan takut saja. Jadi kedua, hilangkan dahulu perasaan ini ya, tidak perlu takut kalau tidak kebagian rezeki gara-gara banyaknya pesaing. Allah itu maha kaya…

Pembaca ibnublog.com yang saya hormati. Usahakan jangan pernah berharap sesuatu dapat bekerja dengan mudah, simple, pasti lancar. Karena pada kenyataannya semua tidaklah sesederhana itu. persaingan akan terus ada sampai kapanpun, dan kian hari, makin merajalela.

Dampak positif dari persaingan

Saya rasa benar, para pesaing terkadang sangat mengganggu sebuah perjalanan sukses bisnis. Tapi coba kita lihat makna dibalik persaingan tersendiri. Apa itu?

Salah satunya ialah, setiap manusia akan berlomba-lomba untuk menciptakan hal baru, mereka akan giat berinovasi untuk senantiasa berusaha memenuhi kebutuhan terbaik manusia di bumi. Dengan persaingan, ide-ide hebat akan datang, dengan ini pula, peradaban bisa sampai kemajuan sat ini loh. Lihat saja sejarah, betapa dahulu ilmuan dunia saling bersaing untuk menemukan sesuatu hal baru.

Masuk, dan menghadapi persaingan itu saya akui sulit, terlebih kita memulai sesuatu itu terlambat. Bagaikan semut melawan gajah.

Tapi, jangan khawatir, dimana ada kesusahan, disitu pasti ada jalan kemudahan. Asala kita mau berusaha mencarinya dengan belajar, membaca, bertanya, bahkan merenungi.

So… persaingan itu positif. Apa? PERSAINGAN ITU POSITIF. Ubah mindset sahabat terhadap persaingan dengan benar. Oke!

Rezeki sudah ada yang mengatur

Saya tekankan pertama kali. Perlu kamu tahu kalau, manusia yang hidup di muka bumi ini, rezekinya sudah diatur, hidupnya sudah dijamin oleh pembuat hidup, yaitu Allah. Tidakmungkin Dia menyia-nyiakan hambanya, kelaparan di buminya sendiri kan?  Jadi jangan takut tidak kebagian rezeki di dunia ini. Selama napas kita masih ada, selama itu juga Allah menjamin kehidupan kita. Rezeki adalah salah satunya. Asal ini, catat! kita tidak boleh berpangku tangan selain pada-Nya,  dan harus tetap mau berusaha, alias bekerja. Rezeki kan hadir lewat media toh?

Memahami hakikat rezeki ini, insyaAllah menjadikan kita senantiasa ikhlas. Mau menerima segala ketetapan yang ada, darin-Nya. Jadi bisa bersaing dengan cara halal, tanpa curang. Biar berkah gitu..

Kendalikan fokus

Perhatian yang tepat, akan mampu memberikan solusi yang tepat pula. Hadapilah masalah dengan mencari sebab terjadinya, bukan malah yang lainya. Inilah alasan bnayak pembisnis makin gundah dengan adanya persaingan.

Mereka tanpa sadar, fokus ke lain hal (musuh), setiap hari ngurusi barang orang lain. “eh, itu produknya baru, yang beli banyak..” atau, “wih, keren pemasaran meraka merambah ke internet. Hasilnya gila-gilaan” Dan banyak salah perhatian lainya.

Daripada fokus ke orang lain, mendingan kita fokus pada diri sendiri, fokus pada permasalahn diri. Sehingga menjadikan hati kita tergerak untuk mencari jalan keluar terbaik sesegera mungkin.

Kalau kita kalah persaingan dibidang produk, fokuslah ke konsumen. Kira-kira produk seperti apa yang lebih baik dari pesaing, yang bisa kita adakan. itu!

Persaingan yang mana?

Persaingan banyak jenisnya. Seperti saingan harga, produk, closing, taraget market, dan banyak lagi. dari tiap persaingan yang ada tersebut pun memiliki jalan keluar berbeda-beda. Tetapi, pada dasarnya penyelesaian ada di kunci ini, dan jika sahbat mampu menerapkanya, jangankan pesaing, kompetitor model kayak apapun bakal kalah. Hanya dengan senjata satu ini, saya yakin, perlahan namun pasti pesaing akan mampu kita kalahkan. Akan kita bahaas dalam, cara memenangkan persaingan bisnis.

Senjata cara memenangkan persaingan bisnis

Untuk memengankan persaingan, sahabat dituntut harus pintaar dan cerdik. Ada satu resep tida isi tentang kiat memenangkan persaing bisnis. Pertama, menjadi pelopor bisnis (jika bisa). Kenapa? Dengan menjadi pelopor, maka otomatis sahabat menjadi orang pertama dalam bisnis tersebut. Karena pertama, sahabat pasti paling paham, serta lebih berpengalaman ketimbang orang lain yang tidak mengerti sama seali.

Menjadi pelopor umumnya dapat dengan mudah untuk menguasaia pasar. Contoh, tengaok KFC, ia adalah merek yang mempopulerkan masakan ayam goren instan, dan benarkan apa yang saya katakan, ia masih menjadi nomor satu sampai sekarang.

“Lah, kalau tidak bisa menjadi pelopor bisnis bagaimana boss?”

Santai, lihat kiat berikutnya. Kedua, jadilah yang terbaik serta terdepan dalam segalai bidang bisnis tersebut. pokoknya jadi yang terbaik. Produk harus terbaik, pelayanna harus terbaik, wah pokoknya seba terbaik, tidak bisa ditawar-tawar. Hal ini akan membuat lawan melongo tidak berkedip. Buat pesaing kehabisan cara untuk melawan. Hal ini sangat masuk akal, menjadi terbaik, maka sahabat otomatis akan menjadi pemenang. Karena tidak ada pemenang yang tidak bisa apa-apa, mereka terbaik dalam bidangnya.

“Kiat yang ini, juga sulit itu boss, bagaimana?”

Waduh, sahabat in bagaimana, kok kesulitan terus, hihi…

Tapi tenang, kuncinya apa? “Dimana ada kesulitan pasti ada kemudahan…”

Ketiga. Sebagai kiat akhir untuk memenagkan pesaingan bisnis, JADILAH BEDA!

Beda dalam berkarya

Menjadi beda itu tidak selamanya buruk, dan aneh. Selama positif perbedaan itu sangat baik. Kalau-kalau sahabat tidak bisa melakukan kiat pertama dan kedua, inilah kiat terakhir yang seharusnya sahabat mampu lakukan. Kalau sahabat masih kesulitan di kiat ini, maka saya pasrahkan kepada Allah untuk membantu, hehe…

Pada hakikanya, setiap manusia dilahirkan di dunia itu memiliki keberanekaragaman yang kompleks, setiap orang pasti beda, setiap orang juga memiliki keunikan masing-masing, kelebihan masing-masing. Nah, jika sahabat tahu akan hal ini, sudah mengenali diri, sudah paham, maka hanya untuk mengalahkan pesaing adalah hal mudah.

paham?

Inilah cara bagaimana untuk memenangkan persaingan bisnis, juga merupakan senjata utama yang saya sebutkan ditengah tadi.

Menjadi beda itu tidak perlu modal. Karena bedan bawaan lahir, sudah jadi anugrah dari-Nya untuk kita.

Perbedaan apa saja sih, yang bisa diterapkan untuk memenangkan sebuah persaingan bisnis?

Buatlah perbedaan yang menyenagnkan konsumen. Tidak hanya asal beda, lucu nanti jadinya… Melainkan beda yang tersusun, terstruktur rapi. Beda yang seusai dengan lingkungan atau target pasar.

Kalau dilihat contohnya, bisa saja perbedaan diletakkan dalam hal harga, kualitas produk kemudahan pembayaran, keunikan produk, keunikan layanan, dan banyak lagi. memilih harga murah dengna kualitas produk keren, mungkin salah satu pembeda perusahaan produsen smarphone asal cina, Xiaomi ini, dengan produsen smartphone dunia lainya.

Baca:Kiat Cara Promosi Yang Baik Layaknya perusahaan besar Seperti Xiaomi

Tahapan-tahapan:

Ada beberapa tahaban yang mungkin akan sedikit membantu memancing hasrat beda dalam diri sahabat. Hal ini akan sangat bermanfaat sekali bila diterapkan duntuk memenangkan sebuah kompetisi bisnis. Inilah langkahnya:

Mengerti diri

Pahami diri sahabt, cari tahu apa maunya, dan apa bisanya, alias bakatnya. Dengan mengenali diri seperti ini, maka segala potentsi bisa tercurahkan secara maksimal dalam karya kita nantinya. Kalau sahabat pintar menggambar, terapkansaja disain unik pada produk bisnis yangsahabat jual.

Mengerti kondisi (wilayah sekitar)

Jadilah pemilik hati yang peka. Peka lingkungan, serta peka sosial. Dari sini kita bisa tahu apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Lalu dii kita bisa menjelma masuk kedalamnya, bisa juga tercermin dalam penciptaan karya produk bisnis. Saya yakin, jika sahabt menguasai hati, maka apapun yang sahabat lakukan, akan menuai hasil yang wah. Dalam berbisnis pun sama.

Mencari celah kosong

Pahami orang-orang lain yang bekerja dalam bidang yang sama dengan diri sahabat. Perhatikan mereka, cari tahu apa hal yang masih kosong disana, tugas sahabat  hanya dua, yaitu mencari ekkosongan, lalu mengissi kekosongan tersebut dengan karya sahabat sendiri.

Kerjakan

Selanjutnya ialah praktek. Ikhtiar, atau usaha secara maksimal untuk berkarya, menciptakan produk yang berbeda lebih bermanfaat. Ikhtiar merupakan wujud nyata dari harapan, semua rencana akan menjadi sia-sia jika tanpa pengerjaan ini.

Pasrahkan

Langkah terakhir, pasrah. Allahlah yang berhak memtuskan apakah diri kita sudah layak menjadi pemenang, atau belum. Jangan terlalu menggebu-gebuuntuk mengalahkan orang lain. yang terpenting ialah melakukan yang terbaik, sesuai perintah-Nya, lalu kembalikan semuanya padanya.

Ingat, dibalik kemenangan, ada orang kalah di belakangnya. Jadi bagaimana kalau kita tidak usah menjadi pemenang saja? Kan kasihan orang yang kalah, mereka akan marah terhadap kita. Emm, menjadi yang terbaik saja bagaimana?

Kesimpulan

Memenangkan persaingan ada banyak caranya, namun jika ditarik garis kesimpulan semua cara itu mermuara pada satu hal, yaitu bab, “perbedaan”. Menjadi beda dalam artian positif tentunya ya… Menjadi beda pada dasarnya hanya berusaha melakukan diluar yangbiasanya orang-orang biasa lakukan. Alias melawan kenormalan, melawan keterbatasan.

Berani BEDA itu keren!

Oke semoga artikel mengenai cara memenagkan persaingan bisnis diatas dapat bermanfaat dalam kehidupan berbisnis sahabat, jangan lupa untuk membagikanya ke rekan-rekan yang lain ya…

Silakan gabung ke grup facebook saya. Untuk mendapat informasi terbaru mengenai dunia internet marketing, blogging, serta kepenulisan. Klik disini!

Baca juga=>5 Cara Dijamin Paling Ampuh Untuk Memasarkan Produk Bisnis

Tags: ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑