Bisnis Online

Published on Desember 14th, 2017 | by Ibnu

5 Cara Dijamin Paling Ampuh Untuk Memasarkan Produk Bisnis

Nyawa dari setiap bisnis adalah sales, atau penjualan. Sekeren-kerenya, sebagus-bagusnya produk yang sahabat miliki, namun tanpa adanya penjualan closing didalamnya, itu sama saja. Omong kosong. Lalu bagaimana cara membuat bisnis kembali bernyawa kembali? Pahami cara memasarkan produk dalam artikel ini.

Cara memasarkan produk itu susah-susah gampang. Dibilang susah tidak, gampang tidak juga. Namun lebih penting dari itu semua ialah mengetahu bagaimana cara untuk memasarkan produk itu tersendiri. inilah cara memasarkan produk yang akan melejtkan penghasilan bisnis:

Cara memasarkan produk

Mengenali calon pembeli

Pembisnis sukses pasti mereka sangat kenal dengan pembelinya (target market) yang ia miliki, siapa mereka, umur, serta pengetahuan pokok penting lainya.

Nah, susdahkah kamu mengenal calon pembeli sendiri? jika belum belajarlah cara untuk mengenalnya…

Mengenali target market hari in sangat mudah, terlebih dengan dukungan teknolgi informasi yang maikin memadai seperti internet. Memudahkan kita untuk melakukan riset targetmarket. Cara mengenali target martet pertama dengan perincian-perincian sederhana terhadap calon pembeli.

Rincian itu tersendiri seperti umur, jenis klamin, tempat tinggal, pendidikan, penghasilan, dan sebagainya. Lalu carikanlah produk yang sekiranya pantas dan mereka butuh itu. Atau bisa dikerjakan sebaliknya, menentukan produk dahulu baru menentukan target market.

Dengan mengenali siapa calon pembeli kita, maka hal ini akan memudahkan dalam pemilihan model promosi yang cocok, supaya mereka lebih tertarik lagi.

Contoh, jika target market kita adalah orang-orang remaja, maka gunakanlah promosi yang berbau tantangan, alasanya jelas karena remaja suka sekali dengan tantangan.

Mengenali calon pembeli merupakan langkah awal kesuksesan kita dalam menjalankan bisnis, khususnya dalam memasarkan produk.

Membuat calon pembeli benar-benar membeli

Cara memasarkan produk setelah mengeali calon pembeli ialah dengan membuat pembeli tersebut benar-benar membeli produk yang kita pasarkan. Lantas seperti apa caranya?

“The greatests money making secret in the history is giving…” demikian kata guru bisnis internasional kita. Untuk mendapatkan uang, rahasia termudahnya adalah dengan memberi, alias giving.

Banyak loh, pembisnis merasakan kebingungan, terutama saat mempromosikan sebuah produk. Terlebih prouk jasa. Merekea rata-rata belum terlalu memaknai kata-kata “memberi” ini. Mereka menganggap ilmu itu mahal, dan harus bayar dulu. *ahsudahlah…

Memberi hal gratis namun bermanfaat dan berkualitas, adalah sebuah langkah kecil dalam cara memasarkan produk selanjutnya. Siapa sih orang yang tidak suka dengan kata, “GRATIS!”?

Contoh sahabat sedang menjalankkan bisnis disain kartu nama, nah sahabat bisa kok memberikan sesuatu yang gratis terhadap calon pembeli, entah artikel disain, contoh disain gratis, dan lain sebagainya.

Buat yang sudah memberli jadi sering membeli

Inilah teknik bagaimana cara membuat konsumen naik pangkat menjadi pelanggan. Yang membuat bisnis berjalan baik, hingga sampai rutin bisa menghasilkan uang yang pasti setiap waktu tertentu adalah pelanggan, merekalah yang mempercayakan sesuatu hal terhadap kita, mereka yang akan emmbeli di waktu-waktu tertentu. Pelanggan adalah aset dari sebuah bisnis.

Nah, bagaimana cara menciptakan pelanggan supaya bisa keterusan, sering-sering membeli? Ada dua hal utama yang perlu dilakukan.

Pertama, jangan pernah buat mereka kecewa. Kualitas harus terus ditingkatkan, kalau tidak ya dipertahankan saja. Kedua, biarkan mereka berbicara mengkritik apapun dari diri sahabat juga produk yang sahbat pasarkan. Jangan malu untuk menerima kritik dari mereka ya…

Cara lain supaya pembeli lebih sering pembeli:

  1. Membuat paket keanggotaan (paket pelanggan)
  2. Menyediakan kontaksaran, dimana pelanggan bisa memberikan amsukan secara terbuka
  3. Memberikan bonus dalam setiap pembelian
  4. Membuat garansi produk

Buat pelangggan lebih banyak membeli

Cara memasarkan produk yang keempat ialah dengan membuat pelanggan atau konsumen lebih banyak membeli. Sebelumnya sering, nah kali ini membeli lebih banyak. Makin sulit kah?

Jika sahabat sudah sampai tingkatan ini, berarti sahabat sudah sangat dipercaya sekali oleh pelanggan, bahkan mereka tidak akan sungkan untuk merekomendasikan orang lain untuk membeli produk sahabat.

Intinya, lakukanlah pertahanan kualitas, yang didukung dengan inovasi dan kreativitas dalam produk maupun layanan bisnis sahabat.

Hal ini mungkin bisa membantu untuk membuat pelanggan semakin jatuh cinta dengan sahabat, membuat mereka lebih banyak membeli.

  1. Variasi produk

Seperti yangsaya bilang tadi, inovasi dalam bisnis itu perlu, orang tidak akan tertarik dengan produk yang begitu-begitu saja, karena zaman ini berubah, kita sebagai pembisnis juga harus menyesuaikan dengna keinginnan pasar.

  1. Kemudahan transaksi (membayar)

Semakin mudah cara pembayaran, semakin besar juga peluang pelanggan mau membeli lebih banyak. Untuk ini coba sesuaikan lagi dengan perkembangan transaaksi yang ada, contohnya via transfer bank.

  1. Menawarkan produk berkualitas dan mahal

ini strategi jitu untuk mereka mau memblei lebih banyak. Ilmu ini banya dipraktekan oleh prusahaan produk besar sepearti televisis. Jika sahabat emmbeli langsung di tokonya, pasti pelayan pertama kali menawarkan dan menunjukan barang yang  paling mahal dulu. Ini bertujuan utama untuk menguras kantong pelanggan. Hehehe…

Marketing mix

Pemasaran itu tidak semata-mata menjual produk lalu selesai, melainkan pemasaran itu ialah sebuah transaksi penjualan, juga tidak hanya sekadar menawarkan sebuah produk kepada pembeli, tetapi lebih mencarikan sebuah produk yang pas dengan konsumen, menetapkan harga, sistim distribusi, maupun promosinya. Pahamilah ramuan marketing mix  ini:

Product

Produk sendiri lebih mencangkup seperti keberagaman, mutu, disain, brend, karakter, kemasan, serta pelayanan. Usahakan semua tampak sempurna jika sahabat sebagai pemilik prodak, jika tidak carilah produk yang benar-benar berkualitas super.

Price

Menentukan harga tidak boleh sembarangan ya… harga agens, eceran dan lainya itu beda-beda, ini masuk dalam kaidah bisnis. Kemudahan cara berbabayar juga perlu sahabat pastikan terlebih dahulu, agar semakin jelas

Place

Place ialah tempat dimana kita melakukan bisnis. Apakah jumlah produk sudah bisa mencukupi kebutuhan pasar yang ada?

Promotion

Promosi merupakan senjata utama dalam bisnis, tanpa promosi bagaimana orang lain bisa tahu kalau kita sedang berjualan?

Oke, semoga artikel diatas dapat membantu rekan-rekan semua yang ingin mengetahui cara memasarkan produk. Cara ini saya rasa berlaku dalam seagala macam bisnis yang ada, entah offline, maupun online. Jadi tidak perlu khawatir jika sahabat adalah pemain bisnis online.

Jangan lupa membagikanya yaa, biar orang lain bisa ikutan tahu…

Yuk join ke grup facebook saya, sahabat akan mendapatkan informasi menarik seputar internet marketing, blogging, dan juga writing. Klik disini!

 Baca juga=>Susah Closing? Pahami 9 Pondasi Utama Agar Closing Terus-terusan Setiap Hari


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑