Bisnis Online cara buat testimoni produk

Published on Desember 28th, 2017 | by Ibnu

Apa Pengertian Testimoni, dan Bagaimana Cara Mudah Membuatnya?

Bagaimana sih caranya untuk membuat calon pembeli percaya terhadap produk yang sedang kita jual? Tanpa harus bertatap muka, tanpa capek-capek menjelaskan, tanpa membuang waktu banyak. Dan bagaimana cara buat testimoni produk dengan mudah?

Sudah menjadi rahasia umum, kalau dalam bisnis kepercayaan antara pemilik produk dan konsumen adalah nomor wahid, wajib bahkan. Maka hal ini tidak boleh di anggap main-main. Bisnis akan besar jika ada sebuah kepercayaan  di dalamnya.

Percaya adalah pemberian tertinggi dalam ilmu giving. Jika diri kita sudah diberi kepercayaan oleh orang lain, maka itu adalah kesempatan luar biasa sekali, yang tidak boleh dilepaskan. Papalagi dalam berbisnis.

Kenapa pak Chairul tanjung bisa sukses? yup… salah satu faktornya adalah kepercayaan. Beliau dipercaya oleh orang lain, beliau dititipi uang dari banyak orang yang memercayainya untuk dikelolanya. Hebat kan?

Nah sekarang kita lihat dalam dunia bisnis pribadi kita, lebih mengerucut lagi pada produk yang sedang kita pasarkan. Bagaimana cara agar calon pembeli bisa memercayai sebuah produk itu benar-benar baik? tanpa banyak bicara, dan nerocos panjang lebar kali tinggi?

TESTIMONI adalah jawabanya.

Yaa. Cukup satu, T-E-S-T-I-M-O-N-I. seperti apa cara buat testimoni produk praktis? Orang asing tidak lain calon pembeli kita, akan lebh percaya jika ada orang lain yang mempromosikan produk kita, bukan promosi dari kita sendiri. mereka akan senang mengambil keputusan dari hasil banyak orang yang sudah pernah merasakan manfaat dari produk tersebut.

Karena memang sifat dasar manusia suka bimbang, hati mudah goyah. Ya mau tak mau, secara otomatis mereka akan mencari. Dan alangkah lebih baik lagi, kalau kita sudah menyediakan draft testimoni di dalam lembar promosi. Jadi mereka tak perlu payah-payah untuk membaca, mencari informasi mengenai kemanfaatan produk dari orang lain. Paham?

Testimoni merupakan kata-kata dari customer mengenai kemanfaatan produk atau jasa yang kita tawarkan. Keuntungan yang akan sahabat dapatkan dalam penerapan teknik TESTIMONI ini adalah calon pembeli akan merasa lebih teryakinkan sebab sudah ada orang lain yang mencobanya, dan berhasil.

Testimoni akan mengalahkan segala macam keraguan yang ada di hati konsumen. Tidak peduli keraguan seperti apapun, jika sudah melihat testimoni, keraguan tersebut akan runtuh.

Mereka akan berpikir, “Duh beli ga ya, kalau ga beli tapi testimoninya bagus, banyak yang berhasil ini…” atau, “Wah dia saja cocok, pasti buat saya juga cocok ini!”

Intinya testimoni itu merubah kekhawatiran menjadi sebuah keyakinan melaui pendapat baik terhadap produk dari orang lain.

“Bang Ib, saya belum punya testimoni itu bagaimana ya?”

Cara pertama adalah meminta langsung terhadap pelanggan. Kedua sahabat bisa mencarinya ke produsennya langsung. Banyak cara sih untuk mencari testimoni, namun yang paling joss testimoni alami langsung dari pelanggan kita.

Kalau mau lebih powerful lagi, mintalah testimoni ke tokoh-tokoh yang sudah memiliki nama (terkenal) tentu masih berhubungan dengan produk tersebut. percaya tak percaya, hal demikian akan mampu meningkatkan persenan closing sahabat.

Kang Dewa Eka Prayoga, memberitahu saya bagaimana caranya membikin testimoni yang baik, ada dua cara yang ia beberkan kepada saya. Yaitu,

Cara buat testimoni produk

Pull Qoute

Teknik ini dilakukan dengan cara mencantumkan potongan atau kutipan testimoni langsung dalam sebuah media promosi, entah melalui buku, brosur, website, media sosial, dan media lainya.

Teknik penjualan dengan testimoni seperti ini masih dinilai cukup keren. Banyak closing berhasil dengan metode testimoni pull qoute ini. Meski hanya kutipan yang tergolong singkat sederhana. Tapi hasilnya luar biasa.

Teknik testimoni pull qout ini semakin powerful jika dilengkapi juga dengan dukugnan visual seperti foto pemakai, foto after before, dan foto-foto hasil dari produk.

Ciri utama dari testimoni ini adalah singkat padat jelas.

Kisah

Tak banyak yang tahu keputusan orang untuk membeli dibuat dikerjakan oleh otak kanan.  Oleh karena itu, penyampaian testimoni melalui format jalanya cerita, akan mampu memperbesar peluang closing sahabat.

Teknik testimoni dengan kisah ini memang jauh berbeda dengan teknik pull qout yang pertama, disini penjelasanya murni dengan cerita. Memang sedikit lebih panjang, namun lebih menarik dan menimbulkan kesan yang lebih mengena ke benak pembaca. Kalau disini medianya ada dua, satu dengan media promosi tulis (website, media sosial brosur) kedua melaui komunikasi langsung melaui suara.

Saya berikan contohnya mengenai testimoni melaui kisah. Misalkan saja saat seseorang sedang menjalankan bisnis bimbingan belajar,

 “Enam bulan terlewat, juga ada seorang bapak mengajukan pertanyaan sama. Meragukan kualitas bimbel kami. Namun, setelah puterinya menghadiri kelas gratis selama dua minggu dari kami, bapak tersebut akhirnya yakin akan kualitas yang kami berikan. Puterinya saat ini sudah lulus dan masuk kampus UGM. Dan saya yakin bapak tersebut puas dengan pelayanan bimbel dari kami, karena baru 2 hari lalu bapak itu kembali, untuk menitipkan anak keduanya bergabung di bimbel ini juga”

Bentuk tulisan tersebut jika memberi testimoni secara langsung lewat suara. Bagaimana cara menghadapi orang yang ragu, maka jawabanya bisa seperti contoh diatas.

“Lalu bagaimana penerapanya jika melalui media tulis bang Ib?”

Jawabanya sama saja, namun hanya dirubah sudut pandang/POV-nya saja. Memakai POV aku-an atau dia-an.

Seperti ini contohnya, cara buat testimoni produk:

“Dahulu saya sempat bingung mengenai bimbel seperti apa yang cocok bagi anak saya yang satu semester lagi lulus SMA, dan siap untuk kuliah. Dan saya mendapatkan saran dari sahabat saya bahwa bimbel “ANU” bagus, dan saya pun memilihkan bimbel tersebut untuk anak saya. Selain berkualitas, katanya lulusan bimbel tersebut banyak yang keterima di universitas besar di Indonesia. Dan benar, alhamdulillah saya senang sekali dan bangga, kini anak saya bisa berkuliah di ITB jurusan teknik informatika.”

Dalam membuat testimoni melalui cerita, usahakanlah menyampaikan pesan yang jelas, sedih atau bahagia. Jika ingin menunjukan kehebatan produk buatlah dengan cerita bahagia, sebaliknya kalau ingin tema sedih, buatlah tulisan yang penyesalan orang-orang yang terlambat untuk membeli.

Catat, orang merasa LEBIH PERCAYA jika kamu mau menceritakan pengalaman orang lain kepadanya. Terlebih, jika cerita pengalaman tersebut banyak memiliki kemiripan dengan si calon konsumen.

Tips buat testimoni produk:

Jangan menipu, alami saja…

Jangan pernah memaksa menulis testimoni, mencari testimoni dengan tidak alami. Jika produk sahabat benar-benar membantu, testimoni bisa datang dengan sendirinya. Dan jangan pernah untuk membuat testimoni palsu, meski terkesan simple tetapi melakukan hal ini memiliki dampak yang buruk dalam bisnis sahabat kedepanya.

Kesimpulan

Testimoni pada dasarnya mengubah kekhawatiran konsumen menjadi sebuah keyakinan melaui pendapat positif terhadap produk dari orang lain. dengan menggunakan teknik ini dalam berjualan/berbisnis, maka diharapakan akan menaikan angka jumlah closing sahabat.

Jangan ragu untuk berkreatifitas menggarap testimoni yang menarik, gabungkan juga kedua teknik yang kang dewa ajarkan kepada kita barusan.

Oke, trimakasih kepada pembaca yang sudah mau menyelesaikan tulisan cara buat testimoni produk ini sampai ke akhir, semoga Allah senantiasa menambah ilmu bagi pembaca sekalian.

Jika bermanfaat, berbagilah dengan orang lain dengan menekan tombol sahare yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Gabung grup facebook juga yuk! Sahabat akna mendapatkan banyak informasi menarik seputar internet marketing, blogging, serta dunia kepenulisan. Klik DISINI!

Baca juga=> 9 Cara Mudah Buat Kalimat Promosi Kreatif dan Menarik Bisnis Online

 


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑