Writing

Published on November 3rd, 2017 | by Ibnu

5 Langkah Cepat Bikin Headline Tulisan Tingkat Dewa

Dimana sih, letak headline dalam tulisan?

Headline adalah bagian kepala, atas, awalan dari sebuah tulisan, entah itu berbentuk artikel, copywriting, essai, iklan tulisan, dan bentuk lainya. Selain kalimat pembuka paragraf pertama, judul tulisan juga bisa dikategorikan sebagai headline.

Pengertian headline sendiri dapat didefiniskan sebagai teks yang menunjukkan sifat dari keseluruhan artikel dibawahnya. Tujuan dari headline sendiri adalah untuk menarik dengan cepat perhatian pada kontennya. (Wikipedia)

Pernah membaca artikel tanpa headline? Bagaimana pendapat sahabat tentang itu?

Saya menjamin, artikel tanpa headline tak akan pernah menarik perhatian pembaca. Di lirik pun tidak. Why? Sebab headline adalah bagian inti dari sebuah tulisan. Dari headline pembaca diharapkan sudah tahu apa yang ingin dicarinya, dan berharap akan menemukan sesuatu yang di cari.

Misalnnya, ketika sahabat sedang mencari sesuatu di search engine google, maka yang muncul pertama kali adalah kumpulan tulisan ynag terdiri dari headline. Headline yang menariklah yang mampu mengundang klik untuk dibaca. Hal pertama dari tulisan yang mencangkup isi, itulah headline.

Tahukah sahabat?

Hanya delapan dari sepuluh orang yang membaca tulisan kita, dan dua diantaranya membaca secara keseluruhan isi tanpa memedulikan headline yang buruk.

Kemampuan menciptakan headline untuk artikel tingkat dewa adalah wajib bagi sahabat yang bergerak dibidang bisnis internet, periklanan, dan bidang kepenulisan lainya. Konten artikel yang baik, jika tidak di dukung dengan headline yang menarik akan menjadi sia-sia, mubazhir kan

5 langkah cepat bikin Headline tulisan tingkat Dewa ini sangat penting untuk mengembangkan kemampuan penulisan artikel sahabat nantinya.

Selain itu, riset mengatakan bahwa pengunjung situs tidak membaca semua kata. Melainkan hanya membaca teks pada; headline, kata dengan tanda, daftar dengan point, dan link.

Coba ikuti 5 langkah bikin headline artikel tingkat dewa ini;

Langkah #1 Memakai angka dalam headline

Angka dalam headline adalah cara trefektif untuk membuat isi artikel kita lebih interest, lebih menarik. Riset pun menyatakan; headline dengan angka punya kemungkinan 73 % di share dalam media sosial. Wah, luar biasa bukan?

Headline dengan angka

Angka adalah pemicu, pematik, juga pengait paling baik lan sederhana agar tulisan kita di baca keseluruhan. Angka akan mengirimkan sebuah pesan menuju alam bawah sadar pembaca yang mengatakan “Isi artikel penting untuk dibaca.”

Perhatikan contoh berikut;

Bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Dan,

10 cara cerdas berkomunikasi dengan baik.

Bandingkan dua headline judul diatas, mana yang lebih mengguggah? Nyatanya judul dengan angka berpeluang lebih besar, dan mengakibatkan trafic website meningkat.

Kenapa saya menyarankan menggunakan angka, mungkin ini sebagian alasannya,

Terlihat spesifik

Angka mampu membikin pembaca yakin bahwa isi artikel akan relevan atau sesuai dengan judul.

Isi artikel terstruktur.

Angka mampu  menjamin pada isi artikel memiliki struktur yang baik. Ini akan sangat mempermudah mereka untuk memahami alur cerita dari artikel.

Mempercepat pembaca membaca

Membaca artikel berangka, otomatis kecepatan memebaca meningkat. Pembaca dapat membaca headline, dan melihat point-point yang dirasa penting untuk dibaca, waktu mereka pun menjadi efisien. Dan mereka merasa dimudahkan oleh itu.

Angka adalah mistis

Otak manusia itu, akan tertarik terhadap headline yang memakai angka. Otak otomatis menyatakan headline tersebut memiliki informasi yang baik, dan masuk akal.

Langkah #2 Dengan pemikiran rasional

Rasional disini adalah pembenaran dalam melakukan sesuatu, logis. Ini amat penting untuk mengembangkan dasar pemikiran dari kebutuhan.

Dengan headline rasional diharapkan dapat menciptakan sebuah alasan. Kenapa saya harus membaca ini?

Menciptakan alasan di headline adalah hal yang susah-susah gampang. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa. Asal mau mencoba dan berlatih…

Sahabat bisa memakai kombinasi dari kata trigger ini yang akan memberi kesan menarik; Tips, trik, cara, fakta, rahasia, strategi, alasan, dll.

Contoh; 7 tips menjadi pribadi magnetis, rahasia strategi menjadi pembisnis online sukses, dll.

Langkah #3 Headline membawa perhatian

Menarik pembaca adalah tugas utama headline bukan? Oleh karena itu headline dibuat untuk mencuri mata dan menggerakkan hati pembaca.

Ada yang dinamakan rentan perhatian, yaitu waktu dimana manusia bisa fokus memperhatikan sesuatu, dan memprosesnya di otak, lalu menjadikan sebuah keputusan lanjutan. Membaca, atau tidak. Kenalan, atau tidak, dan sebagainya. Rentan perhatian manusia zaman now saat ini berkisar 8,25 sekon. Dan seiring perkembangan dunia, kisaran angka itu akan terus mengalami penurunan. Maka dari itu pentingya sebauah headline yang menonjok, menculek, menyontok pehatian.

Seperti apa itu headline yang menyontok perhatian? Perhatikan rumus 4U ini; Unique, ultra specific, urgency, dan useful.

Unique

Headline unik artinya berbeda. Dengan membikin sebuah perbedaan, di harap mampu menyontok perhatian pembaca. Gunakan kreatifitas sahabat untuk ini, jangan ragu juga untuk minta bantuan google. Coba masukkan headline sahabat, namun disertai tanda kutip, lalu masukkan di search engine google, jika hasil pencarian tidak ada, maka headlinenya bisa dibilang unik.

Specific

Spesifik aartinya menjurus, terpust, terfokus, alias ndak kemana-mana.Untuk membuatnya cukup mudah. Tulis headline yang terbatas, berjangka, dan tidak melebar.

Manfaat dari terfokusnya headline adalah, dapat meningkatkan kompetisi dalam persaingan, memberikan gambaran yang jelas isi artikel, mempertegas isi artikel, dan juga membuat artikel mudah dikenali.

Contoh headline yang spesifik atau terfokus : 7 rahasia belajar menulis novel dalam 1 hari, 5 contoh tulisan keren untuk bisnis Travel, bagaimana cara menulis surat cinta selama 45 menit, dll.

kalimat bercetak tebal juga menjadikan headline lebih terfokus. Dengan mengarahkan headline ke hal yang spesifik, dapat mempermudah untuk memperoleh judul yang unik.

Urgency

Rasa urgensi pada headline membikin kemungkinan artikel untuk dibaca. Manusia dan rasa takut kehilangan adalah hal yang dapat dimanfaatkan terhadap headline.

Sisipkan saja kata bersifat “menegaskan” urgensi seperti, cepat!, buruan!, ayo!, segera!, baca ini!, hitungan mundur, dapatkan!, dll. Headline menggunakan kalimat semacam ini, akan menimbulkan respon cepat, untuk segera membaca isi artikel.

Memberikan  urgensi untuk merebut perhatian pembaca, dapat menggunakan beberapa hal berikut : Membuat janji pada judul, menggambarkan sesuatu, menyatakan fakta, mengajukan pertanyaan.

Salah satu faktor yang menciptakan rasa itu adalah “kelangkaan”. Hal terkesan langka dapat mengakibatkan keputusan  dan tindakan seseorang berubah dengan cepat.

Contoh headline dengan urgensi; 5 kesalahan affiliate marketing yang sering dilakukan pemula, Baca ini, agar anda menjadi pembisnis sukses, dll.

Useful

headline harus memiliki manfaat. Jika sahabat punya headline yang unik, spesifik dan urgensi, maka selanjutnya headline tersebut harus memiliki manfaat.

Manfaat harus dapat membantu, informatif, menguntungkan, spesifik, dan juga praktis. Intinya dapat membantu memecahkan masalah yang sedangg dicari dialami pembaca.

Dengan rumus 4U di atas saya harap, bisa membantu rekan untuk membuat sebuah headline tingkat dewa.

Langkah #4 Headline sederhana namun powerfull

Manusia itu makhluk sederhana, pun mereka suka kesederhanaan. Ia ingin semua terkesan simpel, no ribet, dan no mampet.

Pakailah bahasa yang sederhana yang powerful dalam headline, jangan menciptakan kerumitan yang sulit dipahami pembaca. Sesuaikan bahasa dengan target pembaca rekan, jika anak muda ya jangan ragu untuk memakai bahasa gaul khas anak jaman now, untuk sasaran para pembisnis ya pakai saja bahasa mereka, bahasa bisnis. Jika tak bisa, gunakan saja bahasa sehari-hari yang sopan dalam tulisan.

Baca: Jangan lakukan: 6 Kesalahan Fatal dalam Penulisan Judul Artikel

Langkah #5 pahami rumus Headline

Saya meyakini segala sesuatu yang terjadi di muka bumi memiliki sebuah pola, bisa juga dibilang dengan rumus, begitu juga dengan membikin headline artikel tingkat dewa. Ada rumusnya. Dengan rumus semua terlihat mudah. Membuat headline artikel tingkat dewa pun mudah.

Ahli content marketing memiliki rumusan tersendiri untuk menciptakan headline artikel tingkat dewanya. Intinya mereka mampu membuat sesuatu pesan mampu tersampaikan dengan baik ke pembaca. Magic? No no no…

Baca; Rumus jitu untuk headline memukau

Langkah lanjutan: Menguji keberhasilan penciptaan headline

Langkah akhir adalah pengujian. Ujung dari kerja keras kita berlatih untuk menciptakan headline artikel tingkat dewa adalah pengujian, sama halnya seperti siswa, sebelum naik kelas pasti diuji dengan ujian. Pengujian juga diperlukan untuk mengukur seberapa besar kapasitas diri setelah melakukan hal tertentu.

Apa artikel kita sudah mendapat peningkatan respon  dari pembaca di internet selama kurun waktu 2-3 bulan?

Jika terjadi peningkatan artinya sahabat berhasil menerapkan kemampuan membuat headline tingkat dewa ini, sudah maksimal. Namun jika masih stagnan, alias belum beranjak, belum ada tanda-randa peningkatan, bisa jadi headline sahabat masih perlu banyak berbaikan, dan evaluasi lagi.

Setelah itu, lakukanlah riset kecil-kecilan, kira-kira dari beberapa langkah membuat headline artikel tingkat dewa tadi mana yang lebih powerful, bombastis, dan yang lebih oke. Setelah tahu, lakukan repetisi atau pengulangan-pengulangan dengan cara sama.

Jumlah share juga bisa menjadi tolok ukur bahawa headline anda sudah seperti cara dewa. Semakin banyak yang mengbagikan, berarti headline sahabat disukai.

Mendapatkan link dari luar website yang menuju ke situs kita pun menandakan respon baik dari sesama penulis artikel di website. Istilahnya back link.

Semua itu sangat memengaruhi nasib situs sahabat terhadap SEO. Di urutan depan, atau urutan buncit.

Tapi ingat, jangan melulu hanya mengandalkan headline artikel dewa  ini, percuma headline oke namun konten dalam artikelnya buruk. Nanti pembaca kecewa, dan tak mau datang kembali ke situs kita, kan sayang tuh… Semua saling melengkapi, meski kesempurnaan tak akanan pernah mampu diciptakan oleh manusia.

Bagaimana artikel di atas? Semoga dapat membantu rekan sekalian untuk menuliskan sebuah headline artikel, copywriting, maupun iklan berbasis tulisan tingkat dewa. Pun bisa mendatangkan trafic menuju website sahabat dengan maksimal. Dewa merupakan istilah makhluk tingkat tinggi dalam mitologi jawa, yang memiliki berbagai kekuatan unik yang menggambarkan macam-macam sifat manusia. Cara dewa di anggap unggul dan hebat. Meski sudah melakukan cara dewa ini, kalian tetap tak boleh berharap jadi dewa, ndak bisa, dan konyol… Hehehe

Saran, komentar, dan kritiknya saya tunggu di kolom komentar bawah ini. Dan bagi yang ingin belajar mengenai bisnis warna-warna bisnis online, serta mendapat informasi ter update lainya, bisa join ke grup facebook saya disini!

Jangan lupa share ya…

Baca juga=> 10 Rahasia Kalahkan kompetitor Bisnis

 

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑