Bisnis Online

Published on Desember 11th, 2017 | by Ibnu

Bisnis Tribes: Bagaimana Menjual Sesuatu Lebih Cepat dan Lebih banyak?

Hari ini, banyak sekali bermunculan berbagai model dan konsep bisnis unik terbaru. Setiap konsep yang tercipta itupun, masing-masing memiliki kelebihan dalam kecepatan menghasilkan uang. Ssalah satunya ialah konsep Bisnis Tribes: Bagaimana Menjual sesuat lebih cepat, dan lebih banyak?

Pengantar bisnis tribes

Mungkin kata “tribes” masih asing di pendengaran sahabat. Atau bahakn baru pertama kali dengar dari sini. Sebenarnya itu tidak terlallu jadi masalah. Sahabat tidak perlu khawatir, saya akan mengajak rekan semua untuk berkenalan lebih dekat dengan konsep bisnis tribes ini, dan bagaimana sistim bisnis ini bekerja. Menjual lebih cepat dan lebih Banyak..

Bisnis tribes:

Bisnis tribes ialah sebuah cara berbisnis dengan memanfaatkan wadah yang di dalamnya terdapat sekumpulan manusia, sekumpulan orang-orang yang memiliki sebuah tujuan, minat, pemikiran, hobi yang sama, dengan dipimpin oleh seorang leader dalam kegiatanya.

Ada banya sekali wadah sebagai tempat terbentuknya sebuah tribes. Bisa melalui komunitas, kelompok, gerakan, organisasi, paguyuban, bahkan aplikasi sekali pun.

Bagaimana sudah paham belum?

Sebenarnya, dalam kehidupan sehari-hari, dari lahir sampai sekarang, kita sudah banyak menemui sebuah tribes, bahkan tanpa sadar tergabung di dalam tribes. pembentukan negara adalah salah satu penerapan konsep tribes, dalam kotak besar. tidak hanya itu, segala kegiatan sahabat dimanapun berada tercipta dari konsep tribes. bersekolah, berorganisasi, dan sebagainya.

Tribes akan terbentuk jika ada syarat ini :

Pemimpin

Pemimpin atau leadar ialah orang yang paling berwenang untuk membawa jalanya sebuah tribes. Ia bertanggung jawab memberikan fasilitas kepada para anggota. Biasanya, leader ini yang menciptakan tribes paling awal, berharap orang lain dapat mengikutinya.

Anggota tribes

Anggota tribes siapa lagi aklau bukan orang-orang yang tergabng dalam sebuah tribes (sebuah komunitas). Merekalah orang yang emmbuat tribes tampak hidup, berjalan sesuai dengan tujuanya.

Tujuan (Goal)

Tribes yang baik ialah tribes yang memiliki tujuan atau goal yang jelas. Tanpa tujuan jelas, sebuah tribes akan mudah terombang-ambing diterpa angin. Siapa orang yang mau diajak berjalan, tanpa tahu tujuan berjalanya (?) Yang ada hanya keresahan bukan?

Media komunikasi

Utama dalam tribes ialah adanya media komunikasi. media ini sebagai tempat berjalanya komunikasi itu tersendiri. Yang lagi trend saat ini tribes menggunakan website, aplikasi, dan internet dalam membuat tribes.

Contoh komunikasi tribes ada banyak kok. Ada tribes unik yang bisa kita temukan di banyak media sosial saat ini. “One day one juzz” ialah sebuah komunitas yang mengajak, menggiat masyarakat untuk rajin membaca Quran sehari minimal satu juzz per hari.  Dan masih banyak komunitas unik lainya yang bisa sahabat temukan dimana pun berada.

Lah, dimana letak bisnisnya mas?

Namanya bisnis, ya tentu tidak jauh-jauh dari kata jualan, dagang, adol. Bisnis tribes pun sama, berjualan dalam komunitas.

Tribes bisa menghasilkan uang jika, pertama, sahabat menjadi leader disana. Kedua, sahabat memberikan manfaat disana. Ketiga berjualan disana. Jelas kan?

Sebagai contoh dalam komunitas pecinta serial kartun Naruto. Jika sahabat adalah leadernya, setelah membagikan informasi seputaran naruto, sesekali sahabat bisa menjual pernak-pernik produk berhubungan dengan Naruto. Seperti jaket, ikat kepala ninja, kaos, syuriken, celana, dll. Initinya tidak jauh-jauh dengan tema yang diangkat.

The power of Tribes

Konsep bisnis tribes ini sangat-sangat powerful untuk mennggelembungkan bisnis. Untuk bisa menjual leih cepat, dan lebih banyak. Bagamana tidak? kan jelas dalam tribes itu didalamnya terdapat banyak orang dengan kecintaan yang sama, terhadap sesuatu hal sama.

Mereka memiliki impian yang sama. Otomatis ya, otomatis jika mereka berkumpul bersama, lalu ada produk setema yang kesanya bermanfaat bagi mereka otomatis mereka akan mau membeli. Mereka akna senang jika kita mampu merekomendasikan sebuah produk dengan tema tribes.

“Karena cinta, apapun jadi. Hobi, kemanfaatan, kebahagiaan, kenyamanan, apapun itu…. Hajar! Uang nomor terakhir…”

Yup benar. cinta itu membutakan. Nah, disnilah kita bisa mengambil keuntungan dari kecintaan orang terhadap sesuatu. Namun ingat, harus dibidang yang halal ya, biar berkah…

Yang membikin tribes penting

“Apa hal yang buat tribes penting? Padahal tanpa itu, bisnis saya sudah berjalan.”

Tribes ini, tidak semata merupakan konsep bisnis saja, melainkan sebuah gerakan besar yang ingin berdampak pada lingkungan sekitar. Dengan tribes kita daat mengubah sesuatu yang awalnya buruk, susah, jadi mudah. Kenapa, karena didalamnya terdapat banyak manusia yang memiliki impian sama, denga goal yang sama pula. Ini adalah gerakan masa.

Jika kita bisa menggabungkan sebuah tribes dengan bisnis, yaitu tadi… Hasilnya akan jauh-jauh lebih maksimal, kita dapat menjual lebih cepat, lebih banyak. Alasanya satu,. karena dalam tries itu, target marketnya jelas orang-orang yang haus akan sesuatu hal, minatnya sudah jelas, sangat sesuai dengan tema…

Sahabat ingin punya bisnis yang kokoh, menyenangkan? Serta mampu menjual lebih abnyak dan lebih cepat? Bisnis tribes inilah jawabanya…

Baca:6 Langkah Sederhana Membangun Tribes Untuk Kaya Dari Bisnis Online

Manfaat bisnis tribes :

  1. Ada kemanfaatan lebih berupa nilai tambah yang bisa leader berikan kepada anggota. Disini, bisnis tidak hanya sekadar berbisnis, melainkan mengerjakan sebuah amalan yang membawa kemanfaatan untuk umat. Disana leader (sahabat nantinya) akan berbagi banyak ilmu untuk anggota. Berbagi adalah sedekah, dan sedekah adalah amalan yang dianjurkan agama.
  2. Membangun personal brand jauh lebih efektif. kenapa? Karena sebuah tribes memiliki kesempatan untuk saling mengenal dengan baik. Anggota akan segera tahu siapa sahabat, apa yang sahabat jual. Nah, jika memiliki brand produk sendiri, menggunakan tribes akan mendongkrak branding produk sobat. Lebih mudah lebih cepat.
  3. Membnagun tribes sama saja membangun sebuah aset bisnis. Target market yang sudah jelas berminat adalah aset yang sangat penting dimiliki bagi setiap pembisnis apapun bidang bisnisnya.
  4. Menjual jadi lebih cepat lebih mudah lebih banyakMau jualan lebih mudah? Bangunlah sebuah tribes…Sudah saya ulang beberkali-kali. Orang bisa melakukan apa saja karena cinta, bahkan rela mengeluarkan uangnya hanya demi barang yang diidam-idamkan. Ditambah, mereka disana mempunyai mimpi yang sama.
  5. Wadah tepat untuk berbagi, dan bersilaturahmi. Menjadi seorang leader di sebuah tribes, mengharuskan sahabat untuk terus belajar, dengan belajar banyak hal sahabat bisa berbagi banyak hal pula terhadap anggota tribes sahabat. Dari berbagi, terjalinlah silaturahmi yang kokoh diantara leader dan anggota. Maupun antara satu anggota ke anggota lain.

Wah bagaimana, keren bukan mengerjakan bisnis dengan menggunakan konsep sederhana dari ini? sudah siap memulainya?

Eit.., tunggu dulu. Sebelum memulai, sekalian saya beritahukan beberapa fakta, mengenai kelemahan bisnis tribes ini. baik untuk sahabat ketahui, sebagai bahan pertimbangkan untuk menyusun strategi kedepan nantinya.

Inilah beberapa kelemahan bisnis tribes (dilihat dari dalam):

Membangun itu sulit

“Membangun sesuatu jauh lebih sulit ketimbang meruntuhkan sesuatu. Bahkan seribu kali jauh lebih sulit.”

Begitu juga dengan bisnis tribes. Sahabat akan merasakan lelah, letih, lesu, susah dalam proses pembangunan tribes. saranya ialah lakukanlah dengan sepenuh hati, dan rajin mengingat kembali impian awal yang ingin diraih..

Butuh konsentrasi serta Konsistensi

Bagi sahabat yang belum bisa mengalokasikan waktu, dengan membuat skala proritas, dan belum bisa konsisten, saya sarakan untuk latihan dulu. Karena apa? membangun tribes butuh kefokusan, serta konsistensi yang tinggi. Sahabat harus update materi, siap menerima pertanyaan, saran, serta kritik, dan neko-neko lainya.

Yang tidak suka menunggu, janga membuat tribes

Membangun tribes butuh waktu.jika sahabat bosan menunggu, itu akan membuat frustasi. Prosesnya amat panjang teman-teman. Dan butuh kocek lebih memepercepatnya pembangunan tribes. Konsep tribes hanya cocok untuk mereka, si pecinta kesabaran

Kesimpulan

Bisnis tribes ialah kegiatan berbisnis dengan memanfaatkan wadah yang di dalamnya terdapat sekumpulan manusia, sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan, minat, pemikiran, hobi sama, serta dipimpin oleh seorang leader untuk saling terhubung.

Ada banyak sekali kelebihan bisnis menggunakan konsep ini. Salah satunya sahabat bisa menjual lebih cepat, lebih banyak, dalam sekali promosi. Namun dibalik kelebihannya tersebut, ada tersembunyi kelemahanya. Salah satunya ialah masalah konsistensi dalam komunikasi. Itu saja…

Dan inti dari inti sahabat disini harus menjadi seorang leader dalam tribes, tidak hanya menjadi anggotanya saja. Sahabat harus bisa menciptakan tribes yang kra-kira peluang pengikutnya banyak. Tema terbaik ialah tema yang benar-benar sahabat sukai, ketika melakukanya dengan perasaan.

Baca : 7 Cara Singkat Menjadi Pemimpin Tribes Yang Dicintai Oleh Membernya

Oke… saya harap artikel Bisnis Tribes: Bagaimana Menjual Sesuatu Lebih Cepat dan Lebih banyak? ini dapat membantu sahbat semua yang ingin memulai sebuah bisnis internet. Jangan lupa, jika bermanfaat bagikanlah kepada rekan-rekan lainya. Biar merkea ikutan paham…

Oh iya, yuk, gabung ke grup facebook saya… disana sahabat bisa mendapatkan informasi menarik terupdate mengenai internet marketing, blogging, dan juga writing. Klik disini!

Baca juga=> Closing Terus-terusan Dengan Mengelola Waktu Kerja Secara Tepat (wajib baca)


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑