Blogging

Published on November 8th, 2017 | by Ibnu

Berikut Langkah Praktis Membuat Artikel Viral Untuk Meningkatkan Traffic Blog

JIKA diibaratkan mekanisme susunan materi manusia, artikel merupakan nyawa dari sebuah blog. Jadi bisa bisa kita ambil kesimpulan awal, bahwa artikel merupakan hal terpenting dalam sebuah blog atau website.

Menciptakan artikel yang baik, dan disayang SEO memang mampu mendukung untuk meningkatkan traffic blog kita. Namun, semua tidak semata akan berjalan dengan baik, dan lancar. Karena kita tahu, diluaran sana, begitu banyak sebuah website yang memiliki tema yang mirip dengan kita. Pesaing sudah terlalu banyak jumlahnya.

Maka jika hanya mengandalkan konten yang baik, ramah SEO tanpa di dasari hal unik tertentu dalam setiap postingan, itu tidak cukup untuk sekadar nampank di rank satu google.

Yup benar, hal unik. Saat ini, kita pribadi harus memiliki hal yang unik dalam penyusunan artikel. Cara yang berbeda dengan kebanyakan orang.

Sebagai penulis dan blogger yang siap bersaing, adalah hal wajib memberikan keunikan yang kita miliki kepada masyarakat. Semua tak hanya bertujuan rating blog yang melesat, melainkan memberi arti tersendiri dalam jiwa sebagai upaya menjadi manusia yang bermanfaat.

Di era digital saat ini, begitu banyak orang yang mendadak terkenal, alias viral hanya dengan memberikan hal-hal konyolnya. Lihat saja yotube, betapa banyak para vloger-vloger unik, yang mampu membikin viral namanya sendiri.

Nah, kita yang berjuang melalui media menulis blog jangan mau kalah. Tulisan jauh lah lebih kuat dari kekuatan apa pun dimuka bumi, tulisan bisa lebih tajam dari katana (pedang khas jepang).

Apa itu artikel viral?

Artikel viral ialah artikel yang mampu mengundang banyak sekali orang untuk membaca, dan ikut nimbrung di kolom komentar, artikel yang biasa dibagiakan oleh banyak orang dari kemanfaaatnya, wawasanya, baik juga dengan keunikanya.

Ada beberapa pertanda yang menunjukan sebuah artikel itu menjadi viral (Zettamedia) seperti;

  • Dilihat lebih dari 2000 orang
  • Lebih dari 2000 share
  • Lebih dari 5 komentar
  • Dalam 2 jam

Perlu sahabat semua ketahui, artikel viral berbeda dengan status viral yang ada di media sosial. Facebook contohnya. Meski medianya sama-sama dengan tulisan, namun banyak berbagai perbedaan.

Status viral yang cepat meledak biasanya menyangkut tema sederhana yang dilebih-lebihkan seperti; masalah, hal unik baru, keluhan, akibat, dan lainya. Sedangkan untuk menulis artikel viral lebih dari sekadar itu. Jika menilik ke proses di belakang, ada berjubel proses panjang. Hanya untuk menciptakan satu artikel bagus saja, harus riset ini riset itulah, menyusun peta konseplah, editinglah, dan banyak lagi. Itu pun belum pasti pembaca mau membaca.

Jadi artikel jauh lebih berat timbang status semacam itu tadi, namun itulah yang membuatnya dicintai banyak masyarakat era digital saat ini.

Membuat artikel viral mudah kok, bagi yang berpengalaman tapi…

Namun, bagi orang yang baru nyemplung jadi penulis artikel kemarin sore, pun belum berpengalaman tentu itu merupakan pekerjaan rumah yang  sangat sulit.

Pertama, cara paling sederhana jika sahabat ingin membikin artikel viral ialah mempelajari psikologis dan pola-pola yang terbentuk manusia-manasia zaman sekarang, terutama perilaku mereka di media sosial, dan cara mereka menggunakan internet.

Jika sahabat mampu melirik hal ini, djamin deh, menulis artikel viral menjadi sangat mudah.

Ada tools yang sangat membantu kita untuk sekadar mengetahui apa hal yang sedang viral seperti buzzumo (berbayar), google trends (gratisan).

Mengetahui hasil riset mengenai tema apa yang lagi viral memanag mudah, permasalahanya adalah bagaimana membuatnya tampak berkualitas dari segala sisi yang membangun sebuah artikel viral seperti; judul cantik, isi berkualitas, grafis berkualitas.

Ada hlo, judul tulisan yang mampu menggebrak hati, mennyulek mata, pokoknya joss banget. Tapi apa? kotenya isinya sampah. Jauh dengan apa yang dituliskan dalam judul. Ini buruk. Pembaca kecewa dengan hal seperti ini.

Pernah melihat status viral di facebook yang memakai kata-kata seperti ini?

Ternyata! Terungkap. Ketahuan, inilah, begini, begitu?

Plus di akhir atikel ada pesan untuk pembaca yang mengancam seperti?

Sebarkan kalau tidak mau nanti malam kedatangan si kunti, sebarkan agar selamat, like katakan aamiiin, like katakakan Subhanallah, dl?.

Judul dan pesan untuk pembaca yang amat khas di perjagatan status viral yang biasanya dimanfaatkan oknum tertentu untuk kepentingannya sendiri.

Model macam itu tidak sepenuhnya dilarang dalam penulisan artikel, toh itu juga merupakan sebuah kreatifitas yang tercipta. Namun, apakah terus-terusan memaki pola seperti itu? pola antara judul dan isi nggak nyambung blass!

Sekaranag manfaat keunikan untuk menunjukkan kualitas dari artikel yang mampu membuat viral berkepanjangan. Riset dari buzzumo 2015 memperlihatkan elemen apa saja yang membuat artikel dapat viral seperti ini;

Data tersebut juga sudah melingkupi Indonesia. Itulah kenapa saya jelaskan diawal tadi betapa pentingnya mempelajari manusia zaman now, dengan data seperti ini, kurang apalagi? Bukankah sudah cukup untuk menciptakan artikel yang tak hanya viral, melainkan juga unik, bermanfaat, menarik, penuh inspirasi.

Hal paling pertama yang membuat sebuah artikel viral adalah judul, berikut ada sedikit contoh judul artikel yang sudah terbukti viral, dikutip dari laman website trivia.com

  • Berikut bahaya menonton drama korea bila terlalu banyak
  • Ini alasan perempuan pintar dan mandiri cenderung sulit menemukan pasangan
  • 7 hal yang hanya dipahami oleh pecinta kucing
  • Kamu termasuk perempuan kuat jika memilih cara seperti ini dalam menghadapi masalah
  • Hal yang bisa dipelajari dari Spongebob
  • Dll.

Judul tersebut terasa mampu mengaduk, membolak-balik perasaan pembaca, dan memang mengundang rasa penasaran untuk mengetahui wawasan yang menarik di dalamnya.

Judul-judul itu hampir memiliki pola yang sama, ada subjek, predikat, dan sebuah misteri yang merujuk ke jawaban jika membaca. Terutama subjek atau orang yang ditulis memiliki hubungan prasaan, atau memiliki trend tersendiri, seperti spongebob yang terkenal konyol itu, prempuan yang kuat contohnya.

Baca: 6 kesalahan fatal penulisan judul

Contoh judul tersebut rata-rata juga relatif panjang, sekitar 25 karakter keatas. Namun itu tak menjadi masalah, asalkan hubungan antar kalimat menjadi efektif, efisien dan terfokus.

Penggunaan angka juga masih sangat powerful untuk mengundang clik. Terutama angka ganjil yang dianggap memiliki mistis tersendiri.

Baca: Cara buat headline tingkat dewa

Dan lagi, hal satu ini wajib ada dalam disain blog yang sahabat buat. Apa itu? Benar. Tombol sharing media sosial.

Hari gini, siapa orang yang tak memiliki media sosial? Semua orang punya, bahkan anak kecil saja sudah pada genjar menawarkan dirinya dengan status galau itu. *ehh

Tujuan orang mendaftar sebuah media sosial, facebook contohnya tak lain hanya untuk berbagi kepada orang lain yang menjadi temanya. Dengan memanfaatkan hakikat manusia yang cinta berbagi ini, diharapkan makin emmbuat artkel kita menjadi viral, tak hanya di mesin pencari, melainkan juga di media sosial. Asyik kan? asyik…

Mereka yang tidak sembarangan membagikan artikel begitu saja di berandanya agar dilihat teman-temanya. Artikel wajib keren, berwawasan, bermanfaat, dan menghibur. Itulah alasan merka agar mau membagikannya (ngeshare).

Kesimpulan

Dengan memahami karakter masyarakat terhadap sesuatu yang terjadi di dunia, ditambah dengan dukungan riset dari media-media tertentu diharapkan kita dapat dengan mudah membuat sebuah artikel yang menjadi viral, dibaca banyak orang.

Dari sini, dengan pengalaman pribadi melalui pengamatan langsung, bisa kita ketahui sebuah pola singkat yang mendukung pembuatan artikel viral. Berikut langkah praktisnya;

  1. Pilih tema tertentu
  2. Riset kata kunci
  3. memikirkan judul memikat untuk pembaca.
  4. Menempatkan kata kunci di awal artikel
  5. Sisipkan target objek (untuk siapa) dalam Judul (pria hebat, wanita sukses, dsb)
  6. Buat peta konsep, dan alur artikel semenarik mungkin, dan mulai menulis
  7. Gunakan grafis visual yang menarik
  8. Listicle Article Paling Banyak Disukai Pembaca
  9. Penjelasan dengan point berupa angka ganjil
  10. Buat Sub judul yang menonjol (besar), dikuti penjelasan yang menarik dengan bahasa sederhana.
  11. Ajakan untuk berbagi (tombol share)
  12. Proofread?
  13. Terakhir, posting!

Pada akhirnya semua materi diatas akan menjadi sampah dan sia-sia jika sahabat tidak mencoba mempraktekanya.

Silakan mencoba terus menerus sembari di imbangi dengan latihan konstan. Perhatikan juga bagaimana artikel di luaran sana bisa viral, dan jangan ragu untuk bertanya, meminta tips dari mereka.

“Kalau kamu takut salah, berarti kamu takut untuk benar”(Ibnu Prihatmoko)

Terpenting lagi ialah, kenali siapa diri kita untuk apa kita menulis. Lalu kenali juga siapa pembaca kita, apa alasan kenapa mereka harus membaca tulisan kita. Ketahui juga, karena setiap pembaca hakikatnya memiliki sifat unik yang berbeda-beda. Dan sebagai penulis yang hebat, kita harus bisa merangkum berbagai cara agar sesuai keinginan banyak orang.

Baik. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sahabat semua untuk mulai membuat sebuah atikel atau konten yang siap menjadi viral untuk blog dan website masing-masing.

Bagi sahabat yang ingin mendapat informasi terbaru mengenai dunia internet marketing, dan juga blogging silakan join ke grup facebook saya disni!

Baca juga=>Ritual membuat review produk yang menjual

 

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑