Blogging

Published on November 29th, 2017 | by Ibnu

2 Langkah 1 Menit Agar Artikel Cepat terindeks Mesin Pencari Google

Pencarian organik google

Pencarian melalui mesin pencari google (pencarian organik) masih menjadi senjata utama bagi seorang blooger atau pemilik website untuk menaikkan trafik dalam situsnya. Jika website ramai pengunjung, maka website pun terlihat hidup, dan sehat. Iklan-iklan didalamnya pun dapat menghasilkan uang yang optimal.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa artikel adalah hal yang wajib dalam sebuah website. sebab artikel itulah yang nantinya akan membawa pengunjung masuk ke website kita. Maka dari itu, penting untuk kita ketahui bagaimana cara pengoptimalan artikel agar mudah ditemukan oleh mesin pencari google. Dengan artikel 2 Langkah 1 Menit Agar Artikel Cepat terindeks Mesin Pencari Google tentunya sahabat akan menemukan jawabanya.

Seperti apa pengindekskan artikel itu?

Google itu memiliki sistim penjaringan artikel. Artikel yang akan terbit, dan sudah terbit semua akan melewati proses penjaringan ini. setiap artikel akan di scan secara otomatis.

Dengan robotnya yang canggih, artikel baru diseluruh dunia melewati penyekenan. Setelah proses penyekenan rampung, secara  otomatis artikel tersebut terdaftar di mesin pencari atau terindeks google.

Jadi apabila orang mengetik sebuah kata kunci di mesin pencari dengan tema yang sma dengan artikel kita, maka artikel kita memiliki kemungkinan terbaca oleh mereka.

Masalahnya, di dunia ini tidak hanya ada website kita, dan teman-teman kita. Di dunia ada lebih 100 juta website aktiv yang jika ditotal setiap harinya pun ada lebih 1 juta artikel yang terbit. Bagi website bawang seperti kita tentu akan kesulitan bersaing dengan dengan banyak artikel lain, walau sebenanrya secara otomatis bisa dapat di indeks google, namun waktunya tidak jelas kapan.

Namun tenang, sesama blogger bawang, kita harus saling membantu. Betul?

Saya punya cara, supaya artikel baru kita yang telah siap terbit, bis segera terindeks oleh mesin pencari google. Tentu ini sangat bermanfaat bagi website bawang yang baru lahir seperti kita. Seperti apa tutorialnya? Mari Ikuti langkah-langkahnya dalam, 2 Langkah 1 Menit Agar Artikel Cepat terindeks Mesin Pencari Google” ini…

Cerita sang blogger malam yang pensiun…

Dulu, awal ketika memulai blogging, saya  sangat rajin memproduksi artikel. Dalam sehari saja rata-rata adalah dua artikel yang terbit. Setelah terbit, saya iseng-isengan ingin mencoba mencaari artikel lewat kotak pencarian google sesuai dengan kata kunci dan judul artikel yang saya terbitkan barusan. Saya tergelak, “Lah, Kemana perginya artikelku?”

Artikel saya menghilang. Tidak ada disana. bahkan dicari-cari dihalaman berikutnya juga tidak ada. ibarat kotoran dan sampah dedaunan yang ikut menghilang dialiran sungai.

Bagaimana bisa? Jika saya mencarinya sendiri saja tidak ketemu, bagaimana dengan orang lain nantinya? Padahal pencarian organik melalui mesin pencari amsih menjadi senjata utama kedatangan visitor.

Lima hari berlalu. Cara serupa saya lakukan dengan artikel yang sama. Hasilnya belum berubah, artikel saya tenggelam hnayut entah sampai kemana.

Benar apa yang dikatakan pepatah terdahulu bahwa,malu bertanya, nyasar dijalan” Tanpa pikir panjang saya segera mengkontak guru saya,  yang juga seorang blogger. Ternyata masalahnya artikel saya yang lima hari lalu diterbitkan, belum terindeks oleh google.

Selama artikel kita belum terindeks, alias belum terdaftar di mesin pencari, maka selama itu juga artikel kita tidak akan bisa diketemukan disana. Jadi sahabat sendiri dan orang lain mustahil untuk menemukanya.

“Tampaknya mbah google sudah terlalu tua. Ia lelah dan tidak sengaja melupakan, serta menenggelamkan artikel kita. Sampai lima hari lebih lebih loh…”

Hanya orang aneh yang mengatai mbah google sudah tua, dan menyalahkanya. Artikel lama terindeks ya karena kita saja yang kurang pandai mengakalinya.

Ada yang bilang agar artikel lebih cepat terindex oleh google, mempostingnya harus di jam-jam senggang. Tengah malam. Waktu dimana orang sedang asyik bermimpi dalam tidurnya. Tepatnya antara pukul 00.00 – 06.00 WIB.

Saya pikir itu sah-sah saja, sangat masuk akal. Cara ngeblog saya pun mendadak berubah beberapa derajat, terutama saat menerbitkan artikel. Dari biasanya siang hari, kini jadi dini hari. Diri saya pun ikut berevolusi menjadi kalong (hewan malam mirip batman), sampai dikenal sebagai “Blogger malam” kereeeenn dek!… 😀

Saya sudah bisa senyum-senyum sendiri ketika taklama setelah itu, artikel saya sudah bisa ditemukan dalam mesin pencari google. Perlu sekitar 30 sampai 60 menitan artikel kita terindeks lewat cara upload malam-malam begini.

Bagi blogger bawang, melihat artikel ada di google itu senangnya bukan main loh. Ada kebanggaan tersendiri, gimana gitu tulisannya bisa nampang di google. Padalah ya biasa-biasa saja…

Karena hakikatnya saya bukan kalong, melainkan manusia normal yang butuh tidur ketika malam. Nama blogger malam yang keren tersebut perlahan saya tinggalakn. Jujur saja, sulit bagi saya pribadi untuk lembur atau bekerja diwaktu yang seharusnya untuk tidur. Malam yang seharusnya untuk bermimpi, ini malah untuk kerja…

Rasa malas memang merupakan sifat yang kurang baik. Namun, rasa malas juga bisa mengundang diri kita untuk mencari cara yang leih efisien. Dan karena rasa malas yang saya pelihara ini, saya dapat menemukan cara tepat untuk emngatasi amsalah para blogger bawang yang ingin artikelnya bisa ditemukan dalam google.

Bagaimana langkah agar artikel cepat terindeks google?

Hanya dengan 2 Langkah 1 Menit Agar Artikel Cepat terindeks Mesin Pencari Google, perhatikan langkah-langkahnya, dan peraktekkan…

Pertama sahabat harus sudah menyiapkan artikel yang ingin diterbitkan. Setelah itu langsung saja diterbitkan dalam dashbord masing-masing.

Setelah diterbitkan, silakan lihat artikel tersebut dalam format page/lihat post. Baca kembali, teliti kembali artikel tersebut. Jika ada hal yang sekiranya perlu diedit, editlah kembali. Jika sudah oke, tidak perlu diubah.

Untuk mengecek apakah artikel kita sudah terdaftar di mesin pencari google cukup mudah. Silakan alamat url artikel sahabat disalin. Kemudian dipaste ke kotak pencari google. Dan klik tombol search.

Jika artikel yang baru saja kita terbitkan belum ada di daftar pencarian google, itu berarti artikel kita berlum terindeks google. Ada dua langkah cepat tidak sampai satu menit, agar artikel baru cepat terindeks di mesin pencari google.

Langkah #1 buka  pingler.com

Pingler.com tersendiri berfungsi untuk membantu kita mendaftarkan artikel dengan cara meng-pingnya ke mesin pencari. Sederhananya wesite ini membantu memberitahukan bahwa kita baru saja menerbitkan artikel kepada pihak google. Cara Ini gratis, pingler juga menyediakan layanan berbayarnya, yang jelas lebih powerful.

Caranya cukup sederhana. Shabat hanya perlu memasukkan keyword atau kata kunci artikel yang tadinya diterbitkan, lalu memasukkanlah alamat url atikel. Jangan lupa untuk mencentang jenis kategori artikel pada kolom bawahnya. Lihat gambar!

 

Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar. Selanjutnya ketikan captha sesuai gambar atasnya. Lalu tekan tombol ping!

Tunggu beberapa saat, pingler.com sedang menjalankan pproses pengepingan terhadap emsin pencari google.

pingler segera memproses artikel kita. Jika sudah selesai maka tampilanya seperti gambar diatas. Langkah satu sudah selesai. Lanjut ke langkah berikutnya…

Langkah #2 buka google console url submit

Caranya tidak jauh berbeda dengan langkah awal. Disini sahabat hanya perlu me paste alamat url artikel sahaba yang baru saja diterbitkan.

Jangan lupa juga, klik kotak kecil dibawahnya menadakan sahabat bukan seorang robot. Dan klik selesai.

Oke. Prosesnya sudah selesai. Saatnya untuk memastikan ulang apakah artikel kita sudah terindeks di mesin pencari google. Caranya sama seperti yang awal tadi, dengan mempaste alamat url artikel di kotak pencarian google dan klik tombol search.

Bisa sahabat lihat sendiri. proses ini saya lakukan tidak lebih dari dua menit saja. Judul artikel baru saya sudah ada di daftar pencarian google. Artinya artikel saya sudah jelas keberadaanya.

Kita test lagi, dengan menuliskan kata kunci artikel pada kotak pencarian google.

Kesimpulan

Melakukan mengindekskan manual memang merupakan hal kecil dalam strategy traffic website, dan kebanyakan jarang dilakukan oleh blogger dimana pun berada. Namun bagi saya, “Jika hal kecil saja terlewat, bagaimana dengan hal besar nantinya?”

Jadi kedua langkah kecil diatas tetap harus dihargai (jangan dilupakan), demi langkah besar kita selanjutnya di masa depan. Semangat sahabatku!

Baiklah, semoga pembahasan kita mengenai 2 Langkah 1 Menit Agar Artikel Cepat ter-Index Mesin Pencari Google ini dapat bermanfaat dalam rangka meningkatkan visitor website melalui pencarian organik menggunakan mesin pencari.

Kritik, saran, dan komentar bisa sahabt layang kan dikotak komentar bawah ini. oh iya, mari join ke grup facebook saya, untuk mendapat informasi menarik seputar blogging, internet marketing, dan writing. Mumpung gratis loh… klik disini!

Jangan lupa untuk klik tombol share yaa…

Baca juga=>  11 Elemen Wajib Ada Dalam Mendesain Blog yang Mampu Meledakkan Traffic

Tags: , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑