Affiliate Marketing

Published on Juni 19th, 2017 | by Ibnu

Senjata Utama untuk Sukses Bisnis Affiliate

Sebelum menghadapi medan pertempuran, para prajurit sudah harus menyiapkan hati dan tekad yang kuat untuk meraih keberhasilan. Namun, apakah keduanya itu sudah cukup untuk memperoleh kemenangan? Tentu tidak. Pertempuran  membutuhkan sebuah alat, alat yang berupa senjata untuk mengalahkan dan menjatuhkan lawan. Semakin berkualitas senjata yang dimiliki, semakin besar pula peluang untuk menang dalam pertempuran.

Sama halnya dengan bisnis affiliate. Niat, mental, dan strategi saja belum cukup untuk mencapai hasil yang di inginkan. Ditambah semakin banyaknya pesaing bermunculan, yang mau tidak mau harus anda hadapi nantinya. Tentu itu akan menyulitkan saja bukan? Namun anda tak perlu khawatir, anda bisa mempersiapkan alat perang terbaik sebagai penopang kekuatan tempur affiliate anda.

“Menang itu butuh persiapan, persiapan yang terbaik, dari yang terbaik…”

Berikut adalah senjata perang yang perlu anda persiapkan ketika anda ingin terjun di bisnis affiliasi;

Senjata#1 Miliki sebuah situs Web

Alat perang pertama yang harus anda persiapkan ialah sebuah situs web. Entah itu berupa website pada umumnya, blog, maupun gabungan antara keduanya. Sebuah website merupakan dasar terpenting dalam affiliate marketing. Sebuah website menjadi sebuah wadah atau media utama bisnis berbasis internet. Termasuk bisnis affiliate.

Sekarang, bangunlah sebuah website yang mengesankan. Mengesankan itu seperti apa? sebuah website dikatakan berkesan apabila dapat menarik hati para pengunjung, dan dapat memberikan banyak nilai kepada siapapun. Website yang akan menginspirasi masyarakat dunia.

Penampilan website juga harus preffesional, kredibel, dan ramah dipandang mata. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung situs anda nantinya. Sehingga mereka betah berlama-lama ada disanana.

Dalam mengelola website bisnis untuk affiliate, ‘content is number one, in the website’. Tidak bisa dibantah. Konten yang unik akan membuat suatu website menjadi populer dan memperoleh rating yang baik dari internet.

Senjata#2 Bonus(insentif bagi pengunjung)

Persaingan di affiliate saat ini sangat ketat, para affiliate marketer lain telah melakukan strategi terbaik yang dimilikinya untuk sukses affiliate. Jika anda tak ingin kehilangan peluang dari mereka, maka belajarlah. Perhatikan, amati pesaing anda. Jika perlu tiru strateginya.

“Berilah, maka anda akan diberi..” begitu kata pepatah terdahulu. Memberikan sebuah bonus berupa insentif pada pengunjung adalah strategi yang telah terbukti berhasil untuk sekses affiliate.

“berbagi-bagi dahulu, terima transferan kemudian…”

Ada banyak yang bisa diberikan kepada pengunjung website anda, yang terpenting itu merupakan sesuatu hal yang membawa manfaat untuk mereka. Anda bisa meberi software, ebook, video training, atau apapun itu. Semua orang suka dengan label “GRATIS!”. Dari sana anda bisa arahkan mereka untuk berlangganan newsletter dari anda.

“Memberi adalah cara terbaik untuk mendapatkan sesuatu yang lebih…”

Senjata#3 Link Populer

kunci utama untuk sukses membangun sebuah website ialah dapat mengarahkan lebih banyaklalu-lintas pengunjung dalam situs. Mau tidak mau, situs anda harus memiliki rating yang baik, entah itu dari traffic seo maupun traffic lainya.

Link Populer merupakan salah satu faktor penting yang digunakan untuk menentukan peringkat di mesin pencari. Untuk mendapatkan rangking yang tinggi, anda harus berusaha meningkatkan popularitas link anda. Link populer cukup berarti seberapa hitsnya link website anda. Misalnya tinyurl.com, facebook.com, youtube.com, dll. Link situs tersebut sudah sangat populer bukan?.

Usahakan pilihlah nama domain website yang singkat, menarik sekaligus mudah diingat, dan masih berhubungan dengan isi website anda. Hal demikian akan membantu meningkatkan popularitas situs anda secara otomatis.

Nama domain website akan mewakili keseluruhan isi website oke! Sebagai contoh jika anda ingin membuat website khusus affiliate marketing, maka minimal nama domainya tak begitu jauh dari affiliate, contohnya seperti; affiliatejoss.com, affilietku.com, affkeren.com, dan banyak lagi.

Senjata#4 Email newsletter

Alat ini berfungsi untuk mengikat pengunjung yang pernah datang ke website anda. Mereka yang telah menuliskan email aktif di kolom khusus yang anda sediakan akan menjadi penerima email dari anda(berlangganan email newsletter). Anda bisa mengirimkan apapun termasuk iklan affiliate anda kepada mereka.

Kenapa alat ini penting?

Anda tahu hampir seluruh orang yang telah melek internet pasti menggunakan email. email pun diwajibkan ada ketika hendak mendaftarkan sesuatu di internet. Nah, maka dari itulah sebuah sistim diciptakan agar anda dapat mengirim pesan melalui email secara bersamaan dan tertarget.

Sampai hari ini email newsletter masih menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan target market yang pernah berkunjung untuk meningkatkan traffic, maupun sebagai media promosi affiliate.

Banyak perusahaan yang memberikan fasilitas seperti ini. salah satunya yang terkenal adalah getresponse(Internasional), kirim email(Indonesia)

Senjata#5 Sosial media

Penggunaan media sosial saat ini meningkat pesat di Indonesia, yup… saking populernya media sosial ini, menjadikan kehidupan didalamnya telah menciptakan dunia baru, yaitu Dumay alias dunia maya. Pakailah media sosial dengan baik dan bijak untuk membantu perkembangan bisnis affiliate anda, jadikanlah ini juga sebagai sarana mempromosikan link atau website anda kepada pengguna media sosial yang lainya.

Salah satu media sosial populer di Indonesia adalah Facebook. Siapa yang tak kenal dengan media sosial yang satu ini? Website aplikasi sosial buatan mark zuckerberg  ini telah menjadi media sosial dengan pengguna aktif terbanyak di dunia. Facebook perlu anda pelajari lebih dalam, tak hanya fasilitas sosialnya saja yang bisa anda manfaatkan, namun fasilitas lainya juga perlu anda kuasai. Mark telah memberikan fasilitas terbaik untuk bisnis di facebook, sebagai sarana untuk meninggkatkan bisnis affiliate anda.

Dengan perlengkapan alat perang affiliate tersebut, semoga anda lebih siap untuk bersaing menghadapi lawan-lawan dengan bisnis sejenis nantinya. Ini merupakan alat dasar jika anda benar-benar yakin ingin memulai bisnis affiliate. Dibalik itu, masih ada banyak cara dan metode yang akan membantu anda nantinya. Ingat, jangan pernah berhenti belajar, mengamati, dan praktek tentunya.

“Kenali diri, dan kenali siapa lawan anda, maka kemenangan pasti datang menghampiri…”

Komentar terbaik bisa anda tulis dikolom bawah ini. Jangan ketinggalan untuk join grup facebook untuk mendapatkan informasi menarik dan terupdate lainya mengenai bisnis online. Klik disini!

Tags: , , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑