5 model bisnis online populer untuk pemula

Bisnis Online

Published on Mei 1st, 2017 | by Ibnu

5 model bisnis online populer untuk pemula

Kelebihan bisnis online memang sudah tak diragukan lagi, jika di bandingkan dengan bisnis konvensional. Kini banyak orang bisa merasakan keuntungan menjalankan usahanya secara online. Dari offline menuju online.

Sebenarnya, ada beberapa model atau jenis bisnis online yang ada saat ini. Para internet marketer yang sudah berhasil di dunia bisnis online, sampai menghasilkan jutaan rupiah bahkan ratusan dolar, mereka melakukan model bisnis seperti ini.

Kira-kira, sahabat lebih mudah menjalankan model bisnis yang mana? Adakah keinginan untuk menguasai semua model, seperti para master internet marketer besar?

Saat ini, ada beberapa model bisnis internet seperti; affiliate marketing, content publisher, service owner, CPA Marketing, dan Site Flipping.

Sebuah model bisnis akan benar-benar menghasilkan pendapatan yang tak sedikit, jika anda tahu bagaimana cara mengerjakanya. Sebagai pemula, saya sarankan rekan fokus satu model bisnis dahulu, sebelum menguasai lainya. Pilihlah model bisnis yang menurut anda cocok, dan anda merasa nyaman didalamnya.

Mari kita uraikan satu-persatu, mengenai model bisnis internet yang akan rekan kuasai nantinya :

Affiliate Marketing

Ini adalah model bisnis favorit yang banyak dilakukan para internet marketer pemula sampai mahir. Pelakunya di sebut dengan ‘affiliate marketer’. Tugas kita sangat sederhana, hanya sebagai makelar, atau orang yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli.

Ada dua macam produk yang bisa anda bantu jualkan di affiliate ini, yaitu produk fisik(tangible goods), dan produk digital(intangible goods). Kita tahu produk fisik contohnya, kamera, Tv, handphone, komputer, dan sebagainya. Sedangkan produk digital seperti ebook, software, tools, video/audio training, dan dll.

Untik pasar international, rekan melihat atau bisa mencoba program affiliasi di website https://www.amazon.com/(produk retail), dan http://clikbank.com/(produk digital). jika ingin menjajal pasar lokal, rekan bisa mencoba di program affiliasi https://www.ratakan.com/, dan https://idaff.com/

Lalu seberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menjadi seorang affiliate marketer?

Keuntungan model bisnis ini sangat besar, biasanya kita akan mendapat komisi 40% sampai 75% per sales atau per transaksi, itu jika produk digital. Bandingkan dengan produk fisik, komisi yang didapatkan biasanya tak lebih dari 10% per sales. Itu karena harga informasi produk lebih rendah tinimbang harga produk yang dijual. Disini rekan hanya akan menjual info produk dari pemiliknya.

Alurnya sangat mudah, kita hanya bertugas membawa orang(traffic) ke dalam website pemilik produk, dengan kode khusus atau link unik yang diberikan pada kita. Kode itu sebagai penanda, bahwa orang yang membeli produknya berasal dari refeensi yang kita berikan. Hebat kan?

Content Publishing

Sama seperti namanya, kita disini berperan sebagai pembuat content dalam berbagai macam bentuk. Entah video/audio training, maupun artikel dengan cara membuat blog/website, atau media lainya yang dapat menampung sebuah content.

Nah, lalu bagaimana cara seorang content publisher bisa mendapatkan uang dari intenet? Apa hanya dengan membuat content, lalu uang langsung berdatangan ke rekening? Tentu tidak.

Sahabat akan memperoleh uang dari iklan yang tertempel di blog/website pribadi sahabat, contoh seperti iklan Google Adsanse, PPC yang ketika ada pengunjung meng-klik iklan tersebut, anda baru mendapatkan komisi dari Adsense.

Tak hanya itu, anda juga bisa menjual space banner dengan menawarkan kepada advertiser yang tertarik untuk memasang iklan di website anda.

Servis Owner

Sebagai service owner(pemilik produk/jasa), kita akan memanfaatkan internet sebagai media penjualan produk. Di Indonesia, model bisnis ini sedang berkembang pesat, terbukti banyak pemilik produk yang mulai menjual produknya di internet.

Masih sama dengan affiliate marketing, barang yang dijual berupa produk fisik dan digital. Para pemilik produk dapat menjualnya di media internet, seperti toko online, blog/website, facebook page, dll. Khusus produk digital disini ada sistim membership atau keanggotaan yang kadang juga bisa di-affiliate-kan.

Yup… karena sahabat akan bergerak di dalam dunia informasi, sebab itu, bukan hal tabu lagi untuk menjual suatu produk dan informasi di media online.

CPA Marketing

Cost per action(CPA) marketing adalah model bisnis yang amat menarik. Hampir sama seperti affiliate marketing dimana kita sebagai makelar. Yang membuatnya berbeda, hanya obyek yang di jual-belikan. Jika di affiliate anda menjual produk fisik dan digital, disini kita menjual leads.

leads terebut biasa berupa; nama dan email, nomor handphone, Zip code, juga data lengkap seseorang.

Kita akan dibayar tergantung tipe liads yang  di marketkan. Bisa mendapat $1,5 per leads. Ada juga yang sampai $50-$400 per leads. Contoh market bidang health dan lawyer. Menarik pastinya.

Disini, penetrasi marketnya lebih gampang, sebab leads anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Leads anda hanya perlu mengisi data yang valid, lalu kita akan dibayar.

Site Flipping

Yang terakhir site flipping. Inti dari model bisnis ini adalah proses jual-beli website. sederhananya sama seperti dunia property yang menjual bangunan/rumah.

Ketika website anda telah dapat menghasilkan uang dari teraffic yang baik, kita bisa menjualkanya ke orang lain, tentu dengan harga yang tak murah.

Biasanya untuk sebuah website standar, dengan content yang baik, juga sudah jelas menghasilkan uang dengan traffic yang tinggi di search engine, maka bisa menghasilkan 5-10 kali lipat pendapatan bulanan dari website anda tadi. Tentu saja dengan umur website sekitar setengah tahun. https://flippa.com/ adalah salah satu website yang menampung tentang jual-beli website.

Bagaimana? Model bisnis apa yang akan anda bidik? Silahkan pilih sendiri.

Semua model bisnis diatas baik, dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, bahkan ratusan dolar. Tergantung seberapa besar kegigihan, dan fokus anda dalam menjalankannya.

Nah begitulah gambaran besar tentang jenis model bisnis internet. Tentu berbagai model bisnis diatas punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pelajari kelemahan dan kelebihan mberbagai macam model bisnis, jika sahabat ingin lebih jelas dan mudah dalam menentukan pilihan model bisnis.

jangan lupa di sahare…

Baca juga=>Kenalan dengan si Affiliate

Tags: , ,


About the Author

adalah seorang penulis yang juga memiliki minat di internet marketing. Semua berawal dari sejarah, dan dari sana juga ia tercipta.



Back to Top ↑